9/18/2024

Kemendikbudristek Buka Beasiswa ADik Disabilitas 2024, Berikut Syarat, Dokumen dan Cara Daftarnya

Beasiswa afirmasi pendidikan tinggi atau yang disebut juga ADik untuk penyandang disabilitas tahun 2024 sudah mulai dibuka Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ilustrasi Beasiswa/ Source : Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa ADik Disabilitas memungkinkan para mahasiswa penyandang disabilitas dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mendapatkan bantuan biaya seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup. 

Adapun mahasiswa penyandang disabilitas tersebut harus diusulkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDikti) kepada Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek sebagai penyelenggara ADik. 

Beasiswa ADik sudah mulai dibuka mulai 13 September 2024, oleh karena itu, calon pendaftar dapat menghubungi kampus masing- masing hingga tanggal penutupan beasiswa yaitu 27 September 2024 mendatang. 

Pembiayaan Beasiswa ADik 2024
Pembiayaan beasiswa ADik  kepada mahasiswa penyandang disabilitas mencakup : 
  1. Uang Kuliah Tunggal (UKT) 
  2. Biaya hidup yang diberikan setiap tiga bulan sekali dengan syarat mahasiswa memiliki surat keterangan aktif (SKMA) dan kartu rencana studi (KRS) 
  3. Dana kedatangan yang sifatnya lumpsum dengan lampiran data KTP atau KK, surat domisili minimal tingkat RW bagi yang kos atau kontrak rumah serta surat domisili asrama bagi yang tinggal di asrama perguruan tinggi. 
  4. Dana transportasi untuk penerima beasiswa dari Papua 
  5. Dana darurat yang sifatnya at cost. 

Syarat Umum Beasiswa ADik Disabilitas 2024
Pendaftar beasiswa ADik Disabilitas 2024 harus memenuhi ketentuan umum diantaranya :
  1. Lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk perguruan tinggi yang ditetapkan Pusat Layanan Pendidikan (Puslapdik). 
  2. Calon pendaftar memiliki nilai rapor rata- rata minimal 75 untuk enam mapel sesuai jurusan seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi untuk juursan IPA. Kemudian mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, Geografi untuk jurusan IPS serta mapel Matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, antropologi, dan salah satu bahasa asing untuk jurusan bahasa. Bagi lulusan SMK, enam mapel wajib yang menjadi prasyarat adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori dan praktik kejuruan). 
  3. Calon mahasiswa  dinyatakan sehat baik jasmani maupun rohani dengan lampiran surat keterangan dokter yang berwenang. 
  4. Calon pendaftar sudah teregistrasi pada sistem ADik Kemdikbud dan tidak sedang menerima beasiswa yang bersumber dari APBN. 

Syarat Khusus Beasiswa ADik Disabilitas 2024
Sementara itu, syarat khusus dari beasiswa ADik adalah sebagai berikut : 
  1. Calon pendaftar mempunyai tingkat kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena keterbatasan seperti disabilitas fisik, intelektual, mental dan sensorik. 
  2. Mahasiswa yang termasuk dalam penyandang disabilitas harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan telah menempuh perkuliahan maksimal tiga semester. 
  3. Mahasiswa yang mengalami gangguan komunikasi, sosial, emosi, mempunyai surat keterangan status penyandang disabilitas dari dokter THT/ dokter mata/ psikiater/ psikolog dan bagi gangguan gerak, mahasiswa mempunyai surat keterangan dari ahli ortopedi/ ahli pendidikan khusus. 
  4. Mahasiswa juga terdata sebagai mahasiswa aktif di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemendikbudrsitek. 

Cara Mendaftar
Untuk mendaftar, mahasiswa dapat mengajukan syarat- syarat tersebut di atas melalui kampus masing- masing. Mahasiswa dapat mendaftar maksimal dua prodi pada dua perguruan tinggi dan pilihan perguruan tinggi dan prodi menentukan prioritas dalam seleksi. 

Demikian informasi beasiswa ADik Disabilitas 2024. Buat teman- teman yang memenuhi syarat, yuk segara daftar dan lengkapi persyaratannya. Semoga sukses.

Salam. 

No comments:

Post a Comment