7/16/2024

Aplikasi Dapodik 2025 Telah Dirilis Resmi, Berikut Pembaruan yang Dilakukan

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah merilis aplikasi Dapodik versi 2025. Aplikasi tersebut merupakan pembaruan terbaru untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2024/ 2025 di bidang Pendidikan Anak usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Menengah, Khusus dan Kesetaraan. 

Gambar oleh Joseph Mucira dari Pixabay

Pendataan peserta didik semester 1 tahun ajaran 2024/ 2025 diprioritaskan dengan status naik kelas untuk siswa jenjang sebelumnya kemudian baru dilakukan pengisian data peserta didik baru dan isian partisipasi BOSP. 

Berdasarkan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petujuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, pengisian kondisi riil di setiap satuan pendidikan dilakukan paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran sebelumnya. Hal tersebut selaras dengan Permendukbudristek nomor 47 tentang Standar Pengelolaan pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah khususnya pada pasal 8 yang menyebutkan bahwa satuan pendidikan menetapkan jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar dan jumlah rombongan belajar pada setiap satuan pendidikan. 

Pembaruan pada Aplikasi Dapodik 2025 
Berdasarkan laman Dapodik Kemdikbud, ada pembaruan dan perbaikan yang terdapat pada Aplikasi Dapodik versi 2025. 

Pembaruan yang pertama dari Aplikasi Dapodik 2025 berupa penambahan proses bisnis dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka. Pada fitur ini penambahan proses dapat dilakukan secara bertahap atau serentak). Pembaruan selanjutnya adalah adanya fitur penambahan atribut jabatan GTK di Penugasan GTK. 

Pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2025 juga menyasar pada penambahan fitur penginputan nomor ijazah dan nomor Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) bagi peserta didik yang telah lulus. Selain itu terdapat pula fitur penambahan validasi usia peserta didik di jenjang kesetaraan (PKBM dan SKB). 

Berkaitan dengan pencegahan tindak korupsi, ada pula fitur pembaruan pada perubahan instrumen Pendidikan Anti Korupsi (PAK) yang terdapat pada menu Beranda. 

Aplikasi Dapodik versi 2025 juga melakukan beberapa perbaikan diantaranya berkaitan dengan fitur salin penugasan yang saat ini dapat dilakukan penonaktifan secara otomatis oleh sistem pada fitur salin penugasan di menu GTK. 

Perbaikan dilakukan juga pada fitur kenaikan kelas, dimana dapat dilakukan penonaktifan fitur kenaikan kelas di menu Rombongan Belajar untuk satuan pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025. 

Selain itu dilakukan perbaikan penginputan format NIK pada formulir peserta didik dan GTK, perbaikan profil guru di menu GTK, validasi jumlah peserta didik per rombongan belajar  yang sesuai Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023, validasi jumlah rombongan belajar paralel yang sesuai Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023, validasi jumlah jam maksimal Praktik Kerja Lapangan (PKL) di jenjang SMK, dan validasi usia peserta didik berkebutuhan khusus di jenjang PAUD. 

Isian riwayat jabatan pendidik/ tenaga kependidikan juga diperbaiki pada Aplikasi Dapodik 2025 yaitu berkenaan dengan penonaktifan isian riwayat jabatan pendidik/tenaga kependidikan, riwayat jabatan fungsional, dan kompetensi pada menu data rinci GTK. 

Terakhir, perbaikan terupdate adalah berkaitan dengan penyesuaian referensi mata pelajaran di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Penyesuaian referensi mata pelajaran di berbagai jenjang tersebut sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024. 

Demikian informasi pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru, 2025. Buat teman- teman operator sekolah, yuk segera unduh lalu lakukan instalasi Aplikasi Dapodik versi 2025 pada perangkat yang digunakan. Link Unduh sudah tersedia di laman https://dapo.kemdikbud.go.id/

Salam satu data.

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment