9/17/2024

Tracer Study Pendidikan Vokasi 2024 Digelar Hingga 31 Oktober, Satuan Pendidikan, Alumni dan Dudi Yuk Segera Isi!

Kegiatan Tracer Study Pendidikan Vokasi SMK kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi. Kegiatan ini sudah mulai diselenggarakan sejak 5 Juli 2024 yang lalu dan akan ditutup pada 31 Oktober 2024 mendatang. 

Tracer study diadakan sesuai dengan amanat peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi serta menjadi perangkat utama untuk mengukur hasil kerja pendidikan vokasi, yaitu kebekerjaan lulusan pendidikan vokasi.



Melalui tracer study pendidikan vokasi, akan didapatkan data aktivitas kebekerjaan seperti bekerja, wirausaha, lanjut pendidikan, keselarasan dan kepuasan kerja terhadap lulusan pendidikan vokasi. 

Sasaran tracer study pendidikan vokasi tahun 2024 mencakup tiga pihak yaitu lulusan sekolah menengah kejuruan tahun 2023, satuan pendidikan SMK, dan dunia kerja (dunia usaha dunia industri). 

Data yang diperoleh dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan akan menjadi tindak lanjut pemerintah untuk merencanakan pelayanan pendidikan vokasi ke depannya. 

Dunia usaha dunia industri juga akan menyumbang feedback khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. 

Pengisian Tracer Study Pendidikan Vokasi 
buka laman tracer study di https://tracervokasi.kemdikbud.go.id/ 

Klik Mulai Survey pada bagian kanan atas.

Terdapat lima menubar survey yaitu Alumni SMK, Alumni PTV, SMK PTV, dan DUDI. Untuk alumni SMK, klik pada bagian Alumni SMK dan langsung isikan NISN atau NIK. 

Untuk satuan pendidikan, klik pada bagian SMK dan masukkan surel Dapodik dan NPSN Sekolah. 



Bagi Dunia Usaha Dunia Industri, terdapat opsi daftar bagi yang belum pernah punya akun dan bagi yang sudah pernah memiliki akun, dapat mengeklik pada opsi di bawah kotak pendaftaran. 



Isian Survey Tracer Study Pendidikan Vokasi Tahun 2024
Adapun isian Survey Tracer Study Pendidikan Vokasi SMK mencakup beberapa hal khususnya untuk lulusan, satuan pendidikan dan DUDI. 

Buat lulusan, terdapat pertanyaan seputar pekerjaan yang dijalani, kelanjutan studi, wirausaha atau progres pencarian pekerjaan. Selain itu ada pertanyaan tentang sejauh mana lulusan menggunakan pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh saat menempuh pendidikan vokasi ke lingkup pekerjaan atau wirausaha saat ini, atau lingkup studi yang sedang dilanjutkan, masa tunggu untuk melanjutkan studi atau bekerja atau berwirausaha, pendapatan yang diperoleh dari bekerja atau berwirausaha serta kualitas pembelajaran, praktik kerja industri, dan sertifikasi di satuan pendidikan vokasi.

Bagi satuan pendidikan, terdapat isian yang berkaitan dengan profil lulusan, pemanfaatan sarana dan prasarana DUDI untuk pembelajaran dan pengembangan karir peserta didik dan pengelolaan alumni. 

Pertanyaan yang harus dijawab DUDI adalah seputar kemitraan DUDI dengan satuan pendidikan vokasi, daya serap tenaga kerja dari lulusan pendidikan vokasi, kompetensi yang dibutuhkan, keterlibatan DUDI dalam penyelasaran kebutuhan kerja dengan satuan pendidikan vokasi serta kepuasan DUDI terhadap lulusan pendidikan vokasi. 

Demikian tentang tracer study SMK tahun 2024. Semoga informasi di atas dapat membantu teman- teman dalam mensukseskan tracer studi SMK yang dilaksanakan hingga 31 Oktober 2024 mendatang. 

Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment