9/20/2024

Cara Anti Gagal Instal Exambrowser Client PPG bagi Guru Tertentu Tahun 2024/ 2025

Buat teman- teman yang saat ini mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu Tahun 2024, salah satu tahapan agar sebagai syarat kelulusan program tersebut adalah mengikuti Ujian Tertulis. 

Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay

Ujian tertulis merupakan tahap akhir dari pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu dimana setiap peserta wajib mengikuti ujian tertulis sesuai dengan syarat dan ketentuan. Ujian tertulis dilakukan melalui sistem daring domisili.

Beberapa hal yang disiapkan sebelum mengikuti ujian tertulis diantaranya sebagai berikut :
  • Laptop dengan spesifikasi sesuai ketentuan layar minimal 10”, minimal sistem operasi Windows 8/64 bit atau Mac OS versi 10, RAM minimal 2 GB, Storage minimal 10 GB, audio yang berfungsi dengan baik dan baterai laptop  dalam keadaan berfungsi dengan baik
  • Handphone yang terpasang aplikasi Zoom 
  • Koneksi Internet yang stabil 
  • Ruangan yang tenang, nyaman dan pencahayaan yang cukup 
  • Prasarana seperti meja kursi yang bersih dari barang- barang pribadi.
  • Aplikasi Safe Exam Browser (SEB) dan konfigurasinya 
  • Group peserta yang dibuat pengawas. 

Nah, berkaitan dengan aplikasi Safe Exam Browser, beberapa teman melaporkan adanya kendala dalam proses instalasinya. Agar lancar dan tanpa kendala, teman- teman dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini, 

Teman- teman dapat mengunduh aplikasi Exambrowser yang digunakan dalam ujian melalui  https://unduhexam.bppp.kemdikbud.go.id/exam

Cara Antigagal Instalasi Exambrowser PPG bagi Guru Tertentu
Biasanya beberapa device akan menolak atau memblokir ketika instalasi Exambrowser dijalankan. Salah satu kasus, layar akan tampak hitam meskipun file Exambrowser sudah diinstal. Hal tersebut dikarenakan antivirus tertentu memblokir kinerja dari Exambrowser di laptop. 

Langkah penyelesaiannya adalah matikan antivirus terlebih dahulu dan juga matikan Firewall dari laptop. Teman- teman dapat menuju ke bagian settings, pilih Privacy & Security lalu klik Windows Security. Matikan antivirusnya  dan matikan juga Firewall-nya untuk sementara. Yap, sementara, artinya jika ujian sudah selesai, maka teman- teman dapat mengaktifkannya kembali. 



Kembali ke halaman Unduhan, Ekstrak aplikasi Exambrowser yang telah diunduh. 


Teman- teman dapat menggunakan aplikasi ekstraksi seperti WINRAR atau 7Zip. Untuk yang berbayar, pakai WINRAR sedangkan yang freeware, gunakan 7Zip. Oya, gunakan aplikasi ekstraksi versi terbaru ya.. (Disini, saya mencontohkan dengan menggunakan aplikasi WINRAR). 


Setelah di ekstrak, akan muncul folder aplikasi Exam Browser. 


Perjalanan belum berhenti teman- teman, yuk masuk ke dalam isi folder lalu temukan file Exambrowsersetup berekstensi executable (exe) . 



Klik kanan lalu pilih Run as administrator. 


Tunggu sampai ada tampilan checking Exam Browser. Jika semua indikator spesifikasi teknis sudah memberikan tanda centang hijau, teman- teman dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya dengan klik tombol Run. Proses instalasi akan berjalan hingga muncul Halaman Login Tes. 



Sebagai tambahan informasi, pada aplikasi Exambrowser PPG Piloting Guru Tertentu 2024 ini, tidak terdapat adanya indikator kamera. Jadi teman- teman tidak usah risau terhadap hal ini. Pasalnya, dalam Juknis UKPPPG Tahun 2024/ 2025 disebutkan bahwa webcam/kamera pada tes ini bersifat pilihan. Jika di komputer tidak terdapat kamera, maka tes tetap dapat berlangsung dan peserta tetap dapat mengerjakan soal-soal tes.

Cara Menutup Aplikasi Exambrowser
Nah, ketika sudah berhasil membuka Exambrowser hingga ke bagian Login user, teman- teman pasti bingung bagaimana langkah untuk menutupnya. Dalam tampilan Exambrowser, tidak ada tombol close untuk menutup aplikasi seperti pada aplikasi browser umumnya. 

Untuk menutup aplikasi ExamBrowser pada sistem operasi Windows, teman- teman dapat mengkombinasikan tombol pada keyboard, CTRL +C + B secara bersamaan. Ingat yaa, bersamaan...

Tips Mudah Membuka Exambrowser Kembali
Untuk memudahkan ketika akan membuka Exambrowser kembali, teman- teman boleh mengcopy folder Exambrowser ke Dekstop Layar Laptop. Jalankan seperti langkah semula...

Itulah cara anti gagal instal Exambrowser PPG Piloting dalam jabatan bagi guru tertentu tahun 2024. Bagi yang sudah sukses instal Exambrowser PPG guru Tertentu 2024, boleh share di kolom komentar yaa..

Semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment