8/06/2024

Materi PAIBP SMA : Sholat Jumat, Pengertian, Wajib, Sunnah dan Tata Cara Mengerjakannya

Hari Jumat bagi umat Islam adalah penghulu hari (sayyidul ayyam). Hari Jumat pun bagi umat Islam dianggap sebagai hari yang istimewa. Nabi Adam a.s diciptakan pada hari Jumat dan dimasukkan ke dalam surga pada hari yang sama. 

Image by Mario Vogelsteller from Pixabay 

Pada hari Jumat juga nabi Adam a.s dikeluarkan dari surga  menuju bumi. Selain itu, hari kiamat juga terjadi pada hari Jumat. 

Pada hari Jumat, diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan diampuninya dosa- dosa  hingga datang hari Jumat berikutnya. 

Salah satu ibadah yang dilaksanakan pada hari Jumat adalah Sholat Jumat. Apakah sholat Jumat itu, wajibnya dan sunnahnya? Berikut pembahasannya. 

Pengertian Sholat Jumat
Sholat Jumat merupakan sholat dua rakaat yang dilaksanakan pada hari Jumat secara berjamaah setelah khutbah Jumat dan setelah masuk waktu dhuhur. Untuk dapat melakukan sholat Jumat, maka jamaah yang hadir harus berjumlah minimal 40 orang dilaksanakan di masjid yang dapat menampung banyak jamaah. 

Hukum sholat Jumat bagi laki- laki adalah wajib. Hal ini berdasarkan dalil sholat Jumat yang diambil dari Al Quran, as sunnah dan Ijma atau kesepakatan para ulama. Dalam Al Quran Surah Al Jumuah ayat 9 diserukan bahwa agar orang- orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan sholat Jumat, maka untuk bersegera mengingat Allah dan meninggalkan jual beli. 

Sementara itu, nabi juga bersabda melalui hadis Thariq bin Syihab yang berarti "Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, selain atas empat golongan, yakni budak sahaya, wanita, anak kecil atau orang yang sakit." (HR Abu Dawud) 

Yang Diwajibkan Sholat Jumat 
Ada beberapa syarat yang menjadikan siapa saja yang diwajibkan untuk menunaikan sholat Jumat diantaranya : 
  1. Muslim, yang sudah baligh dan berakal. Anak laki- laki yang belum baligh belum mendapatkan kewajiban untuk melaksanakan sholat Jumat, namun bagi anak laki- laki yang sudah mumayyiz (berumur sekitar 7 tahun) maka orang tua atau walinya wajib memerintahkan anak tersebut untuk menghadiri sholat Jumat. 
  2. Laki- laki. Sholat Jumat tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat, namun hukumnya bagi yang menunaikannya adalah mubah. 
  3. Orang yang merdeka. Sholat Jumat wajib bagi orang yang merdeka, bukan budak hamba sahaya. Ada beberapa perbedaan antar ulama berkaitan dengan hal ini. Pasalnya, hamba sahaya atau budak sangat diperlukan tenaganya sehingga mereka tidak akan leluasa untuk melaksanakan sholat Jumat. Akan tetapi apabila tuannya mengizinkan untuk melaksanakan sholat Jumat, maka mereka wajib melaksanakan sholat Jumat karena tidak ada yang menghalangi. 
  4. Orang yang bermukim. Orang yang menetap dan bukan musafir wajib melaksanakan sholat Jumat. 
  5. Orang yang tidak memiliki halangan atau uzur yang dapat mencegahnya untuk melaksanakan sholat Jumat. Jika orang tersebut memiliki halangan, maka dia hanya wajib untuk melaksanakan sholat dhuhur saja. Orang- orang yang memiliki uzur dan diperbolehkan meninggalkan sholat Jumat adalah orang yang memiliki tanggung jawab  keamanan dan kemaslahatan umat, seperti petugas keamanan, dokter dan sebagainya. 
  6. Orang sakit yang tidak memungkinkan menghadiri sholat Jumat dan akan menemui kesulitan untuk melaksanakannya. 

Bagi yang diwajibkan melaksanakan sholat Jumat, namun tidak mengerjakannya dengan uzur syar'i, maka hukum meninggalkan sholat Jumat adalah haram. 

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Malik, Bahwa barangsiapa yang meninggalkan sholat Jumat tiga kali tanpa sebab, maka Allah akan mengunci mata hatinya. (HR Malik) 

Dalam hadis lain diriwayatkan, bahwa barangsiapa yang tidak mengerjakan sholat Jumat tiga kali karena meremehkannya maka Allah akan mengunci mata hatinya. (HR At Tirmidzi). 

Sunnah Sholat Jumat 
Berikut ini beberapa sunnah sholat Jumat yang dapat dilakukan sebelum  dan sesudah sholat JUmat. Beberapa sunnah yang dilakukan diantaranya :
  • Mandi 
  • Memotong kuku 
  • Memakai pakaian yang rapi dan bersih , diutamakan berwarna putih. 
  • Memakai wangi- wnagian 
  • Berdoa ketika keluar rumah. 
  • Segera menuju ke masjid dengan berjalan kaki perlahan- lahan dan tidak banyak bicara 
  • Melangkah dengan kaki kanan ketika masuk ke masjid dan membaca doa. 
  • Melaksanakan sholat tahiyyatul masjid. 
  • I'yikaf sambil membaca al Quran , berdzikir dan bersholawat  ketika khatib belum naik ke mimbar, namun apabila khatib sudah naik ke mimbar, maka wajib menghentikan bacaan dzikir  atau bacaan Al Quran dan mendengarkan khutbah Jumat. 

Sementara itu, sunnah- sunnah yang dilakukan setelah sholat Jumat adalah sebagai berikut :
  • Membaca dzikir
  • Mengerjakan sholat sunnah bakdiyah Jumat saat di masjid atau ketika telah berada di rumah. 

Tata Cara Sholat Jumat 
Niat Sholat Jumat
Niat sholat Jumat dibaca dengan lafadz, Usholli fardholjum'ati rok'ataini mustaqbilal qiblati  adaan lillaahi ta'ala yang artinya Aku niat sholat fardhu jumat dua rakaat menghadap kiblat mengikuti imam karena Allah Ta'ala. 

Setelah membaca niat, maka dilaksanakan sholat dengan rukun- rukun seperti biasa seperti halnya sholat lainnya. Pelaksanaan sholat Jumat sama seperti sholat- sholat lainnya, yang membedakannya adalah niatnya. 

Permasalahan dalam Sholat Jumat 
Wanita yang sholat di rumah
Wanita tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat, namun diperbolehkan untuk mengikuti sholat Jumat di masjid. Apabila wanita sholat sendiri di rumahnya maka ia sholat dhuhur, sebagaimana laki- laki yang tidak bisa mengikuti sholat Jumat. 

Makmum masbuk dari sholat Jumat 
Makmum masbuk atau makmum yang tertinggal dari sholat Jumat yang masih mendapatkan rakaat imam, maka ia dapat menggenapi rakaat yang kurang. Seseorang dianggap mendapatkan rakaat imam jika mendapatkan ruku'  bersama imam. Namun apabila ia sudah tidak mendapatkan rakaat imam, maka ia melakukan shalat empat rakaat  yaitu shalat dhuhur, karena ia kehilangan jamaah yang merupakan syarat dari sholat Jumat. 

Demikian beberapa hal yang mesti diketahui tentang sholat Jumat. Semoga pembahasan ini dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya materi sholat Jumat di jenjang SMA. Semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment