Halaman 4 ---- Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya Kelas 12 SMA/ SMK Tahun 2021/2022 - Ahzaa.Net

Halaman 4 ---- Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya Kelas 12 SMA/ SMK Tahun 2021/2022

 Berikut lanjutan soal nomor 41 sampai 50 pada Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya Kelas 12 SMA/ SMK Tahun 2021/2022

Halaman sebelumnya >>>> Halaman 3

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya Kelas 12 SMA/ SMK Tahun 2021/2022

41. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri- ciri dari seni peran pada teater rakyat adalah ....
A. naskah lakon disampaikan dalam bentuk bagal, bedrip, atau garis besar cerita bersumber dari cerita daerah setempat
B. seni peran dilakukan dengan gaya komikal, realistik yang bersifat spontan
C. terdapat isi seni atau nilai pesan dan mengusung fungsi terkait adat istiadat
D. menggunakan penyampaian bahasa daerah yang ketat atau menggunakan bahasa dengan idiom- idiom bahasa yang benar sesuai kebutuhannya
E. peralatan kebutuhan seni peran sederhana, tidak rumit dan menggunakan peralatan sederhana  



42. Unsur- unsur seni peran dalam pementasan teater tradisional istana bersifat ....
A. tidak baku
B. banyak pengulangan
C. baku dan teroganisir
D. sederhana
E. bersahaja dan spontan



43. Di bawah ini pernyataan yang tidak tepat mengenai lakon dalam pementasan adalah ....
A. lakon merupakan nyawa, ruh dan nafas dalam pementasan teater untuk membangun susunan cerita melalui peran atau penokohan yang dibawakan oleh seorang atau lebih pemeran
B. lakon dalam pementasan teater merupakan hasil karya kolektif masyarakat, seniman dan atau sastrawan yang diwujudkan dalam bentuk naskah lakon
C. lakon merupakan bahan baku atau sumber ide, gagasan dalam menyampaikan pesan estetis dan pesan moral melalui kreativitas pementasan seni teater
D. lakon diwujudkan dalam bentuk naskah lakon dengan cara ditulis
E. lakon dalam pementasan teater merupakan pelengkap pokok dari keseluruhan bentuk penyajian keseniannya



44. Dipandang dari segi isi, lakon teater tradisional rakyat ....
A. mengedepankan keindahan seni yang matang dan mapan
B. mengusung fungsi terkait kebesaran raja
C. lebih membawa segi hiburan daripada mengedepankan keindahan bentuk seni
D. mencakup isi seni dan nilai seni yang tinggi
E. disebut juga seni adiluhung 



45. Ditinjau dari sumber cerita lakon teater tradisional istana ....
A. bersumber dari cerita mahabarata dan cerita panji atau hikayat raja- raja
B. memiliki naskah tidak baku
C. disampaikan dalam bentuk bedrip
D. bersumber dari daerah setempat
E. merupakan garis besar cerita saja 



46. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri- ciri dari panggung prosenium adalah ....
A. terdapat batas antara tempat duduk penonton dengan panggung yang biasanya berupa orkestra
B. deretan tempat duduk penonton semakin belakang semakin tinggi bahkan ada yang menggunakan balkon
C. tempat duduk penonton berbentuk melingkar mengelilingi teater
E. panggung biasanya berupa berupa teater tertutup 



47. Panggung pada teater tradisional biasanya menggunakan panggung yang tidak berbatas. Ciri- ciri dari panggung berbatas adalah sebagai berikut ini, kecuali  ....
A. bentuknya bebas, bisa berupa pendopo atau pelataran
B. penonton tidak disediakan tempat duduk
C. panggung berbentuk lingkaran, tapal kuda, atau melingkar mengelilingi pertunjukan
D. adanya kemudahan bagi pemain untuk menampilkan trik panggung
E. tidak ada jarak antara penonton dengan para pemain 



48. Konsep tata musik berpengaruh penting dalam pergelaran drama. Tata musik yang baik dalam pergelaran  ....
A. sekedar bunyi
B. memiliki kekuatan yang menyertai pergelaran
C. terdapat banyak instrumen yang menyertai
D. memiliki kuantitas yang besar
E. merujuk pada orkestra yang besar



49. Kritik objektif dapat disebut sebagai kritik yang membangun. Hal ini disebabkan ....
A. kritik objektif dapat memberikan letak kekurangan dan kelebihannya
B. kririk objektif merujuk pada kritik- kritik yang dikemukakan sebelumnya
C. kritik objektif memiliki data yang kuat dan lengkap
D. kritik objektif dilakukan oleh kritikus profesional
E. kritik objektif banyak digunakan di berbagai pementasan teater



50. Ulasan subjektif pada umumnya tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena ....
A. mampu menunjukkan kelemahan dari pementasan
B. tidak mampu memperlihatkan kemampuannya
C. tidak berdasarkan data yang ada
D. adanya keseimbangan dalam kritik
E. memiliki sisi kelemahan dan kelebihan  




2 Comments


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak