6/25/2024

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar- Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) Fase F SMK/ MAK Sesuai Lampiran Keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) merupakan salah satu jurusan atau program studi SMK yang diminati saat ini. Jurusan yang sebelumnya disebut teknik Jaringan dan Komputer ini membekali peserta didik dengan dua keterampilan baik hard skill maupun soft skill. 

Tujuan TJKT
Salah satu tujuan dari jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) adalah dimana siswa dapat mendalami bagaimana proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi serta memahami perkembangan teknologi pada bidang tersebut. Selain itu dipandang dari segi profesi dan kewirausahaan, siswa dapat memiliki peluang usaha dalam bidang yang digeluti. Siswa juga dapat memahami K3LH di lingkungan kerjanya dan memahami tentang dasar, media serta menerapkan prinsip dasar pengukuran dalam teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Jurusan SMK terpopuler
smk bisa !
Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TJKT) merupakan jurusan yang kompetensi dasarnya diterapkan dalam berbagai profesi diantaranya admin database, analis sistem komputer, dosen ilmu komputer, peneliti, perancang jaringan komputer, perancang sistem komputer serta profesi lainnya yang sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu, beberapa kompetensi dalam jurusan TJKT berkaitan dengan aspek lainnya misalnya proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu- isu global, entrepreuner profile, job- profile, peluang usaha dan pekerjaan/ profesi. 

Dipandang dari soft skill yang diaplikasikan pada mapel Dasar- Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, ada beberapa keterampilan yang dapat membangun etos kerja seperti komunikasi, critical thinking, kolaborasi dan kreativitas. Hal ini tentunya dapat menjadi dasar pengembangan hard skill dalam memecahkan masalah- masalah yang berkaitan dengan bidang TJKT seperti menginstalasi, memelihara dan menangani gangguan (trouble shooting). 

Elemen Dasar- Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT)
Berdasarkan Keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024, Mata pelajaran Dasar- Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi memiliki beberapa elemen dengan deskripsi di tiap elemennya, diantaranya sebagai berikut :

Elemen Proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Meliputi aktivitas pekerjaan pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, meliputi customer handling, perencanaan, analisis kebutuhan pelanggan, strategi implementasi (instalasi, konfigurasi, monitoring), dan pelayanan pelanggan. 

Elemen Perkembangan teknologi di bidang teknik jaringan komputer dana telekomunikasi, meliputi perkembangan teknologi terkini pada perangkat teknik jaringan komputer dan telekomunikasi termasuk Sistem Seluler Generasi ke-5, Sistem Gelombang Mikro, IPV6, Serat Optik, IoT, Data Centre, Cloud Computing, dan Information Security. 

Elemen profesi dan Kewirausahaan (job-profile dan technopreneur) di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, mencakup jenis-jenis profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneur), personal branding serta peluang usaha di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Elemen K3LH dan budaya kerja industri, mencakup penerapan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktikpraktik kerja yang aman, bahayabahaya di tempat kerja, prosedurprosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri 5R, termasuk pencegahan kecelakaan kerja di tempat tinggi dan prosedur kerja di tempat tinggi (pemanjatan).

Elemen Dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, meliputi pemahaman dasar penggunaan dan konfigurasi peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi.

Elemen Media dan jaringan telekomunikasi, meliputi pemahaman prinsip dasar sistem IPV4/IPV6, TCP/IP, layanan infrastruktur jaringan, sistem keamanan jaringan telekomunikasi, sistem seluler, sistem gelombang mikro, sistem VSAT IP, sistem optik, dan sistem WLAN. 

Elemen Penggunaan alat ukur, meliputi pemahaman tentang jenis dan pemeliharaan alat ukur dalam teknik jaringan komputer dan sistem telekomunikasi.

Capaian Pembelajaran (CP) TJKT 
Sementara itu, Capaian Pembelajaran (CP) TJKT dijabarkan dari setiap elemen yang disebutkan di atas, diantaranya sebagai berikut : 
Proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Peserta didik mampu memahami proses perencanaan, implementasi, pelayanan pelanggan, dan budaya mutu pada bisnis di bidang teknik komputer dan telekomunikasi. 

Perkembangan teknologi di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi pada perangkat teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. 

Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneur) di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Peserta didik mampu memahami personal branding, jenis-jenis profesi, serta peluang usaha di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan. 

K3LH dan budaya kerja industri, Peserta didik mampu menerapkan budaya kerja industri dan K3LH pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. 

Dasar-dasar teknik jaringan komputer, Peserta didik mampu menerapkan dasar penggunaan dan konfigurasi dan telekomunikasi peralatan/teknologi di bidang jaringan
komputer dan telekomunikasi.

Media dan jaringan telekomunikasi, Peserta didik mampu menerapkan berbagai media dalam membangun jaringan pada teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Penggunaan alat ukur, Peserta didik mampu menerapkan penggunaan dan pemeliharaan alat ukur untuk seluruh jaringan komputer dan sistem telekomunikasi. 

Demikian Capaian Pembelajaran (CP) Dasar- Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) Fase F SMK/ MAK Sesuai Lampiran Keputusan BSKAP Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024 tanggal 11 Juni 2024. Buat teman- teman yang ingin mengunduhnya, bisa melalui tautan berikut ini, 

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment