Latihan Soal IPS Kelas 10 SMA/MA Semester 2 Bab 3 Dinamika Masyarakat dan Lingkungan Indonesia (Part II) Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam - Ahzaa.Net

Latihan Soal IPS Kelas 10 SMA/MA Semester 2 Bab 3 Dinamika Masyarakat dan Lingkungan Indonesia (Part II) Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam

Latihan Soal IPS Kelas 10 SMA/MA Semester 2 Bab 3 Dinamika Masyarakat dan Lingkungan Indonesia (Part II) Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam
Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Masih dengan materi IPS kelas 10 SMA/ MA semester 2 (genap) Kurikulum Merdeka tentang bab 3 Dinamika Masyarakat dan Lingkungan, kita akan membahas lanjutan dari post sebelumnya yaitu bagian kedua. (Part 2) tentang Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam. 

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Seperti kita ketahui, materi IPS Kelas 10 SMA/ MA Bab 3, Dinamika Masyarakat dan Lingkungan terdiri atas lima sub bab diantaranya : 
  1. Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Hindu–Buddha
  2. Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam
  3. Lingkungan Geosfer Fisikal Indonesia: Litoster
  4. Lingkungan Geosfer Fisikal Indonesia: Atmosfer
  5. Lingkungan Geosfer Fisikal Indonesia: Hidrosfer 

Hari ini kita bahas untuk sub bab kedua, Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam. Latihan soal ini disarikan dari materi buku paket IPS kelas 10 SMA/ MA terbitan Kemdikbudristek tahun 2023. Latihan soal terdiri atas 27 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawaban. Tentunya hal itu untuk memudahkan sahabat AhzaaNet dalam belajar. 

Baca Juga :


Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya...

Latihan Soal IPS Kelas 10 SMA/MA Semester 2 Bab 3 Dinamika Masyarakat dan Lingkungan Indonesia (Part II) Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam 

A. Jejak Awal Pengaruh Islam di Nusantara 

1. Beberapa versi menunjukkan pengaruh Islam di Nusantara. Salah satu versi menyatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-7. Hal ini dikuatkan dengan bukti ....
A. pemukiman muslim di Barus, Sumatra Utara 
B. keberadaan orang Islam di prasasti dan relief candi Hindu- Buddha
C. makam Fatimah di Leren, Gresik
D. jawaban A dan B benar 
E. jawaban A, B dan C benar 


2. Bukti kuat pengaruh Islam baru ada pada abad ke-11 dibuktikan dengan peninggalan ....
A. makam bercorak Islam dari Sultan Malik as Saleh di Aceh 
B. makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik 
C. pemukiman Islam di Barus 
D. keberadaan orang Islam di prasasti dan relief candi Hindu - Buddha 
E. peninggalan Kerajaan Samudra Pasai 


3. Makam Sultan Malik as Saleh di desa Beuringin, kecamatan samudra, Aceh Utara menunjukkan bahwa Islam sudah ada sejak abad ke ....
A. 7 Masehi 
B. 8 Masehi 
C. 11 Masehi 
D. 12 Masehi 
E. 13 Masehi


4.  Salah satu kesimpulan yang dapat ditarik dari berbagai versi awal mula pengaruh Islam masuk Nusantara adalah bahwa pada abad ke-7 Masehi  ....
A. belum ada orang- orang Islam di Nusantara 
B. sudah terdapat pedagang Islam di Nusantara 
C. penduduk sudah memeluk agama Islam 
D. sudah ada orang- orang Islam, namun tidak dapat dipastikan apakah orang- orang tersebut pedagang atau penduduk lokal 
E. sudah ada kerajaan Islam di Nusantara


5. Pada versi kedua awal mula pengaruh Islam masuk Nusantara, dapat disimpulkan bahwa ....
A. sudah ada kerajaan bercorak Islam di Nusantara
B. belum banyak pedagang Islam di Nusantara 
C. sudah ada pemukiman penduduk lokal yang beragama Islam 
D. mulai terbentuk kerajaan Islam 
E. mulai berdatangan pedagang asing yang beragama Islam 


6. Kesimpulan yang didapatkan dari versi ketiga awal mula pengaruh Islam masuk Nusantara di abad ke-13 adalah ....
A. sudah ada kerajaan bercorak Islam di Nusantara
B. belum banyak pedagang Islam di Nusantara 
C. sudah ada pemukiman penduduk lokal yang beragama Islam 
D. mulai terbentuk kerajaan Islam 
E. mulai berdatangan pedagang asing yang beragama Islam 


B. Proses penyebaran Pengaruh Budaya Islam di Nusantara

7. Menurut teori Gujarat dalam penyebaran Pengaruh Budaya Islam di Nusantara sekitar abad ke-13 atau abad ke-7 H, para penyebar agama Islam adalah ....
A. berasal langsung dari Arab 
B. pedagang muslim Gujarat 
C. orang- orang Persia 
D. orang- orang Nusantara yang menuntut ilmu ke Gujarat
E. orang- orang arab dan Gujarat


8. Argumentasi kuat yang mendukung bahwa penyebar Islam di Nusantara dari para pedagang muslim Gujarat adalah ....
A. perayaan 10 Muharram atau Asyura pada tradisi tabot di Sumatra Barat 
B. batu nisan Sultan Malik as Saleh di Aceh dan nisan Maulana Malik Ibrahim di Jawa Timur yang sama bentuknya dengan batu nisan di Kambay, Gujarat 
C. tulisan- tulisan yang menunjukkan kesesuaian Islam di Nusantara dan Gujarat 
D. masjid tua yang arsitekturnya mirip dengan di Gujarat  
E. gelar- gelar raja Nusantara yang mirip dengan di Gujarat 


9. Perayaan 10 Muharram atau Asyura atas wafatnya Husein bin Ali pada tardisi tabot di Sumatra Barat dan Bengkulu menguatkan argumentasi dari teori penyebaran agama Islam ....
A. teori Gujarat 
B. teori Persia 
C. teori Tiongkok 
D. teori Arab 
E. teori Bangladesh 


10. Berikut ini bukti yang menguatkan teori Tiongkok dalam penyebaran agama Islam adalah ....
A. perpindahan orang-orang muslim dari Kanton ke Asia Tenggara, khususnya  Palembang pada abad ke-9 Masehi
B. adanya masjid tua dengan model bangunan Tionghoa di Jawa 
C. raja pertama Demak, Raden Patah merupakan keturunan Tionghoa
D. gelar raja- raja Demak yang ditulis dengan istilah Tionghoa 
E. semua jawaban benar 


11. Gelar raja- raja Pasai seperti al Malik menunjukkan bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui ....
A. pedagang Gujarat 
B. musafir dari arab atau Mesir yang datang untuk berdakwah 
C. pedagang Persia 
D. para musafir dari Persia 
E. para pedagang dari Persia 


C. Berdirinya Kerajaan - Kerajaan Islam di Nusantara 

12. Di bawah ini yang merupakan ciri konsep kerajaan bercorak Islam adalah ....
A. raja bergelar sultan  
B. raja adalah manusia biasa yang bertugas memimpin umat 
C. raja sebagai titisan dewa
D. jawaban A dan B benar 
E. jawaban A, B dan C benar


13. Kerajaan Islam yang paling awal di Nusantara adalah ....
A. Samudra Pasai 
B. Perlak 
C. Ternate dan Tidore 
D. Bima 
E. Demak 


14. Raja pertama dari kasultanan Perlak adalah ....
A. Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah
B. Sultan Makhdum Alaiddin Malik Ibrahim Johan
C. Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Syah Johan
D. Sultan Ali Mughat Shah
E. Sultan Alaiddin Syed Maulana Shah


15. Letak dari kesultanan Samudra Pasai adalah ....
A. ujung barat pulau Jawa 
B. pantai utara Pulau Sumatra 
C. pantai barat pulau Sumatra 
D. paling timur pulau Sumatra 
E. pantai selatan pulau Sumatra 


16. Sultan yang mendirikan kesultanan Samudra Pasai adalah ....
A. Sultan Malik As-Saleh
B. Sultan Mahmud Malik Az-Zahir
C. Sultan Malik Az-Zahir
D. Sultan Ahmad Malik Az-Zahir
E. Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahi


17. Kerajaan Samudra Pasai mencapai puncak kejayaan di masa sultan ....
A. Sultan Malik As-Saleh
B. Sultan Mahmud Malik Az-Zahir
C. Sultan Malik Az-Zahir
D. Sultan Ahmad Malik Az-Zahir
E. Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahi


18. Kerajaan Islam yang menjadi pusat perdagangan rempah- rempah di timur Nusantara adalah ....
A. Bima 
B. Demak 
C. Pajang 
D. Ternate- Tidore 
E. Mataram Islam 


19. Perhatikan hal- hal berikut ini, 
(1) pada awalnya kerajaan bercorak HIndu 
(2) kerajaan berganti menjadi bercorak Islam pada abad ke-17 
(3) wilayah kekuasaam mencakup Pulau Sumbawa bagian timur, Manggarai, dan pulau - pulau kecil di selat Alas

Kesultanan yang dimaksud berdasarkan ciri di atas adalah ....
A. kesultanan Aceh Darussalam
B. Kesultanan Demak 
C. Kesultanan Bima 
D. Kesultanan Berau 
E. Kesultanan Banten 


Lanjut ke soal berikutnya ya...

Nomor 20
Kerajaan Islam pertama di pulau Jawa yang berdiri pada 1500 Masehi adalah ....


Semoga Bermanfaat. 


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak