6/04/2024

Versi Terbaru Aplikasi RKAS (ARKAS) 4.2.0 telah Rilis, Yuk Cek Pembaruannya

Versi terbaru Aplikasi RKAS (ARKAS) telah dirilis per 3 Juni 2024 lalu. Saat ini aplikasi untuk pengelolaan dana BOS tersebut telah terupdate ke versi terbaru yaitu ARKAS versi 4.20. Pada aplikasi ARKAS versi 4.20, kita dapat menemukan dua pembaruan yaitu berkaitan dengan pencatatan BOSP PAUD Reguler pada satuan pendidikan jenjang kesetaraan dan penambahan validasi pada tutup buku. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Pembaruan ARKAS 4.2.0
Berdasarkan laman resmi ARKAS Kemdikbud, catatan rilis versi 4.20 mencakup dua pembaruan yaitu : 
  1. Satuan pendidikan jenjang Kesetaraan yang mendapatkan BOSP PAUD Reguler dapat melakukan pencatatan BOSP PAUD Reguler di ARKAS 4
  2. Penambahan validasi pada proses tutup BKU → Tutup BKU tidak bisa dilakukan sebelum bulan dan tahun anggaran berjalan (contoh: BKU Juni 2024 tidak bisa ditutup pada bulan Mei 2024)

Rilis aplikasi RKAS (ARKAS) versi 4.20 telah menyempurnakan rilis update versi sebelumnya yaitu versi 4.19 yang dilaunching pada 29 April 2024. Pada versi sebelumnya, pembaruan yang dilakukan mencakup perbaikan penghitungan nominal pada laporan Rekapitulasi Realisasi untuk saldo periode sebelumnya dan akhir saldo BOSP Periode saat ini, perbaikan menyeluruh kode BKU 2024 yang tidak berurutan dari bulan Januari, perubahan tenggat waktu pada sistem ARKAS 4 untuk penganggaran serta penatausahaan Sumber Dana Lainnya menjadi 31 Desember T+1, dan perubahan konfigurasi pengambilan data referensi sumber dana BOSP Kinerja serta SiLPA BOSP Kinerja. 

Tentang Aplikasi RKAS (ARKAS) 
Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Hal tersebut sesuai dengan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Mulai 7 Agustus 2023, aplikasi RKAS (ARKAS) telah melakukan penyempurnaan ke versi 4, dimana versi tersebut mengusung tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman. Pemutakhiran ARKAS 4 mendukung proses penganggaran dan pelaporan dana BOS secara lebih efektif dan lebih akurat serta transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS semakin terjamin. 

Itulah tentang update ARKAS versi 4.2.0. Update aplikasi akan secara otomatis dilakukan ketika aplikasi dibuka. Semoga bermanfaat.

Salam.  

No comments:

Post a Comment