6/18/2024

Capaian Pembelajaran (CP) PAUD Fase Fondasi Menurut Keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024: Penyusunan, Karakteristik CP dan Elemen CP PAUD Fase Fondasi

Capaian Pemeblajaran (CP) PAUD disebut juga sebagai fase fondasi yang meliputi pendidikan anak usia dini pada taman kanak- kanak, raudhatul athfal, kelompok bermain, taman penitipan anak atau bentuk lain yang sederajat. 

Capaian Pembelajaran dalam satuan Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) berguna dalam merancang pembelajaran yang dibutuhkan oleh anak usia dini sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar. Melalui Capaian Pembelajaran, dapat tercipta kerangka pembelajaran yang dapat mengarahkan pendidikan PAUD dalam membangun nilai- nilai, pengetahuan dan keterampilan yang berguna sebagai landasan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Gambar oleh joduma dari Pixabay

Pertimbangan Rasional Penyusunan CP PAUD
Pada jenjang PAUD, Capaian pembelajaran (CP) disebut juga sebagai fase fondasi dimana dalam penyusunannya memperhatikan beberapa pertimbangan rasional diantaranya sebagai berikut : 
  1. CP mencerminkan nilai karakter pada profil pelajar Pancasila serta kompetensi dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk anak usia dini. 
  2. CP dirumuskan sebagai suatu nilai dan kompetensi untuk dicapai pada akhir partisipasi anak di satuan PAUD dan oleh karena itu, tidak perlu dikunci menjadi capaian per usia. 
  3. CP fase fondasi mempertimbangkan kemampuan yang perlu dimiliki anak untuk masa transisi dari PAUD ke SD yang terdiri atas enam kemampuan diantaranya :
  • nilai agama dan budi pekerti 
  • kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar 
  • keterampilan sosial dan bahasa 
  • pemaknaan terhadap belajar yang positif 
  • pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri 
  • kematangan kognitif untuk kegiatan belajar mengajar 

Karakteristik lingkup CP Fase Fondasi 
Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi memuat sejumlah kompetensi yang dapat dianggap sama dengan sejumlah mata pelajaran yang ada pada jenjang pendidikan di atasnya. Capaian Pembelajaran bagi anak usia dini perlu membangun enam aspek perkembangan seperti nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan nilai Pancasila. Aspek perkembangan tersebut selanjutnya disusun menjadi tiga elemen di dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yang dirumuskan secara terkait. 

Karakteristik pada pembelajaran PAUD adalah sebagai berikut :
  • Interaksi dengan anak yang mencerminkan rasa menghargai dan menghormati anak.
  • Kegiatan pembelajaran dirancang untuk mendorong rasa ingin tahu anak dan memberikan pengalaman yang menyenangkan agar tercapainya tujuan pembelajaran. 
  • Perancangan kegiatan pembelajaran memperhatikan laju perkembangan, minat, dan kebutuhan anak yang berbeda.
  • Penyusunan tujuan pembelajaran mampu memunculkan tantangan bagi anak.
  • Pencapaian tujuan pembelajaran dilakukan dengan pemberian bimbingan dan dukungan pada anak.  
  • Pencapaian tujuan pembelajaran dilakukan melalui kemitraan dengan keluarga.  
  • Pemanfaatan lingkungan dan teknologi sebagai sumber belajar. 
  • Pelaksanaan asesmen selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya. 
  • Penerapan asesmen dilakukan dengan cara autentik (mengamati perilaku/kemampuan anak secara alami dan apa adanya yang ditampilkan anak), sehingga lebih adil dalam mendokumentasikan perilaku dan kemampuan yang teramati. 

Capaian Pembelajaran (CP) PAUD
Berdasarkan Keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024 tanggel 11 Juni 2024, Ada tiga elemen yang saling berkaitan yang kemudian dirumuskan sebagai Capaian Pembelajaran Fase Fondasi diantaranya :
  1. Pertama, nilai Agama dan Budi Pekerti, yaitu anak mengenal konsep Tuhan Yang Maha Esa, mengenal kebiasaan praktik ibadah agama atau kepercayaannya seperti menjaga kebersihan, kesehatan, dan keselamatan diri. Selain itu anak juga dapat menghargai diri, sesama manusia dengan berbagai perbedaannya melalui perilaku yang baik dan berakhlak mulia serta menghargai alam sebagai bentuk syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Kedua, Jati Diri, yaitu kemampuan anak mengenali identitas diri, mampu menggunakan fungsi gerak seperti motorik kasar, halus dan taktil, memiliki kematangan emosi dan sosial di lingkungan belajarnya.
  3. Ketiga, Dasar- dasar literasi, Matematika, Sains, Teknologi Rekayasan dan Seni, yaitu kemampuan anak dalam mengenali dan memahami berbagai informasi serta mengkomunikasikan perasaan dan pikirannya baik secara lisan, tulisan maupun berbagai media. 

Itulah tentang Capaian Pembelajaran (CP) PAUD Fase Fondasi Menurut Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024. Buat teman - teman yang membutuhkan lampiran salinan dari keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024 tanggal 11 Juni 2024, dapat mengunduh melalui tautan berikut ini, 


Semoga Bermanfaat.

Salam

No comments:

Post a Comment