9/20/2024

Ujian Tertulis Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu 2024/ 2025, Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan?

Ujian Tertulis Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu 2024/ 2025 merupakan stage terakhir menandai usainya proses PPG Dalam Jabatan Bagi Guru Tertentu. 

Setelah peserta PPG Daljab bagi Guru tertentu merampungkan tugas- tugas di PMM dan melaksanakan ujian kinerja yang menilai praktik pembelajaran guru, tahap selanjutnya adalah mengikuti ujian tertulis PPG Guru Tertentu. 

Image by StockSnap from Pixabay
 

Ujian tertulis merupakan ujian kompetensi yang dilaksanakan secara tertulis dengan fokus menilai pengetahuan peserta PPG dalam mengelola pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, Ujian Tertulis dilakukan secara daring (online) melalui perangkat komputer (UTBK) secara serentak. 

Ujian tertulis terdiri atas tes objektif dan tes subjektif. Tes objektif meliputi tes pengetahuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Situational Judgement Test (SJT). 

Sementara itu, tes subjektif bagi guru tertentu berupa uraian reflektif yang berbasis studi kasus. Studi kasus yang diangkat berdasarkan tugas pendidik yang mencakup identifikasi masalah yang dihadapi, penyelesaian masalah yang dihadapi, hasil dari upaya yang dilakukan dan pengalaman berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan diri dalam melaksanakan tugas keprofesian guru. Tes subjektif dilaksanakan pada saat UTBK dengan waktu 30 menit. 

Dokumen yang dipersiapkan Ujian Tertulis PPG Guru Tertentu
Untuk mengikuti Ujian Tertulis PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024/ 2025, ada beberapa dokumen yang mesti disiapkan oleh teman- teman, diantaranya :

Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
Kartu Tanda Penduduk yang ditunjukka kepada pengawas adalah kartu tanda penduduk yang asli. Pengawas akan menanyakan Nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alamat sesuai dengan kartu tanda penduduk tersebut. 

Pakta Integritas 
Pakta Integritas yang dimaksud bukan pakta yang dikumpulkan pada saat lapor diri, melainkan pakta integritas untuk mengikuti semua aturan dalam ujian tertulis. Pengawas ujian akan memberikan formatnya ketika ujian akan dilaksanakan. 

Kartu Ujian 
Kartu Ujian, dapat diunduh dan dicetak dari halaman akun UKPPPG. Adapun syaratnya harus mengupload foto terbaru. 

Perangkat dalam Ujian Tertulis PPG Guru Tertentu
Perangkat juga merupakan hal penting yang harus disiapkan dalam ujian tertulis. Beberapa perangkat yang harus ada sesuai Juknis UKPPPG bagi Guru Tertentu 2024/ 2025 yaitu :

Laptop, dengan spesifikasi layar minimal 10", operating system Windows 8/ 10/ 11 64 Bit, RAM 2GB, storage 10 GB, audio yang memadai, serta baterai laptop yang normal. Untuk lebih aman, teman- teman dapat mempertimbangkan laptop dengan spesifikasi lebih dari yang dipersyaratkan dalam juknis, misalnya Laptop dengan prosesor generasi terbaru, layar minimal 14", Operating System Windows 11/64 Bit, RAM minimal 4GB, storage minimal 10 GB, audio dan baterai yang normal. 

Handphone (HP) yang sudah terpasang aplikasi Zoom. Adapun nama yang ada pada aplikasi Zoom harus sesuai dengan nama lengkap peserta. Berkaitan dengan handphone, teman- teman dapat menyediakan cadangan Handphone untuk mengantisipasi adanya gangguan atas internet ataupun malfungsi aplikasi. 

Koneksi internet yang stabil. Koneksi internet harus stabil, apabila memungkinkan, teman- teman dapat menyediakan cadangan internet melalui HP lain dengan kuota 10GB atau lebih. 

Tempat Ujian Tertulis PPG Guru Tertentu
Selain dokumen dan perangkat, teman- teman dapat menyediakan tempat untuk ujian tertulis yang nyaman, senyap dari gangguan, dan aman dengan pencahayaan yang cukup. 

Itulah hal- hal yang harus disiapkan dalam Ujian Tertulis Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu 2024/ 2025. Teman- teman dapat berkoordinasi dengan pengawas apabila mengalami kendala yang terjadi baik instalasi, unduh dokumen maupun hal- hal teknis lainnya.

Selamat berjuang dan semoga sukses.

Salam. 

No comments:

Post a Comment