8/16/2024

Aplikasi RKAS (ARKAS) Versi Terbaru 4.2.3 telah Rilis, Berikut Pembaruan yang Dilakukan dan Cara Update

Aplikasi RKAS (ARKAS) versi terbaru 4.2.3 telah rilis per tanggal 16 Agustus 2024. Beberapa pembaruan fresh ditambahkan pada aplikasi RKAS (ARKAS) versi terbaru 4.2.3 ini diantaranya  adanya notifikasi pembaruan aplikasi saat terkoneksi dengan internet. Pada aplikasi RKAS versi 4.2.3, terdapat pula penyesuaian tampilan huruf pada panduan. Penyesuaian ini akan membuat tampilan ukuran huruf pada ARKAS 4.2.3 dapat terbaca dengan jelas. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Versi ini juga memungkinkan setiap satuan pendidikan (satpen) jenjang pendidikan PAUD dan kesetaraan dalam melakukan penganggaran serta penatausahaan untuk sumber dana SiLPA BOS Kinerja tahun anggaran 2024. 

Nah, satu lagi yang menjadi pembaruan pada sistem ARKAS 4.2.3, yaitu adanya perubahan tampilan saat pengguna melakukan klik tambah pembelanjaan. Pada versi aplikasi RKAS (ARKAS) terbaru ini, langkah disederhanakan menjadi dua yang sebelumnay ada tiga langkah dalam mendukung pembaruan integrasi ARKAS SIPLah. Adapun pencatatan pembelanjaan SIPLah akan muncul secara otomatis di BKU setelah melalui HPP yang akan dirilis pada 20 Agustus 2024. 

Cara Update ARKAS 4.2.3
Untuk melakukan pembaruan ARKAS versi 4.2.3, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu
  1. Pastikan koneksi internet baik dan lancar.  
  2. Buka aplikasi RKAS (ARKAS) dan klik menu "perbarui aplikasi" pada ARKAS 4 
  3. Tunggu hingga proses update selesai. 
  4. Apabila update secara online melalui menu "Perbarui Aplikasi" tidak berhasil, maka dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan mengunduh kembali installer ARKAS versi 4.2.3 melakukan instalasi ulang pada perangkat. Namun sebelumnya, lakukan uninstal aplikasi ARKAS  versi sebelumnya terlebih dahulu. 
  5. Proses unduh dapat dilakukan melalui tautan s.id/unduharkas4


Sebagai tembahan informasi, aplikasi RKAS (ARKAS) terbaru versi 4.2.3 ini menyempurnakan versi sebelumnya yaitu versi 4.2.2 yang dirilis pada 17 Juli 2024 yang lalu. Pada versi tersebut, terdapat pembaruan berupa penyesuaian ARKAS 4 untuk mengakomodir isu BKU BOSP Reguler tahun 2023. 

Demikian informasi tentang update pembaruan aplikasi ARKAS versi terbaru 4.2.3 yang dirilis seharti menjelang peringatan hari Kemerdekaan RI ke -79. Buat teman- teman yang bertigas menangani ARKAS di sekolah, yuk segera lakukan update ARKAS versi terbaru 4.2.3 ini. 

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment