7/26/2024

Persiapan Simulasi Asesmen Nasional (AN) 2024 Jenjang SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat, Ini Langkah- Langkah yang Mesti dilakukan

Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 untuk jenjang SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat akan segera dilaksanakan. Rencananya, jadwal sinkronisasi simulasi akan dilangsungkan pada tanggal 3 sampai 4 Agustus 2024 dan pelaksanaan simulasi sendiri akan dilakukan pada tanggal 5 hingga 8 Agustus 2024. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Berkaitan dengan persiapan simulasi ANBK jenjang SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat (termasuk Paket B/C, PKPPS Wustha/Ulya, SMALB dan SMPLB) tersebut, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan oleh proktor. Berdasarkan informasi dari web anbk kemdikbud, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan diantaranya : 
  • Memperbaharui data infrastruktur, proktor utama dan teknisi
  • Memilih status dan moda pelaksanaan
  • Mengisi rincian komputer proktor, klien, dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor

Adapun simulasi yang dilakukan menggunakan data dummy dan hanya dilakukan untuk satuan pendidikan mandiri. Simulasi juga diikuti oleh proktor dan teknisi, sementara untuk siswa boleh dilibatkan namun tidak wajib. 

Informasi tambahan lainnya, bagi seluruh satuan pendidikan (SMA sederajat, SMK Sederajat, SMP Sederajat, SD Sederajat, PAKET A/B/C Sederajat, dan SLB) silahkan segera melakukan:
  • Pembaharuan data infrastruktur, proktor utama dan teknisi
  • Memilih status dan moda pelaksanaan
  • Mengisi rincian komputer proktor, klien, dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor pada menu Asesmen Nasional - Komputer Proktor
  • Menentukan Gelombang dan sesi (bagi sekolah yang sudah terbit DNT nya)

Jadwal Kegiatan Pendataan AN 2024 Jenjang SMA, SMK dan Paket C
Salah satu langkah awal dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2024 adalah pendataan AN. Untuk jenjang SMA, SMK, SMLB dan Paket C (sederajat), proses pendataan dimulai dengan impor data calon peserta AN yang sudah dimulai. Proses impor data ini akan berakhir pada tanggal 26 Juli 2024. 

Tahapan selanjutnya, akan dilakukan proses sampling dan cetak Data Nominasi Sementara (DNS) yang berakhir pada tanggal 29 Juli 2024. Proses penomoran peserta dan cetak DNT akan dilakukan setelah proses sampling dan cetak DNS yang dibatasi hingga tanggal 2 Agustus 2024. 

Ada dua tahapan pemeliharaan yang dilakukan oleh provinsi dan pemeliharaan pusat yang keduanya dilakukan secara berurutan yaitu tanggal 4 Agustus dan 5 Agustus 2024. 

  • Impor Data Calon Peserta :  s.d 26 Juli 2024 
  • Proses Sampling dan Cetak DNS : S.D 29 Juli 2024 
  • Proses Penomoran peserta dan Cetak DNT : s.d 2 Agustus 2024 
  • Pemeliharaan Provinsi : s.d 4 Agustus 2024 
  • Pemeliharaan Pusat : 5 Agustus s.d selesai

Demikian informasi guru tentang persiapan ANBK Tahun 2024 yang akan segera dilaksankan. Buat teman- teman proktor dan teknisi, yuk segera lakukan langkah - langkah teknis seperti instruksi yang disebutkan. 

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment