10/17/2024

Materi PJOK SMA : Macam- Macam Gaya Renang, Sejarah dan Tekniknya

Renang adalah salah satu olahraga tertua di dunia, dengan bukti sejarah menunjukkan bahwa aktivitas berenang sudah ada sejak zaman kuno. Lukisan-lukisan di dinding gua yang berusia lebih dari 7.000 tahun menunjukkan manusia sedang berenang. Renang mulai dipertandingkan secara resmi di Inggris pada abad ke-19, ketika gaya renang standar mulai diatur dan dikembangkan. Pada tahun 1896, renang menjadi bagian dari Olimpiade modern pertama, dan sejak itu berkembang menjadi salah satu cabang olahraga paling populer di dunia.

Image by David Mark from Pixabay 

Gaya Bebas (Freestyle)
A. Sejarah renang gaya bebas
Gaya bebas adalah salah satu gaya renang tertua dan paling populer. Meski dalam perlombaan renang modern, gaya bebas merujuk pada kebebasan untuk menggunakan teknik renang apapun, namun umumnya perenang menggunakan teknik yang dikenal sebagai "crawl" karena dianggap paling cepat dan efisien.

B. Teknik renang gaya bebas

Posisi Tubuh
Tubuh harus sejajar dengan permukaan air, dengan kepala sedikit menghadap ke bawah. Posisi ini membantu mengurangi hambatan air.

Gerakan Kaki
Kaki digerakkan secara bergantian dengan gerakan naik-turun yang cepat. Pukulan kaki harus berasal dari pangkal paha, bukan lutut.

Gerakan Tangan
Tangan diayunkan ke depan satu per satu, dengan gerakan tarikan bawah air yang kuat. Setelah itu, tangan diangkat keluar air dan diayunkan kembali ke depan.

Pernapasan
Biasanya dilakukan di salah satu sisi ketika tangan yang berlawanan sedang keluar dari air. Pernapasan harus dilakukan cepat untuk menghindari kehilangan kecepatan.

Gaya Dada (Breaststroke)
A. Sejarah Renang Gaya Dada
Gaya dada dianggap sebagai salah satu gaya renang tertua, dengan teknik yang mirip ditemukan dalam lukisan kuno dari Mesir. Gaya ini juga banyak dipraktikkan dalam renang militer karena memungkinkan perenang untuk bergerak tanpa mengeluarkan banyak energi.

B. Teknik Renang Gaya Dada

Posisi Tubuh
Tubuh tetap mendatar di permukaan air, tetapi sedikit lebih tinggi di bagian dada. Kepala bisa keluar air selama pernapasan.

Gerakan Kaki
Kaki ditarik ke arah tubuh, lalu didorong keluar dan ke belakang untuk menciptakan dorongan. Gerakan kaki ini dikenal sebagai "frog kick."

Gerakan Tangan
Tangan ditarik dari posisi lurus ke depan ke arah dada dengan gerakan setengah lingkaran, kemudian diluruskan kembali ke depan.

Pernapasan
Diambil saat tangan ditarik ke arah dada, ketika kepala terangkat ke atas permukaan air.

Gaya Punggung (Backstroke)
A. Sejarah Renang Gaya Punggung
Gaya punggung mulai diperlombakan secara resmi pada tahun 1900 dalam Olimpiade. Gaya ini unik karena merupakan satu-satunya gaya renang di mana perenang menghadap ke atas.

B. Teknik Renang Gaya Punggung

Posisi Tubuh
Tubuh menghadap ke atas, dengan punggung sejajar dengan permukaan air. Kepala berada dalam posisi netral, menghadap ke atas.

Gerakan Kaki
Mirip dengan gaya bebas, kaki digerakkan naik-turun secara bergantian. Pukulan kaki harus berasal dari pangkal paha.

Gerakan Tangan
Tangan bergerak secara bergantian. Salah satu tangan diangkat keluar air dan diayunkan ke belakang, sementara tangan yang lain bergerak di bawah air.

Pernapasan
Pernapasan dilakukan dengan bebas karena wajah selalu di atas permukaan air.

Gaya Kupu-Kupu (Butterfly)
A. Sejarah Renang Gaya Kupu- Kupu
Gaya kupu-kupu merupakan gaya yang relatif baru dibandingkan gaya lainnya, dikembangkan pada tahun 1930-an sebagai variasi dari gaya dada. Gaya ini kemudian diakui sebagai gaya renang terpisah dalam kompetisi pada tahun 1952.

B. Teknik Renang Gaya Kupu- Kupu

Posisi Tubuh
Tubuh berada dalam posisi mendatar dengan gerakan undulasi (naik-turun) yang konstan untuk membantu pergerakan ke depan.

Gerakan Kaki
Dikenal sebagai "dolphin kick," kedua kaki bergerak naik dan turun secara bersamaan seperti sirip ikan lumba-lumba.

Gerakan Tangan
Kedua tangan ditarik bersamaan dari posisi lurus ke depan, bergerak ke samping dan ke belakang, lalu diangkat keluar air untuk kembali ke posisi awal.

Pernapasan
Biasanya dilakukan setiap dua atau tiga pukulan tangan, ketika kepala diangkat ke depan keluar air.

Gaya Ganti (Medley)
A. Sejarah Renang Gaya Ganti
Gaya ganti merupakan kombinasi dari keempat gaya renang (gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas) dalam satu perlombaan. Gaya ini pertama kali diperkenalkan dalam kompetisi pada pertengahan abad ke-20 dan menjadi populer dalam renang kompetitif.

B. Teknik Renang Gaya Ganti
Setiap gaya dilakukan dengan urutan tertentu, dimulai dengan gaya kupu-kupu, diikuti oleh gaya punggung, gaya dada, dan diakhiri dengan gaya bebas. 

Itulah beberapa gaya renang beserta sejarah dan tekniknya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat buat semuanya. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment