9/02/2024

Rekrutmen Calon Guru Penggerak (PGP) Program Pendidikan Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Telah Dibuka, Berikut Informasi Lengkapnya

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) reguler angkatan 12. Perekrutan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima. Melalui program ini, dapat dihasilkan guru penggerak yang berfungsi menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya. Selain itu, guru penggerak dapat berperan dalam menumbuhkan kepemimpinan murid dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 



Sasaran Rekrutmen PGP Angkatan 12
Adapun sasarn rekrutmen PGP Angkatan 12 ini mencakup 85 kabupaten/ kota dari 514 kabupaten/ kota yang mana lulusan guru penggeraknya masih kurang. Sasaran juga menitikberatkan pada kabupaten/ kota yang lulusan seleksinya banyak namun belum menjalankan PGP. Dan karena wilayah provinsi sudah terpenuhi kuota kebutuhannya, PGP angkatan 12 ini tidak dibuka. 

Program Guru Penggerak Angkatan 12 akan dilaksanakans elama enam bulan pada tahun 2025. Pembelajaran untuk PGP akan menggunakan pola belajar mandiri, terbimbing dengan sistem daring yang didampingi fasilitator dan instruktur serta pembelajaran luring melalui lokakarya bersama pengajar praktik. 

Persyaratan Umum 
  1. Peserta tidak sedang mengikuti kegiatan diklat latsar PNS, PPG atau sedang bertugas sebagai asesor Pendidikan Guru Penggerak atau Program Sekolah Penggerak 
  2. Peserta tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/ fasilitator sekolah penggerak atau sedang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP). 
  3. Tidak sedang proses seleksi atau bertugas sebagai aktor lain dalam Program Guru Penggerak
  4. (PGP), Pendidikan Profesi Guru (PPG), Program Sekolah Penggerak (PSP) serta asesor BAN
  5. Mendapatkan rekomendasi dari atasan langsung untuk mengikuti Program Guru Penggerak yang diketahui oleh kepada kepala dinas bidang pendidikan
  6. Memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi guru penggerak dan bersedia mengikuti proses pendidikan selama 6 (enam) bulan
  7. Tetap aktif mengajar selama rekrutmen dan pendidikan guru penggerak, yang dibuktikan dengan SK mengajar
  8. Tetap aktif sebagai kepala sekolah selama rekrutmen dan pendidikan guru penggerak, yang dibuktikan dengan SK definitif sebagai kepala sekolah

Syarat Khusus Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 12 
  1. Calon Guru Penggerak angkatan 12 berasal dari guru ASN maupun non-ASN yang berdinas di sekolah negeri atau swasta pada jenjang TK, SD dan SMP. 
  2. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) yang berstatus definitif baik dari ASN maupun Non-ASN di sekolah negeri atau swasta pada jenjang TK, SD, dan SMP. 
  3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 
  4. Memiliki Kualifikasi pendidikan minimal D4/ S1
  5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima ) tahun.

Proses Rekrutmen 
Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan melalui beberapa tahapan seleksi antara lain : 
a. Tahap 1 yang terdiri atas registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio dan penilaian esai. 
b. tahap 2 meliputi penilaian simulasi mengajar dan wawancara. 

Jadwal Pendaftaran 
  • 30 Agustus - 1 September 2024 : Informasi Rekrutmen Calon Guru Penggerak
  • 2 - 16 September 2024 : Registrasi/Pendaftaran (Unggah Berkas, Pengisian Esai) : 
  • 18 - 24 September 2024 : Verifikasi, Validasi, Dan Penilaian Berkas
  • 26 September - 7 Oktober 2024 : Penilaian Esai
  • 16 Oktober 2024 : Pengumuman Tahap 1
  • 18 - 28 Oktober 2024 : Simulasi Mengajar dan Wawancara
  •  Awal tahun 2025 : Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 12 : 

Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 12 dapat dilihat melalui dokumen berikut : 


Demikian informasi rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 

No comments:

Post a Comment