7/15/2024

Langkah Mudah Impor Biodata Peserta Asesmen Nasional (AN) 2024 Jenjang SMA, SMK, dan Program Paket C

Proses pendataan Asesmen Nasional (AN) tahun 2024 untuk jenjang SMA, SMK, dan Paket C (sederajat) sudah dalam tahapan impor data calon peserta. Rencananya, proses impor data calon peserta Asesmen Nasional (AN) tahun 2024 tersebut akan dilaksanakan hingga tanggal 26 Juli 2024 mendatang. Tahapan tersebut kemudian akan dilanjutkan dengan proses sampling dan cetak DNS serta penomoran peserta dan cetak DNT di bulan Agustus 2024. 

Image by Dominic Alberts from Pixabay 

Data yang diimpor berasal dari PDDATA dengan beberapa data yang valid yaitu Nama Siswa, Tempat Tanggal Lahir, Id Semester, Jenis Kelamin, Tingkatan kelas, NISN, Kelas paralel/ rombel, Program Studi/ Kompetensi Keahlian, Bentuk Rombel dan Jenis Ketunaan

Kriteria data yang valid harus memperhatikan kesesuaian dengan data induk  seperti NISN dan Rombongan Belajar. Bagi peserta didik yang terdidentifikasi memiliki identitas yang sama dengan data induk, maka dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut : 
  • Pengajuan perbaikan NISN 
  • Penerbitan NISN baru 
  • Pengeluaran Data Siswa 
Merger data PD dan lakukan perbaikan data untuk PD yang belum terbit NISN. Berkaitan dengan hal tersebut, input data manual harus dihindari dan pastikan melakukan tarik data untuk PD Mutasi atau melanjutkan. 

Bagi peserta didik yang tercatat lebih dari satu rombongan kelas di sekolah yang sama atau peserta didik yang tercatat lebih dari satu sekolah, maka harus memastikan PD hanya tercatat di dalam 1 rombel kelas dan dapat melakukan pengeluaran untuk PD yang tercatat dari satu sekolah. 

Nah, bagi satuan pendidikan yang sudah "valid" data peserta didiknya, maka dapat langsung melakukan impor data pada laman pendataan asesmen nasional. 

Laman pendataan asesmen nasional tahun 2024 ini sudah dipusatkan pada laman web https://bioportal.kemdikbud.go.id yang sebelumnya, laman pendataan dibedakan berdasarkan jenjang satuan pendidikan. 

Cara Impor Data BIOAN 2024
Untuk melakukan impor data asesmen nasional (AN) 2024, ada beberapa langkah yang dilakukan, yaitu : 
Buka laman pendataan asesmen nasional 2024 di https://bioportal.kemdikbud.go.id 

Masukkan username dan password. 


Ketentuan username BIOAN
username sekolah untuk jenjang SMA dan SMK menggunakan ketentuan sebagai berikut : 
SMA = U+kode singkat provinsi+kode prov+Kode kab kota+kode sekolah
SMK = K+kode singkat provinsi+kode prov+Kode kab kota+kode sekolah

MA = U+kode singkat provinsi+kode prov+Kode kab kota+kode sekolah+M
MAK = K+kode singkat provinsi+kode prov+Kode kab kota+kode sekolah+M

Untuk password, silahkan berkoordinasi dengan pihak operator dinas untuk resetting ulang password satuan pendidikan. 

Saat pertama kali login, maka teman- teman akan dihadapkan dengan setting ulang Password, lalu biodata admin. 

Dashboard BIOAN
Sebagai contoh, saya login memakai satpen SMK. Pada Dashboard BIOAN, terdapat dua menu, yaitu Statistik & Rekap dan Biodata Siswa. Untuk melakukan impor data, teman- teman dapat mengeklik pada Biodata Siswa. 


Pada Dashboard BIOAN SMK, bisa memilih import biodata. Impor Biodata merupakan suatu proses penarikan biodata peserta dari server integrasi ke laman BIOAN. 



Pada tab impor Biodata, terdapat notifikasi yang menunjukkan informasi dari sekolah teman- teman. Pilih semester untuk data yang akan diimpor. 


Pilihan 20232 menunjukkan tahun ajaran 2023 semester 2, dan pilihan 20241 menunjukkan tahun ajaran 2024 semester 2. Lakukan impor data dengan klik tombol bagian kanan. 



Setelah berhasil, silahkan kembali ke Dashboard awal lalu lihat Statistik dan Rekap data. Data yang berhasil diimpor akan muncul pada halaman tersebut. 

Linimasa Pendataan Peserta Asesmen Nasional (AN) 2024 Jenjang SMA, SMK, Program Paket C
  • Impor Data Calon Peserta :  s.d 26 Juli 2024 
  • Proses Sampling dan Cetak DNS : S.D 29 Juli 2024 
  • Proses Penomoran peserta dan Cetak DNT : s.d 2 Agustus 2024 
  • Pemeliharaan Provinsi : s.d 4 Agustus 2024 
  • Pemeliharaan Pusat : 5 Agustus s.d selesai

Demikian cara impor data Peserta Asesmen Nasional (AN) 2024 Jenjang SMA, SMK, Program Paket C. Semoga Bermanfaat. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment