Link Unduh Lengkap Perangkat Pembelajaran (Modul Ajar, Prota, Promes, ATP) Informatika SMA/MA Kurikulum Merdeka Tahun 2025/2026 , Yuk Cek Disini
Hai sahabat AhzaaNet, selamat datang kembali di blog pembelajaran kami.
Perangkat pembelajaran bagi guru merupakan komponen yang sangat diperlukan
khususnya dalam perlengkapan administrasi dan rencana mengajar.
![]() |
Informatika SMA/MA |
Perangkat pembelajaran terdiri dari beberapa komponen seperti program tahunan
(prota), program semester (promes), rincian minggu efektif, alur tujuan
pembelajaran (ATP) dan modul ajar. Selain itu, kelengkapan lainnya juga
diperlukan guna mengefektifkan pembelajaran di kelas.
Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini, saya akan membagikan
perangkat pembelajaran buat teman- teman guru sebagai bahan kelengkapan ajar
di kelas, khususnya untuk mapel Informatika.
Mapel Informatika merupakan salah satu mapel yang dipelajari di jenjang SMA/
MA di kelas 10, 11 maupun kelas 12. Melalui mapel ini, kita akan belajar
tentang pemahaman dasar tentang komputer, jaringan, algoritma, sistem mobile,
analisis data, internet of things (IoT), cloud computing, Artificial
Intelligence, Big Data, maupun cara berpikir komputasional.
Baik, teman- teman, sebagai gambaran salah satu komponen dalam perangkat ajar
Informatika SMA/ MA, saya akan menampilkan ATP Informatika kelas 10 SMA/ MA
Semester 1, berikut aspek- aspeknya,
Capaian Pembelajaran
1. Berpikir komputasional
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami validitas sumber data.
Peserta didik mampu memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang
lebih banyak, mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan
bukan, menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai
informasi digital. Peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik
standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit
bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya
dalam program komputer.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara
bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan
diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta
mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka,
dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan
konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan
interpretasi konten tersebut.
3. Sistem komputer
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan
mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras,
perangkat lunak, dan pengguna.
4. Jaringan Komputer dan Internet
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan
lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan
kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi
data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun
internet yang tersedia.
5. Analisis data
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan
data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data,
memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data
(pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, interpretasi, dan
publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan
strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan
kompleksitasnya.
6. Algoritma dan Pemrograman
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep
pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan
mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau
notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.
7. Dampak Sosial Informatika
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan
komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi,
aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK,
memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran
Informatika pada bidang lain.
8. Praktik Lintas Bidang
Pada akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif
untuk mengerjakan projek bertema informatika dengan mengidentifikasi
persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program
komputer didasari strategi algoritma yang sesuai sebagai solusi persoalan
masyarakat serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya
bagi masyarakat secara lisan maupun tertulis.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu berkolaborasi dalam tim dan mengomunikasikan hasilnya
dengan efektif dan efisien
Materi Pembelajaran
Informatika dan Keterampilan Generik
1. Apa dan Mengapa Informatika
2. Hal yang Dipelajari dalam Informatika
3. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
4. Keterampilan Generik
Kegiatan Pembelajaran
- Guru menampilkan gambar atau video tentang perkembangan teknologi saat ini.
- Peserta didik mengamati gambar atau video tersebut dengan saksama.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik kepada peserta didik, seperti “Apa perkembangan teknologi dalam gambar atau video tersebut?”, Menurutmu, apa peran informatika dalam perkembangan teknologi tersebut?”, dan lain sebagainya.
- Peserta didik menjawab pertanyaan yang guru ajukan sesuai pengetahuannya
- Peserta didik diminta untuk membaca materi tentang informatika dan keterampilan generik.
- Guru kemudian menjelaskan materi informatika dan keterampilan generik.
- Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok bersama teman semejanya.
- Peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber referensi mengenai informatika dan keterampilan generik, yang meliputi pengertian informatika, hal yang dipelajari dalam informatika, informatika dan profil pelajar Pancasila, serta keterampilan generik.
- Peserta didik mendiskusikan permasalahan terkait informatika dan keterampilan generik.
- Peserta didik menganalisis informasi yang sudah diperoleh.
- Peserta didik menyampaikan hasil diskusi dan analisisnya di depan kelas.
- Peserta didik selanjutnya diminta untuk membuat infografik sesuai kreativitas.
- Peserta didik menunjukkan hasilnya di depan kelas secara bergantian.
- Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan jika ada materi yang belum dipahami.
- Guru kemudian meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal latihan di buku untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman peserta didik terhadap materi informatika dan keterampilan generik.
- Guru mengulas jawaban tepat dari soal-soal latihan tersebut.
- Guru menilai hasil pekerjaan peserta didik.
- Guru mengapresiasi dan memberi motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat dalam belajar informatika.
Penilaian
Teknik Penilaian
Sikap: percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin.
Pengetahuan: tes tertulis dan lisan.
Keterampilan: unjuk kerja, proyek, dan penugasan
Alokasi Waktu : 6 JP
Sumber Belajar :
Buku Informatika kelas X.
Buku pendamping yang relevan dengan materi.
Internet.
Lingkungan sekitar.
Gambar atau tayangan video terkait materi.
Komputer
Demikian salah satu perangkat ajar yaitu ATP untuk mapel Informatika kelas
10 SMA/ MA. Nah, untuk gambaran dokumen yang lebih lengkap pada mapel
Informatika semua fase dan jenjang di SMA/ MA, dapat teman- teman cek
melalui dokumen berikut ini, Silahkan diunduh terlebih dahulu,
Semester 1
Link Unduh | Perangkat Ajar |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 10 SMA/ MA Lengkap Semester 1 |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 11 SMA/ MA Lengkap Semester 1 |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 12 SMA/ MA Lengkap Semester 1 |
Semester 2
Link Unduh | Perangkat Ajar |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 10 SMA/ MA Lengkap Semester 2 |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 11 SMA/ MA Lengkap Semester 2 |
|
Perangkat Ajar Informatika Kelas 12 SMA/ MA Lengkap Semester 2 |
Itulah Perangkat Ajar Mapel Informatika SMA/ MA Semua Fase Lengkap (Prota, Promes, ATP, dan MA).
Semoga bermanfaat yaa buat teman- teman semuanya yang sedang
membutuhkan dokumen ini.
Jangan sungkan untuk share kepada teman- teman lainnya yaa...
Salam.