.png)
Hai sahabat Ahzaanet, kembali berjumpa yaa di blog kami. Posting pada hari ini
masih akan saya lanjutkan untuk membahas tentang perangkat ajar buat teman-
teman guru. Seperti kita tahu, bahwa perangkat ajar atau perangkat
pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam kelengkapan
administrasi guru.
![]() |
Perangkat Pembelajaran Seni Rupa SMA/MA |
Baik, untuk perangkat pembelajaran yang akan saya ulas adalah untuk mapel Seni
Rupa SMA semua jenjang dan fase yaitu dari kelas 10, 11, dan 12.
Dalam perangkat pembelajaran, ada beberapa komponen di dalamnya yaitu Alur
Tujuan Pembelajaran (ATP), Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes)
dan Modul Ajar (MA).
Nah, berikut ini contoh ATP untuk Seni Rupa Kelas 10 dan 11 SMA/ MA. Untuk ATP
kelas 12 SMA, dapat dilihat pada dokumen unduh yang ada di bagian bawah
postingan.
ATP Kelas 10 SMA/ MA
Capaian Pembelajaran
1. Mengalami
Pada akhir fase E, peserta didik mengeksplorasi unsur-unsur rupa dan
prinsip desain di lingkungan sekitarnya dan pada sebuah karya seni rupa.
Peserta didik mengeksplorasi gaya seni rupa yang
digunakan pada sebuah karya seni rupa. Peserta didik menyimpulkan hasil
eksplorasi unsur-unsur rupa, prinsip desain, dan gaya seni rupa.
2. Merefleksikan
Pada akhir fase E, peserta didik mempresentasikan, memberi dan menerima
umpan balik, menyatakan pendapat mengenai karya dan penciptaan karya seni
rupa secara runtut dan terperinci dengan menggunakan kosa kata seni rupa
yang tepat.
3. Berpikir dan Bekerja Artistik
Pada akhir fase E, peserta didik mengeksplorasi dan mengembangkan gagasan
atau rencana untuk menciptakan karya seni rupa berdasarkan pengalaman,
keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni
rupa atau mata pelajaran lain. Peserta didik berkolaborasi dengan
individu, kelompok, atau bidang keilmuan lain untuk menciptakan karya seni
rupa. Peserta didik secara terampil menggunakan jenis alat, bahan, dan
teknik spesifik yang dipilih untuk menciptakan karya seni rupa.
4. Menciptakan
Pada akhir fase E, peserta didik membuat karya rupa berdasarkan gagasannya
sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan
menggabungkan pengetahuan unsur rupa, prinsip desain, gaya, atau teknik
tertentu yang dipilihnya.
5. Berdampak
Peserta didik memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari, keadaan
lingkungan sekitar, isu-isu kontemporer di masyarakat, perasaan atau
emosinya, minat, dan pengalaman dirinya melalui karya seni rupa yang
memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan sekitarnya.
ATP Kelas 11 SMA/ MA
Capaian Pembelajaran:
1. Mengalami
Pada akhir fase F, peserta didik memahami, membandingkan unsur-unsur
rupa, prinsip desain di lingkungan sekitar dan pada karya seni rupa.
Peserta didik membandingkan gaya seni rupa yang digunakan pada dua atau
lebih karya seni rupa. Peserta didik mempresentasikan hasil perbandingan
unsur-unsur rupa, prinsip desain, dan gaya seni rupa.
2. Merefleksikan
Pada akhir fase F, peserta didik mempresentasikan, memberi dan menerima
umpan balik, menyatakan pendapat, serta mengevaluasi efektivitas suatu
karya dan penciptaan karya seni rupa secara runtut dan terperinci dengan
menggunakan kosa kata seni rupa yang tepat.
3. Berpikir dan Bekerja Artistik
Pada akhir fase F, peserta didik mengeksplorasi dan mengembangkan
gagasan atau rencana untuk menciptakan karya seni rupa berdasarkan
pengalaman visualnya, keterampilan, dan pengetahuan
interdisipliner. Peserta didik menunjukkan hubungan antara seni
rupa dan mata pelajaran lain serta berkolaborasi dengan bidang keilmuan
lain untuk menciptakan karya seni rupa.
Peserta didik secara terampil menggunakan jenis alat, bahan, dan teknik
spesifik yang dipilih untuk menciptakan karya seni rupa.
4. Menciptakan
Pada akhir fase F, peserta didik membuat karya berdasarkan gagasannya
sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan
dan menggabungkan pengetahuan unsur rupa, prinsip desain, gaya, atau
teknik tertentu yang dikuasainya.
5. Berdampak
Peserta didik memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari, keadaan
lingkungan sekitar, isu-isu kontemporer di masyarakat, kesejahteraan
emosinya, minat, dan pengalaman dirinya melalui karya seni rupa yang
memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan sekitarnya.
Teman- teman, lebih lengkap tentang dokumen ATP Seni Rupa dan komponen
perangkat pembelajaran atau perangkat ajar lainnya seperti Program Tahunan
(Prota), Program Semester (Promes), dan Modul Ajar untuk mapel tersebut,
dapat dilihat pada dokumen berikut ini,
Perangkat Ajar Seni Rupa SMA/ MA Semester 1 (Ganjil)
Perangkat Seni Rupa Kelas 10 SMA/ MA Semester 1 |
|
Perangkat Seni Rupa Kelas 11 SMA/ MA Semester 1 |
|
Perangkat Seni Rupa Kelas 12 SMA/ MA Semester 1 |
|
Perangkat Ajar Seni Rupa SMA/ MA Semester 2 (Genap)
Perangkat Seni Rupa Kelas 10 SMA/ MA Semester 2 |
|
Perangkat Seni Rupa Kelas 11 SMA/ MA Semester 2 |
|
Perangkat Seni Rupa Kelas 12 SMA/ MA Semester 2 |
|
Demikian perangkat pembelajaran Seni Rupa SMA/ MA Tahun 2025- 2026.
Semoga bermanfaat buat semuanya, dan jangan lupa untuk share kepada
teman- teman lainnya.
Salam.
Terima kasih sudah berkunjung dan belajar bersama kami. Silahkan tinggalkan komentar dengan nama dan url lengkap. Penyisipan link dalam kolom komentar tidak diperkenankan yaa...
Sekali lagi, terima kasih...
EmoticonEmoticon