Menggambar model merupakan suatu aktifitas menggambar yang menggunakan objek gambar model seperti hewan, tumbuhan, manusia dan kumpulan benda dengan susunan yang sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan dan irama yang baik sehingga terbentuk satu kesatuan yang utuh.
Menggambar model dengan objek tertentu, misalnya alam dapat dilakukan dengan mengamati langsung objek benda. Hal tersebut dilakukan agar struktur bentuk dan bidang gambarnya dapat diketahui secara pasti.
Setiap objek gambar alam benda memiliki struktur bentuk dan bidang dasar yang berbeda satu dengan lainnya. Terdapat objek alam benda yang berbentuk bidang datar dan melingkar, namun ada pula yang berupa bidang yang mengerucut. Adapun struktur bentuk dan bidang memiliki kesan yang berbeda apabila terkena sinar. Hal tersebut akan menghasilkan kesan ruang pada gambar sehingga tampak seperti gambar tiga dimensi.
Dalam menggambar model, juga mesti diperhatikan ketepatan bentuk dan karakter objek yang digambar serta jarak pengamatan mata yang tepat agar setiap detail dari objek dapat tergambar dengan baik.
Prinsip- Prinsip Menggambar Model
Menggambar model harus memperhatikan prinsip- prinsip tertentu, diantaranya komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan.
Komposisi
Komposisi dalam menggambar model merupakan prinsip yang menitikberatkan pada penyusunan dan pengaturan objek gambar yang digunakan sebagai model gambar sehingga akan menghasilkan gambar yang indah dan menarik. Komposisi dapat berupa bentuk objek gambar, warna objek, jenis objek, dan latar belakang gambar.
Ada tiga jenis komposisi dalam menggambar yaitu komposisi simetris, komposisi asimetris , dan komposisi sentral. Komposisi simetris membagi bidang gambar menjadi dua bagian yang sama, baik secara penataan maupun susunannya sehingga menciptakan keseimbangan dalam gambar. Komposisi asimetris merupakan penataan objek yang tidak sama susunannya namun tetap memiliki keseimbangan yang sama. Komposisi sentral dalam penataan objeknya dengan cara memusatkan bagian tengah sebagai poros sehingga tercipta keseimbangan dalam gambar.
Proporsi
Proporsi merupakan suatu keseimbangan, kesesuaian, kesebandingan akan bentuk dan ukuran suatu benda antara bagian yang satu dengan bagian lainnya. Proporsi yang tepat dalam menggambar akan menghasilkan kewajaran dalam hasil gambar.
Keseimbangan
Keseimbangan dalam menggambar dapat diartikan sebagai keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Untuk mendapatkan gambar model yang seimbang, maka proses gambar dapat dilakukan dengan langkah- langkah seperti membuat skala, memberikan efek perspektif pada objek gambar atau sudut pandang dari pembuat gambar.
Kesatuan
Kesatuan dapat menghasilkan keterpaduan pada bagian- bagian gambar, artinya tidak ada kesan terbelah maupun terpisah. Jadi, kesatuan merupakan penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur- unsur yang terpadu.
Unsur- Unsur Menggambar Model
Unsur- unsur rupa diperlukan dalam proses menggambar model seperti garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan nada gelap- terang.
Garis
Garis merupakan goresan dan tarikan dari titik satu ke titik yang lain. Ada beberapa macam bentuk garis diantaranya garis lurus, garis lengkung, garis putus- putus, garis tak beraturan, dan sebagainya. Garis memiliki sifat yang masing- masing dari garis tersebut menimbulkan kesan yang beragam.
Bidang
Suatu bidang dapat digambarkan sebagai permukaan yang yang datar. Bidang dihasilkan dari garis yang dipertemukan ujung pangkalnya. Sama seperti garis, bidang juga memiliki sifat- sifat yang beragam sesuai dengan bentuknya.
Bentuk
Penggabungan dari unsur- unsur bidang akan menghasilkan bentuk. Sebagai contoh, sebuah gambar kotak tercipta dari empat sisi bidang yang digabungkan.
Warna
Warna akan memberikan kesan tertentu dari suatu gambar. Warna yang gelap memberikan kesan berat, dan warna yang terang menjelaskan kesan ringan. Terdapat tiga jenis warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru. Melalui proses pencampuran, ketiga warna tersebut dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan warna - warna yang berbeda.
Tekstur
Tekstur merupakan permukaan suatu benda. Tekstur dalam penggambaran bentuk benda akan menghasilkan kesan tertentu seperti kesan ringan atau kesan berat. Ada dua macam tekstur yaitu tekstur kasar dan tekstur halus. Tekstur halus dapat dijumpai pada benda- benda seperti kaca, plastik, dan kertas, sementara tekstur kasar dapat ditemukan pada benda- benda seperti batang kayu, batu dan jalan aspal.
Nada gelap dan terang
Setiap benda yang tertimpa cahaya baik secara langsung maupun tidak langsung akan tampak sisi gelap dan sisi terang. Penggambaran sisi gelap dan terang yang tepat dalam menggambar akan menghasilkan gambar benda yang baik.
Ruang
Ruang merupakan unsur yang terbentuk atas dua atau beberapa dinding yang berjarak. Ruang dalam gambar disebut sebagai ruang khayalan atau imajiner. Kesan ruang dapat diperoleh dengan menggunakan perspektif, gelap terang dan warna.
Demikian tentang gambar model, baik secara pengertian, prinsip dan unsur- unsur menggambarnya. Semoga pembahasan tentang gambar model di atas dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya pada materi seni rupa.
Semoga Bermanfaat
Salam.
No comments:
Post a Comment