9/16/2024

Cara Cetak Kartu Login Sulingjar ANBK 2024 Semua Jenjang Bagi Operator Sekolah

Selain siswa, guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan juga wajib mengisikan survey lingkungan belajar (sulingjar). Sebagai instrumen dalam asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tahun 2024 , sulingjar bertujuan untuk evaluasi dan pemetaan beberapa aspek yang mendukung kualitas pendidikan dalam setiap satuan pendidikan. 



Dalam sulingjar, terdapat beberapa aspek yang mesti diperhatikan diantaranya Iklim kebhinekaan sekolah, iklim keamanan sekolah, indeks sosial ekonomi berdasar latar belakang sosial ekonomi siswa, pengembangan guru, dan kualitas pembelajaran. 

Untuk menjawab pertanyaan survey dalam sulingjar, setiap guru dan kepala sekolah harus memiliki kartu login yang berisikan data seperti nama sekolah, NPSN Sekolah, token, nama responden, NIK dan tanggal lahir. Adapun kartu login survei lingkungan belajar tersebut diperoleh dari operator sekolah. 

Nah, bagaimana cara operator dapat mencetak kartu login tersebut kemudian dibagikan kepada kepala sekolah dan guru- guru dalam satuan pendidikan, berikut caranya 

Langkah pertama, teman- teman masuk ke laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/ Lalu klik tombol login pada bagian kanan atas 



Teman- teman dapat menggunakan akun SSO (Single Sign On) sekolah. Akun ini biasanya digunakan untuk membuka aplikasi seperti Dapodik maupun aplikasi - aplikasi sekolah lainnya. 


Setelah berhasil masuk, teman- teman akan melihat tampilan Dashboard dari Sulingjar. Terdapat notifikasi berisikan informasi Survei Lingkungan Belajar Tahun 2024. Klik Ya, Mengerti jika sudah membacanya. 


Pada bagian Dashboard terdapat informasi berkaitan dengan survey yang sudah diisi dan belum diisi baik oleh kepala sekolah maupun oleh guru. Disini, operator dapat memantau progress pengisian dari survey lingkungan belajar (sulingjar)


Untuk membuka kartu login, teman- teman dapat menuju ke bagian Tabel yang berisikan informasi satuan pendidikan. Kartu login dapat diunduh secara kolektif maupun per individu.  Untuk mengunduh kartu login secara kolektif, bisa klik ikon print.



Sedangkan untuk mengunduh kartu login per individu, dapat mengeklik ikon printer disetiap informasi kepala sekolah atau guru.  


Setelah kartu login diunduh, maka operator sekolah dapat memberikannya kepada yang kepala sekolah maupun guru yang bersangkutan. 

Itulah cara cetak kartu login survey lingkungan belajar (sulingjar) ANBK 2024 semua jenjang bagi teman- teman operator sekolah. 

Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment