11/21/2023

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023, Inilah Tema dan Logo yang Diusung Serta Acara yang Diselenggarakan

Hari Guru Nasional pada tahun 2023 ini akan jatuh pada Hari Sabtu tanggal 25 November 2023. Berkaitan dengan peringatan tersebut, Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia telah merilis pedoman peringatan hari Guru Nasional Tahun 2023 melalui edaran nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023. Melalui edaran tersebut ada beberapa hal yang disampaikan seperti upacara bendera, tema dan logo yang digunakan, acara dan ragam aktivitas.  

Tema dan Logo yang Diusung
Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini mengusung tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. Adapun logo pada Hari Guru Nasional 2023 mencakup beberapa elemen seperti figur yang terdiri atas pak guru, ibu guru serta siswa dan siswi. Semuanya tampak ceria dan dinamis dalam menjalankan pembelajaran. Selain itu, juga tampak penggunaan lambang teknologi yang digambarkan dengan simbol- simbol seperti Wifi, Laptop, Handphone serta aplikasi Zoom yang berkorelasi sebagai alat pendukung kegiatan belajar mengajar.

Logo Hari Guru Nasional 2023


Tampak pula bentuk hati yang menjelaskan sinergitas dari seluruh komponen pendidikan baik guru, peserta didik, dan orang tua yang dapat menciptakan semangat belajar Merdeka dan penuh dengan cinta. Hal tersebut dimaksudkan untuk hasil yang maksimal untuk kepentingan pendidikan di Indonesia. 

Logo tersebut dapat digunakan oleh setiap satuan pendidikan, kantor instansi baik pusat maupun daerah, dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2023 melalui media cetak, media elektronik maupun media sosial. 

Acara Hari Guru Nasional 2023
Beberapa acara sudah disiapkan untuk memeriahkan acara Hari Guru Nasional 2023, diantaranya Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, dan  Simposium Program Organisasi Penggerak. Adapun acara puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 akan dilangsungkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI pada 25 November 2023. 

Upacara Bendera
Berkaitan dengan pelaksanaan upacara bendera, peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 dilaksanakan dengan upacara bendera pada tanggal 25 November 2023  di berbagai instansi, mulai dari kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tingkat pusat, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di daerah. Selain itu, upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2023  juga  diselenggarakan di kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri.

Itulah tentang peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023, baik tema, logo dan ragam kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Guru Nasional 2023. Sesuai dengan tema HGN 2023, Yuk kita bersama- sama Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. Semoga guru- guru semakin maju sesuai dengan tuntutan zaman demi mencerdaskan anak bangsa. 

Untuk mengunduh pedoman peringatan Hari Guru Nasional 2023, Panduan Logo  dan  logo Hari Guru Nasional 2023, teman- teman dapat mengunjungi laman Kemendikbud Disini

Keep it up...

Salam.

No comments:

Post a Comment