Berikut lanjutan soal nomor 21 sampai dengan 35 Latihan Soal Materi UAS/
PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Tahun Bab 7 Seni Peran
=========================================================================================
21. Tokoh yang menjadi corong bicara pengarang kepada penonton disebut ....
A. protagonis
B. raisonneur
C. deitragonis
D. confident
E. tetragoni
22. Tokoh pembantu, baik dari kelompok hitam atau putih dan kedudukan tokoh
ini kadangkala ditempatkan sebagai penghibur,
penggembira atau hanya sebatas pelengkap saja disebut tokoh ....
A. protagonis
B. raisonneur
C. deitragonis
D. confident
E. utility
23. Ciri dari perwatakan yang menerangkan ciri-ciri khusus mengenai
hal kejiwaan yang dialami pemeran, seperti sakit ingatan atau normal, depresi,
traumatik, penyimpangan seksual, mudah lupa, pemarah, pemurah, penyantun,
pedit, pelit, dermawan, dan sebagainya dimasukkan dalam ciri ....
A. fisik
B. psikis
C. intelektual
D. religi
E. status sosial
24. Ciri-ciri khusus mengenai hal sosok peran dalam bersikap dan berbuat,
terutama dalam mengambil sebuah keputusan atau menjalankan tanggung jawab
merupakan ciri ....
A. fisik
B. psikis
C. intelektual
D. religi
E. status sosial
25. Ciri dari perwatakan yang menerangkan ciri-ciri khusus tentang jenis
kelamin (laki-laki atau perempuan, kelengkapan pancaindra atau keadaan kondisi
tubuh (cantik-jelek, tinggi-pendek, kurus-buncit, kekarlembek, rambut
hitam atau putih, buta, pincang, lengan patah, berpenyakit atau sehat, dan
lain-lain adalah ....
A. fisik
B. psikis
C. intelektual
D. religi
E. status sosial
26. Unsur yang menunjukan tentang ruang imajiner yang diciptakan pemain dalam
bentuk mengolah posisi tubuh dengan jarak rentangan tangan dengan anggota
badannya; lebar (gerak besar),
sedang (gerak wajar), kecil (gerak menciut) termasuk dalam ....
A. unsur tubuh
B. unsur ruang
C. unsur kostum
D. unsur penghayatan
E. unsur suara
27. Semua perlengkapan yang dikenakan, menempel, melekat, mendandani untuk
memperindah tubuh pemain pada wujud lahiriah dalam aksi seni peran di atas
pentas disebut unsur ....
A. ruang
B. property
C. kostum
D. tubuh
E. penghayatan
28. Semua peralatan yang digunakan pemain, baik yang dikenakan maupun yang
tidak melekat ditubuh, tetapi dapat diolah dengan menggunakan tangan
(handprop) dan berfungsi untuk penguat watak atau karakter seorang pemain
merupakan unsur ....
A. ruang
B. property
C. kostum
D. tubuh
E. penghayatan
29. Penguasaan teknik seni peran seperti oleh tubuh sangat penting bagi
penampil seni peran. Olah tubuh dapat dilakukan dengan cara ....
A. meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh
B. peregangan atau strethcing
C. melatih keseimbangan tubuh
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
30. Berikut ini yang bukan merupakan materi latihan untuk olah rasa dalam
teknik seni peran adalah ....
A. melatih konsentrasi
B. pengindraan
C. melatih kepekaan rasa
D. melakukan latihan keseimbangan tubuh
E. melatih imajinasi
31. Seorang aktor seni peran harus memiliki kejelasan dalam pengucapan kata-
kata agar apa yang dikatakan menjadi jelas dengan apa yang diterima
pendengarnya. Hal tersebut merupakan salah satu elemen olah suara yaitu ....
A. intonasi
B. artikulasi
C. dinamika suara
D. kekuatan suara
E. tempo suara
32. Irama suara dengan penekanan mengucapkan katakata sehingga
dihasilkan pengucapannya yang tidak monoton atau kesan datar disebut ...
A. intonasi
B. artikulasi
C. dinamika suara
D. kekuatan suara
E. tempo suara
33. Tempo pengucapan suara baik cepat-lambat-sedang (wajar) dari suatu kata
dan atau kalimat disebut ....
A. intonasi
B. artikulasi
C. dinamika suara
D. kekuatan suara
E. pitch
34. Keras lemahnya suara yang dihasilkan dari pengucapan suatu kata atau
kalimat disebut ....
A. intonasi
B. artikulasi
C. dinamika suara
D. kekuatan suara
E. pitch
35. Tempat bermain peran (acting) dengan lingkup peralatan dan sett dekorasi
yang dihadirkan di atas pentas disebut ....
A. stage
B. panggung
C. ruang
D. pelataran
E. pentas
No comments:
Post a Comment