6/05/2024

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Asesmen Sumatif Harian/ Penilaian Harian IPAS Kelas 3 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Ayo, Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup (Part III)

Hai sahabat AhzaaNet, selamat datang kembali untuk belajar bersama kami. Masih dengan materi IPAS kelas 3 SD/ MI semester 1 bab 2 Ayo, Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup, kita lanjutkan ke bagian ketiga dari materi tersebut yaitu topik C tentang Metamorfosis, Perubahan Bentuk Makhluk Hidup. Materi IPAS bab 2, untuk bagian pertama dan kedua dapat dipelajari pada posting sebelumnya. 



Photo by Henry Be on Unsplash


Seperti biasa, materi sudah lengkap dengan adanya rangkuman materi sebagai bahan belajar dan latihan soal untuk dikerjakan. Semua soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan teman- teman dalam belajar. 

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya, 

Selamat belajar....

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Asesmen Sumatif Harian/ Penilaian Harian IPAS Kelas 3 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Ayo, Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup (Part III) 

1. Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami dari telur hingga dewasa. 

2. Metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis sempurna
- Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami empat tahapan pertumbuhan dalam daur hidupnya. 
Adapun tahapannya adalah sebagai berikut : telur – larva – pupa (kepompong) – dewasa (imago).
- Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah tawon, kupu- kupu, lalat, kumbang, nyamuk, lebah, ngengat, semut. 

b. Metamorfosis tidak sempurna
- Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya mengalami tiga tahapan dalam daur hidupnya. Tahapan dalam metamorfosis tidak sempurna yaitu telur – nimfa – dewasa (imago)
- Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, jangkrik, capung, rayap, kepik, walang sangit, dan kecoa

2. Daur Hidup Hewan
a. Serangga
- Kupu- kupu
Tahapan awal daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur kemudian berubah menjadi ulat. Ulat kemudian akan berubah menjadi pupa atau kepompong. Masa kepompong akan berlangsung selama berhari-hari. Apabila telah cukup sempurna, maka kupu-kupu dewasa pun keluar dari kepompong dan siap untuk terbang.
- Lalat
Daur hidup lalat dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, dan pupa tumbuh menjadi lalat muda dan selanjutnya menjadi lalat dewasa.
- Tawon
Daur hidup tawon dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, selanjutnya pupa tumbuh menjadi lalat muda dan kemudian menjadi lalat dewasa.
- Kumbang
Daur hidup kumbang dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, dan pupa tumbuh menjadi kumbang muda dan selanjutnya menjadi kumbang dewasa.
- Kecoa
Daur hidup kecoa dimulai dari telur yang menetas menjadi nimfa. Nimfa merupakan hewan muda yang menyerupai hewan dewasa. Kecoa muda memiliki tubuh yang lebih kecil dan belum muncul sayapnya. Kecoa muda kemudian akan tumbuh menjadi kecoa dewasa dengan berkali- kali mengalami pergantian kulit (eksidis)
- Belalang
Belalang melewati 3 tahapan metamorfosis yang dimulai dari telur, kemudian telur tersebut menetas menjadi nimfa atau bayi belalang. Bayi belalang akan mengalami pergantian kulit hingga menjadi belalang dewasa yang bersayap.
- Nyamuk
Daur hidup nyamuk dimulai dari telur yang menetas menjadi jentik- jentik nyamuk. Jentik- jentik kemudian berubah menjadi pupa. Selanjutnya pupa berubah menjadi nyamuk muda yang kemudian tumbuh menjadi nyamuk dewasa

b. Katak
Katak termasuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Hal tersebut dapat dilihat pada bentuk kecebong yang sangat berbeda dengan bentuk katak ketika dewasa. Tahapan awal dari metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur yang kemudian akan menetas menjadi berudu atau kecebong. Berudu hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Setelah beberapa lama, berudu mengalami perkembangan yaitu memiliki dua kaki. Kaki kecebong yang berjumlah semakin bertambah dibarengi tubuh kecebong yang ikut mengalami perubahan, sehingga menjadi katak kecil. Katak kecil  memiliki ukuran ekor yang lebih pendek (menyusut) dibandingkan pada saat masih berudu. Katak kecil pun berkembang menjadi katak dewasa yang dapat hidup di air dan di darat dengan alat pernafasan berupa kulit dan paru- paru. 

Latihan Soal Asesmen Sumatif Harian/ Penilaian Harian IPAS Kelas 3 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Ayo, Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup (Part III) 

1. Perubahan bentuk yang dialami dari telur hingga dewasa disebut ....
a. fotosintesis 
b. metamorfosis 
c. mimikri 
d. siklus hidup 


2. Pernyataan berikut ini yang tepat tentang metamorfosis sempurna adalah .... 
a. metamorfosis sempurna mengalami satu tahapan pertyumbuhan dalam daur hidup 
b. metamorfosis sempurna mengalami dua tahapan pertumbuhan dalam daur hidup
c. metamorfosis sempurna mengalami tiga tahapan pertumbuhan dalam daur hidup
d. metamorfosis sempurna mengalami empat tahapan pertumbuhan dalam daur hidup


3. Terjadi tahapan metamorfosis seperti berikut ini, 
telur – (a) – pupa (kepompong) – dewasa .

Bagian yang ditunjukkan oleh huruf a adalah ....
a. nimfa 
b. larva 
c. imago 
d. bayi 


4. Berikut ini contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah ....
a.  belalang, jangkrik, capung
b. tawon, kupu- kupu, lalat 
c. kumbang, kecoa, walang sangit 
d. capung, rayap, nyamuk 


5. Jumlah tahapan yang terjadi dalam daur hidup hewan pada metamorfosis tak sempurna adalah ....
a. 1 tahapan 
b. 2 tahapan 
c. 3 tahapan 
d. 4 tahapan 


6. Perhatikan tahapan metamorfosisi tak sempurna berikut ini, 
telur – (a) – dewasa

Bagian yang ditunjukkan oleh huruf a pada tahapan metamorfosis tak sempurna di atas adalah ....
a. nimfa 
b. larva 
c. imago 
d. bayi 


7. Berikut ini yang termasuk kelompok hewan yang mengalami metamorfosis tak sempurna adalah ....
a. walang sangit, lalat, kumbang 
b. kumbang, nyamuk, lebah 
c. belalang, jangkrik, capung 
d. tawon, kumbang, ngengat 


No comments:

Post a Comment