9/23/2024

Cara Cek Peserta yang Ikut Remidi UTBK Studi Kasus PPG bagi Guru Tertentu Piloting Tahap 1 Tahun 2024

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk PPG bagi Guru Tertentu Piloting Tahap 1 sudah dilaksanakan. Kini saatnya memantau apakah teman- teman termasuk dalam peserta yang harus remidi atau tidak dalam ujian. Beberapa LPTK penyelenggara malam ini (23/09) sudah mengumumkan para peserta yang terkendala dalam ujian sehingga harus melakukan remidi. 

Kendala UTBK studi kasus biasanta dikarenakan peserta kehabisan waktu mengetik jawaban studi kasus dan peserta terkendala melanjutkan tes pada subtes 2 (studi kasus) hingga akhir jadwal tes. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Lantas, apa yang harus dilakukan teman- teman peserta PPG bagi Guru Tertentu apabila namanya termasuk dalam peserta yang mengalami kendala sehingga harus melakukan remidi dan bagaimana mengeceknya? Berikut penjelasannya. 

Para peserta PPG bagi Guru Tertentu Piloting Tahap 1 yang teridentifikasi terkendala UTBK Studi Kasus, dapat mengecek aplikasi pendafatarannya masing- masing. 

Adapun caranya adalah sebagai berikut : 
  • Peserta masuk ke laman pendafataran UKPPPG di laman  https://ukpppg.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Bilamana di Dashboard UKPPPG teman- teman tidak terdapat notifikasi pengumuman terkait remidial, maka teman- teman dapat dipastikan aman tidak mengikuti remidial test. 
  • Namun apabila terdapat pengumuman terkait remidial, maka dapat melakukan remidial sesuai dengan informasi notifikasi pada akun. 
  • Pengumuman Remidial berbunyi, 

Pengumuman Remidial

Salam Profesi Guru

Berdasarkan hasil pelaksanaan UTBK UKPPPG Piloting 1 Tahun 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 21 - 22 September 2024, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bersama dengan Tim Panitia  Nasional UKPPPG Tahun 2024 akan mengadakan ujian remedial tes subjektif Studi Kasus bagi peserta yang mengalami kendala penyelesaian sub tes studi kasus. 

Anda adalah salah satu peserta yang akan menjalani REMIDIAL Studi Kasus dengan detail pelaksanaan sebagai berikut : 
Tanggal Pelaksanaan : Rabu, 25 September 2024, Pukul 09.00 - 15.00 WIB 
Laman Aplikasi Remidi :  https://remidial-ukpppg.bppp.kemdikbud.go.id/login
Username : ****************
Password : *******

Terima kasih atas semangat Saudara/i dalam mendukung transformasi pendidikan di Indonesia. 

Salam . 

Seperti tertera dalam pengumuman remidial di atas, teman- teman dapat menuju alamat laman remidi di  https://remidial-ukpppg.bppp.kemdikbud.go.id/login dan login menggunakan username dan password yang tercantum. 

Saat berhasil login, dapat mulai mengerjakan soal studi kasus dalam waktu 30 menit. Adapun tes subjektif studi kasus dikerjakan selama 30 menit dan akan dibuka sistemnya pada hari Rabu, 25 September 2024 mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. 

Pada saat dilakukan remedial studi kasus, proses tryout atau simulasi UTBK bagi peserta UKPPPG tidak dapat digunakan sementara. 

Itulah cara cek peserta remidi UTBK Studi Kasus dan hal- hal yang mesti dilakukan apabila ada nama teman- teman terdaftar remidial PPG bagi Guru Tertentu Piloting Tahap 1 Tahun 2024. 

Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment