Halaman 2 --- Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Simulasi Digital Kelas 12 SMK Tahun 2021/2022 - Ahzaa.Net

Halaman 2 --- Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Simulasi Digital Kelas 12 SMK Tahun 2021/2022


21. Penggunaan jenis sarana komunikasi akan memengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Salah satu dari jenis komunikasi daring adalah komunikasi daring sinkron (serempak). Adapun contohnya adalah ....
A. text chat, video conference, email
B. text chat, video conference, rekaman simulasi visual
C. text chat, video conference, video chat
D. e-mail, rekaman simulasi visual, forum
E. penulisan dokumen daring, e-mail, forum



22. Perbedaan mendasar antara video chat dengan video conference adalah ....
A. komunikasi daring sinkron dan asinkron antara keduanya
B. jumlah partisipan dalam pertemuan via video
C. waktu yang digunakan
D. sarana yang digunakan
E. software yang digunakan



23. Salah satu bentuk komunikasi asinkron adalah e-mail atau yang biasa disebut dengan surel. E-mail memiliki kelebihan dibandingkan dengan surat biasa. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan hal tersebut adalah .....
A. e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
B. e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
C. sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
D. pernyataan A dan B benar
E. pernyataan A, B dan C benar



24. Dipandang dari segi layanan, terdapat dua jenis layanan e-mail yaitu gratis dan berbayar. Contoh layanan e-mail gratis yang tersedia saat ini adalah ....
A. Gmail, Yahoo Mail, Hotmail
B. Zoho Mail, Livemail, Hotmail
C. Google Suites, Zoho Mail, Yahoo Mail plus
D. Gmail, Yahoo Mail, Google Suites
E. Gmail, Zoho Mail, Livemail



25. Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Dalam komunikasi daring, meskipun kedua belah pihak tidak bertemu langsung, harus selalu mengedepankan nilai tata krama (etiket). Berikut ini contoh tata krama dalam menggunakan komunikasi daring adalah ....
A. menggunakan bahasa yang baik dan sopan
B. menggunakan jenis huruf dan ukuran huruf yang standar
C. kejelasan penulisan subjek
D. tidak meneruskan pesan yang tidak penting
E. semua jawaban benar



26. Salah satu aplikasi video conference yang paling banyak digunakan saat ini khususnya dalam pembelajaran daring pada masa pandemi adalah Google Meet. Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh Google Meet adalah ....
A. fitur- fitur yang mudah pengoperasiannya
B. terintegrasi dengan produk- produk Google lainnya
C. tidak perlu penginstalan aplikasi dalam penggunaannya
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar



27. Komunikasi daring, selain memiliki beragam kelebihan, namun juga memiliki berbagai kekurangan. Berikut ini adalah kelemahan- kelamahan dari komunikasi daring, kecuali ....
A. komunikasi daring memerlukan perangkat khusus yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
B. terlalu banyak informasi yang tidak dibutuhkan yang akan membingungkan penerima 
C. komunikasi daring melalui komunikasi audio tidak  mampu mewakili emosi penggunanya
D. komunikasi daring memungkinkan terbukanya jalur komunikasi menyebabkan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam berkomunikasi
E. komunikasi daring melalui komunikasi teks tidak dapat mewakili intonasi bicara



28. Dalam pembelajaran, teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan pemerataan dalam kecepatan belajar, serta meningkatkan efisiensi pembelajaran. Salah satu kunci dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka revolusi pembelajaran adalah fleksibilitas, artinya ....
A. akses terhadap beraneka ragam informasi tersedia dalam skala global  
B. belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja
C. evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri
D. penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas
E. konten digital dapat terus-menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional  



29. E-learning merupakan lingkungan belajar yang mewadahi peran teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran. E-learning dapat berfungsi sebagai supplement, complement dan replacement. E-learning sebagai supplement apabila ....
A. digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka di kelas
B. menempatkan e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran dengan menggabungkan model konvensional dengan e-learning
C. digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
D. menggantikan sistem pembelajaran konvensional yang ada sebelumnya
E. menggabungkan ketiga model yang ada



30. Salah satu software yang digunakan dalam e-learning adalah Learning Management System (LMS). Berikut ini adalah contoh dari LMS kecuali ....
A. Moodle
B. Edmodo
C. Google Classroom
D. Atutor
E. Blackboard CourseSites


Masih lanjut ke soal nomor 31 sampai 40 yaa.... >>>> Halaman 3


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak