Hai sahabat Ahzaa, kita lanjutkan lagi yaa belajarnya dengan materi Informatika kelas 10 SMK semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 1 Algoritma dan Pemrograman. Pada tulisan ini, kita akan membahas materi melalui latihan soal kelanjutan dari materi sebelumnya yaitu Pemrograman.
Jika teman- teman belum mempelajari untuk materi sub bab pertama, kedua dan ketiga, silahkan buka yaa posting saya sebelumnya.
Baca Juga :
Pada tulisan ini kita akan bahas sub bab keempat yaitu Bentuk Dasar Algoritma melalui latihan soal. Sub bab ini merupakan materi terakhir pada bab 1 Algoritma dan Pemrograman.
Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
Latihan Soal Formatif (Penilaian Harian) Informatika Kelas 10 SMK Semester 2
Kurikulum Merdeka Bab 1 Algoritma dan Pemrograman (Part IV) Pemrograman
1. Pernyataan yang tepat tentang program komputer adalah ....
a. program komputer mengenali permasalahan yang timbul dalam operasional
komputer
b. program komputer berisikan suatu perintah untuk melakukan fungsi tertentu
pada komputer
c. program komputer merupakan pelengkap dari sistem komputer yang
dijalankan
d. program komputer dapat berjalan sendiri tanpa ada bantuan dari
operator
e. program komputer hanya digunakan dalam waktu tertentu
2. Kode yang dapat dibaca manusia sebagai bentuk program untuk menganalisis
dan memverifikasi algoritma disebut ....
a. kode akses
b. kode sumber
c. kode program
d. kode eksekutor
e. kode utilitas
3. Untuk membentuk sebuah program, maka kode sumber ....
a. dipisah dengan utilitas bahasa pemrograman tertentu
b. dikompilasi dengan utilitas bahasa pemrograman tertentu
c. dijabarkan melalui instruksi dalam bahasa pemrograman tertentu
d. diuraikan dengan bahasa pemrograman tertentu
e. digabung dengan bahasa pemrograman tertentu
4. Penggunaan interpreter merupakan salah satu bentuk alternatif lain dari
model eksekusi program. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah ....
a. utilitas interpreter merupakan eksekutor kode sumber
b. interpreter merupakan alat untuk menganalisis kelemahan kode sumber
c. interpreter merupakan sarana untuk menampung kode- kode sumber yang
didapatkan
d. interpreter memungkinkan kode sumber dapat terekstrak dengan baik
e. interpreter dapat melanjutkan sistem kerja dari kode sumber
5. Kemampuan multitasking bagi komputer memungkinkan komputer ....
a. dapat menjalankan program komputer secara terpisah
b dapat menjalankan program komputer secara remot atau jarak jauh
c. dapat menjalankan program komputer secara bersamaan
d. dapat menjalankan program komputer secara otomatis
e. dapat menjalankan program komputer dengan perangkat lain yang sejenis
6. Proses berulang menulis dan mengedit kode sumber untuk membuat program
disebut ....
a. perancangan program
b. analisis program
c. pemrograman komputer
d. koding komputer
e. interpretasi komputer
7. Berikut ini yang termasuk pengeditan kode sumber adalah ....
a. pengujian
b. analisis
c. perbaikan bug
d. optimalisasi algoritma
e. semua jawaban benar
8. Praktisi dengan keahlian dalam menulis kode dalam bahasa pemrograman
disebut ....
a. programmer
b. pengembang
c. coders
d. a, b benar
e. a, b, c benar
9. Rangkaian kata berupa instruksi atau perintah yang dapat dimengerti oleh
komputer, biasanya terdiri atas banyak baris disebut ....
a. bahasa coding
b. kode sumber
c. bahasa pemrograman
d. aplikasi pemrograman
e. perangkat pemrograman
10. Berikut ini yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang paling
banyak digunakan di berbagai bidang modern seperti pengembangan game,
perangkat lunak dan keamanan informasi adalah ....
a. COBOL
b. C++
c. FORTRAN
d. Basic
e. PASCAL
11. Orang yang menjadi tokoh pembuat dan pengembang bahasa pemrograman C++
adalah ....
a. Tim Cook
b. Larry Page
c. Steve Jobs
d. Bjarne Stroustrup
e. Sergey Brin
12. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan sejarah bahasa pemrograman C++
adalah ....
a. C++ dikembangkan pertama kali dengan tujuan untuk pembuatan game
b. C++ dikembangkan dari bahasa pemrograman di ranah prosedural menjadi bahasa
berorientasi objek
c. C++ banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi pada tahun 2000-an
d. C++ sudah tidak digunakan dan digantikan bahasa pemrpgraman lain karena
dinilai kurang praktis dan efektif
e. C++ menjadi bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari
13. Di bawah ini aplikasi editor C++ yang dikembangkan oleh Microsoft adalah
....
a. Sublime Text
b. Notepad ++
c. Microsoft Visual Studio Code
d. Bluefish
e. Atom
14. Integer (int) merupakan jenis tipe data ....
a. berbasis teks
b. data numerik untuk semua angka
c. data numerik untuk semua angka tanpa pecahan
d. berbasis teks dan numerik
e. berbasis angka, pecahan dan teks
15. Tipe data numerik untuk angka dengan pecahan menggunakan jenis ....
a. Character
b. String
c. Floating Point
d. Boolean
e. Enumerated type
16. Format huruf tunggal, digit, tanda baca, simbol, atau spasi kosong
menggunakan tipe data ....
a. Character
b. String
c. Floating Point
d. Boolean
e. Enumerated type
17. Urutan karakter, digit, atau simbol— selalu diperlakukan sebagai teks
menggunakan tipe data ....
a. Character
b. String
c. Floating Point
d. Boolean
e. Enumerated type
18. Nilai benar atau salah menggunakan tipe data ....
a. Character
b. String
c. Floating Point
d. Boolean
e. Enumerated type
19. Kumpulan kecil nilai unik yang telah ditentukan sebelumnya (elemen atau
enumerator) yang dapat berbasis teks atau numerik menggunakan jenis tipe data
....
a. Character
b. String
c. Floating Point
d. Boolean
e. Enumerated type
20. Daftar dengan sejumlah elemen dalam urutan tertentu menggunakan jenis data
....
a. date
b. array
c. time
d. datetime
e. timestamp
21. Tanggal dalam format YYYY-MM-DD termasuk tipe data ....
a. date
b. array
c. time
d. datetime
e. timestamp
22. Waktu dalam format hh:mm:ss untuk waktu, waktu sejak acara, atau interval
waktu antar peristiwa menggunakan tipe data ....
a. date
b. array
c. time
d. datetime
e. timestamp
23. Tanggal dan waktu bersama dalam format YYYY-MM-DD hh:mm:ss menggunakan
tipe data ....
a. date
b. array
c. time
d. datetime
e. timestamp
24. Jumlah detik yang telah berlalu sejak tengah malam (00:00:00 UTC), 1
Januari 1970 (waktu Unix) menggunakan tipe data ....
a. date
b. array
c. time
d. datetime
e. timestamp
25. Alokasi memori komputer yang nilainya berubah-ubah merupakan pengertian
dari ....
a. numerik
b. variabel
c. angka
d. string
e. memori
26. Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang variabel adalah ....
a. setiap variabel memiliki nama yang digunakan sebagai ID variabel
b. isi variabel dapat diubah sepanjang kode program
c. variabel dapat digunakan untuk menyimpan kode input
d. jawaban a, b benar
e. jawaban a, b, dan c benar
27. Pembuatan bahasa pemrograman C++ menganut case sensitive, artinya ....
a. huruf besar dan kecil dianggap sama
b. huruf besar dan kecil dianggap berbeda
c. semua variabel dapat digunakan kecuali angka
d. huruf besar dan kecil dianggap sama, namun berbeda untuk variabel tertentu
seperti garis bawah
e. semua variabel baik huruf besar, kecil, angka, dan simbol tertentu
sama
28. Dalam pembuatan variabel karakter pertama, karakter yang boleh digunakan
adalah ....
a. huruf
b. huruf, garis bawah
c. huruf, garis bawah, angka
d. angka
e. huruf dan angka
29. Panjang variabel maksimum pada beberapa compiler C++ tidak boleh melebihi
....
a. 25 karakter
b. 27 karakter
c. 30 karakter
d. 31 karakter
e. 35 karakter
30. Salah satu alasan yang tepat kata int sebagai nama variabel tidak dapat
digunakan adalah ....
a. int memiliki tiga huruf yang tidak diketahui artinya
b. int merupakan kata kunci yang menunjukkan bahwa tipe datanya bilangan
bulat
c. int termasuk dalam variabel yang jarang digunakan
d. int termasuk sebagai variabel konfigurasi program
e. int merupakan kata yang tidak aktif
31. Ketika akan membuat sebuah variabel, maka proses akan memberitahu Compiler
C++ tentang penulisan variabel. Hal ini sering disebut dengan langkah ....
a. inisialisasi
b. deklarasi
c. produksi
d. deskripsi
e. inisiasi
32. C++ termasuk dalam bahasa pemrograman yang menggunakan konsep strongly
typed programming language. Pernyataan tersebut mensiratkan bahwa setiap
variabel pada C++ ....
a. memisahkan setiap data
b. menjelaskan jenis data yang dikandung
c. mengumpukan semua data yang ada
d. membedakan setiap data yang dibuat
e. menguraikan data yang terkumpul
33. Tipe data seperti 1, 5, 9 dijelaskan menggunakan kata kunci ....
a. int
b. double
c. char
d. string
e. string dan char
34. Tipe data desimal seperti 3,14; 0,8; 22,7 menggunakan kata kunci ....
a. int
b. double
c. char
d. string
e. string dan char
35. Tipe data karakter seperti 'A', 'a', 'Z' dideskripsikan menggunakan kata
kunci ....
a. int
b. double
c. char
d. string
e. string dan char
36. Tipe data untuk menyimpan set karakter seperti "belajar", "informatika",
"belajar informatika di dunia C++", dan lain sebagainya dijelaskan menggunakan
kata kunci ....
a. int
b. double
c. char
d. string
e. string dan char
37. Sebuah simbol yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu dalam
pemrograman disebut ....
a. numerik
b. variabel
c. angka
d. operator
e. memori
38. Operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan sisa bagi adalah ....
a. operator aritmatika
b. operator penugasan
c. operator pembanding
d. operator logika
e. operator bitwise
39. Operator yang berfungsi untuk memberikan nilai pada variabel seperti
pengisian nilai, pengisian dan penambahan, pengisian dan perkalian adalah ....
a. operator aritmatika
b. operator penugasan
c. operator pembanding
d. operator logika
e. operator bitwise
40. Operator yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai seperti lebih
besar, lebih kecil, sama dengan, tidak sama dengan, lebih besar sama dengan,
lebih kecil sama dengan adalah ....
a. operator aritmatika
b. operator penugasan
c. operator pembanding
d. operator logika
e. operator bitwise
41. Dalam operasi perbandingan, nilai yang dihasilkan adalah ....
a. benar (true)
b. salah (false)
c. or
d. and
e. benar (true) dan salah (false)
42. Dalam Bahasa pemrograman C++, nilai benar (true) sama memiliki nilai ....
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
43. Dalam Bahasa pemrograman C++, nilai salah (false) sama memiliki nilai ....
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
44. Operator berfungsi untuk membuat operasi logika seperti logika AND, lohika
OR, dan negasi atau kebalikan adalah ....
a. operator aritmatika
b. operator penugasan
c. operator pembanding
d. operator logika
e. operator bitwise
45. Operator yang digunakan untuk operasi biner pada sebuah nilai seperti AND,
OR, XOR, dan NOT/ komplemen adalah ....
a. operator aritmatika
b. operator penugasan
c. operator pembanding
d. operator logika
e. operator bitwise
46. Pernyataan yang tepat tentang sekuensial adalah ....
a. sekuensial merupakan urutan pekerjaan dalam program
b. sekuensial merupakan ringkasan pekerjaan dalam sebuah program
c. sekuensial merupakan penjelasan singkat sebuah program yang dibuat
d. sekuensial merupakan penjabaran setiap data yang dibuat
e. semua pernyataan benar
47. Penggambaran untuk struktur program yang bercabang dikenal sebagai bentuk
....
a. sekuensial
b. perulangan
c. percabangan
d. keluaran
e. masukan
48. Percabangan yang hanya memiliki satu blok pilihan pada saat kondisi
bernilai benar, maka instruksi dikerjakan dikenal sebagai bentuk percabangan
....
a. IF
b. IF-ELSE
c. IF-ELSE-IF
d. Switch-Case
e. Nested IF
49. Percabangan dengan dua blok pilihan yang mana pernyataan pertama
dijalankan jika nilai kondisinya benar (true), dan pernyataan kedua dijalankan
jika kondisinya salah (false) adalah ....
a. IF
b. IF-ELSE
c. IF-ELSE-IF
d. Switch-Case
e. Nested IF
50. Percabangan dengan lebih dari dua blok pilihan disebut ....
a. IF
b. IF-ELSE
c. IF-ELSE-IF
d. Switch-Case
e. Nested IF
51. Pembuatan percabangan di dalam percabangan dikenal sebagai ....
a. IF
b. IF-ELSE
c. IF-ELSE-IF
d. Switch-Case
e. Nested IF
Demikian Latihan Soal Formatif (Penilaian Harian) Informatika Kelas 10 SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 1 Algoritma dan Pemrograman (Part IV) Pemrograman. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
Salam.
EmoticonEmoticon