9/04/2024

Rangkuman Materi Seni Musik Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik (Part II)

Hai sahabat AhzaaNet, selamat datang kembali di blog belajar kami. Pada kesempatan ini kita akan lanjutkan untuk belajar rangkuman materi Seni Musik kelas 10 SMA/ SMK semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1, Eksplorasi Bunyi dalam Musik 

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Rangkuman materi ini merupakan bagian dari pembelajaran untuk mapel Seni Musik Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik. 

Sumber materi berasal dari buku Paket Seni Seni Musik Kelas 10 SMA/ SMK  Kurikulum Merdeka Terbitan Kemndikbudristek tahun 2022. 


Rangkuman materi dapat digunakan untuk menghadapi penilaian harian sumatif akhir bab maupun untuk menghadapi asesmen sumatif tengah semester teman- teman. 

Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman materinya. 

Rangkuman Materi Seni Musik Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik (Part II)

1. Ritme merupakan unsur yang penting dalam bermusik.

2. Ritme terdiri atas tempo, ketukan (kuat-lemah) dan notasi, birama, tanda birama, hitungan dalam birama lagu, sinkopasi dan poliritmik. 

3. Jenis- jenis tempo 
a. adante (lambat) : 76 - 108 BPM 
b. Moderato (sedang) : 108 - 120 BPM 
c. Allegato (Agak Cepat) : 112 - 120 BPM 
d. Allegro (cepat) : 120 - 156 BPM 
e. Vivace (cepat dan bersemangat ) : 156 - 176 BPM 
f. Presto (sangat cepat) : 168 - 200 BPM 

4. Ketukan (kuat Lemah) dalam notasi 


5. Tanda Birama 
6. Sinkopasi dan Poliritmik 



7. Metode pembelajaran ritme Eurythmics oleh Dalcroze menghubungkan fungsi gerakan-gerakan tubuh (bodily movement) untuk membantu pemahaman akan bentuk-bentuk ketukan dan ritme musik.

8. Interval Nada 


9. Jarak Diatonik 


10. Nama Interval Nada berdasarkan jarak antarnada (scale degree)

11. Progresi Chord




Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik (Part II). Kita masih akan lanjutkan belajar untuk bagian dua pada posting berikutnya

Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment