9/01/2024

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana (Part II) Kreasi Sederhana untuk Vokal

Hai sahabat AhzaaNet, selamat datang kembali di blog belajar kami. Pada kesempatan ini kita akan lanjutkan untuk belajar rangkuman materi Seni Musik kelas 9 SMP/ MTs semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1, Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana bagian dua. 

Gambar oleh 愚木混株 Cdd20 dari Pixabay 

Rangkuman materi ini merupakan bagian dari pembelajaran untuk mapel seni musik kelas 9 SMP/ MTs disemester 1 kurikulum merdeka. Dalam unit 1 ini, Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana, ada dua bagian topik yang dibahas yaitu :

  1. Pendalaman Teknik Bernyanyi 
  2. Kreasi Sederhana untuk Vokal

Rangkuman materi pada tulisan ini akan membahas untuk bagian topik kedua yaitu Kreasi Sederhana untuk Vokal. Adapun sumber materi untuk Seni Musik Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana (Part II) Kreasi Sederhana untuk Vokal  ini disarikan dari buku Paket Seni Musik Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka Terbitan Kemndikbudristek tahun 2022. 

Rangkuman materi ini dapat digunakan untuk menghadapi penilaian harian sumatif akhir bab maupun untuk menghadapi asesmen sumatif tengah semester teman- teman. 

Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman materinya. 

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana (Part II) Kreasi Sederhana untuk Vokal 

1. Pengertian kreasi dari para ahli 
a. Baker (1980), kreasi sebagai salah satu alat belajar musik yang efektif untuk meningkatkan keterampilan anak secara musikal dan jika diterapkan dengan baik dapat menjadi penghubung untuk berbagai tujuan pendidikan musik
b. Chandler (2018), kreasi sebagai bagian dari pendidikan musik menyebabkan aspek tersebut muncul dalam berbagai kurikulum pendidikan seperti dalam Metode Kodaly, Euritmis Dalcroze, dan Gordon’s Music Learning Theory.

2. Manfaat musikal 
a. meningkatkan pemahaman tentang struktur musik
b. dampak positif terhadap psikologis dan mental 

3. Hal- hal yang dapat dilakukan dalam kelas musik untuk menerapkan kreasi sederhana 
a. Mengalami sebelum memahami 
b. membuat kreasi berdasarkan bunyi 
c. Melakukan manipulasi elemen dasar musik 

4. Hal yang paling dasar dari kreasi musik adalah memberikan ornamen.

5. Jenis ornamen - ornamen yang dapat diberikan dalam kreasi musik : trill, mordent, gruppetto, appoggiatura, dan glissando

6. Pemberian ornamen pada kalimat musik perlu disesuaikan dengan jenis musik yang dikreasikan. 

7. Kreasi musik dapat dilakukan dengan menambahkan ornamen, variasi dinamika, dan artikulasi musik.

8. Modifikasi elemen dasar pada musik dapat dilakukan dengan cara :
a. mengubah tonalitas 
b. mengubah metrik 
c. melakukan modifikasi ritmis 

Untuk latihan soal, saya post secara terpisah agar memudahkan dalam belajar teman- teman. Berikut latihan soalnya, 

Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana (Part II) Kreasi Sederhana untuk Vokal. Rangkuman materi unit 1 ini masih akan saya lanjutkan ke unit berikutnya. Tetap semangat belajarnya di AhzaaNet. 

Semoga Bermanfaat.

Salam. 


No comments:

Post a Comment