9/13/2023

Dirjen Pendidikan Vokasi Menggelar Tracer Vokasi Studi SMK, Apa Itu?

Direktur Jenderal pendidikan vokasi kembali menyelenggarakan kegiatan tracer study tahun 2023 hingga 31 Oktober 2023 mendatang. Kegiatan yang sudah dimulai sejak 1 Agustus 2023 ini bertujuan untuk mengukur hasil kerja pendidikan vokasi terkait ke pekerjaan lulusan, baik berwirausaha, bekerja, atau melanjutkan studi. Lantas,  apakah itu tracer study dan manfaatnya terhadap pendidikan vokasi di Indonesia, berikut ulasannya. 

Pengertian Tracer Study
Tracer study pendidikan vokasi atau tracer study merupakan survey yang dilakukan untuk mengetahui aktivitas kebekerjaan seperti bekerja, wirausaha dan melanjutkan pendiidkan, keselarasan dan kepuasan dunia kerja terhadap lulusan pendidikan vokasi setelah satu tahun lulus dari satuan pendidikan vokasi.

Ada 3 (tiga) pihak yang menjadi sasaran tracer study tahun 2023 diantaranya 
  1. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan tahun ajaran 2021/2022
  2. Satuan pendidikan SMK;
  3. Dunia kerja (dunia usaha dunia industri), selanjutnya disebut DUDI.

Pengisian tracer study dapat memberikan masukan untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan hasilnya akan menjadi bahan evaluasi pemerintah dalam mengoptimalisasi perencanaan pelayanan pendidikan vokasi ke depannya. Selain itu pengisian tracer study untuk satuan pendidikan berguna dalam memberikan masukan untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Informasi dari setiap satuan pendidikan akan menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat dalam mengoptimalkan perencanaan layanan pendidikan vokasi serta pemerintah provinsi dalam pengembangan pendidikan vokasi, khususnya SMK, di wilayahnya masing-masing.

Bagi Dunia Usaha dan Dunia Industri, pengisian tracer study akan memberikan feedback bagi peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Informasi yang didapat dari setiap DUDI akan menjadi bahan evaluasi Kemdikbudristek RI untuk meningkatkan relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan DUDI.

Cara Pengisian Tracer Study
Untuk dapat mengisikan survey tracer study, buka laman tracer study di https://tracervokasi.kemdikbud.go.id/. Setiap lulusan pendidikan vokasi dapat login ke tracer study menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

login untuk alumni


Bagi satuan pendidikan, caranya adalah dengan login ke tracer study menggunakan e-mail yang didaftarkan pada Dapodik dan NPSN sekolah. 

login untuk sekolah


Dunia Usaha dan Dunia Industri yang bekerja sama dengan satuan pendidikan, langkahnya adalah dengan melakukan registrasi dan melakukan aktivasi tautan yang dikirim ke email yang didaftarkan.

login untuk DUDI


Isian Survey Tracer Study
Para lulusan yang mengisikan tracer study, akan menjawab pertanyaan seputar hal- hal berikut ini,
  • Pertanyaan tentang pekerjaan yang dijalani saat ini, melanjutkan studi, berwirausaha, atau sedang mencari pekerjaan.
  • Sejauh mana lulusan menggunakan pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh saat menempuh pendidikan vokasi ke lingkup pekerjaan atau wirausaha saat ini, atau lingkup studi yang sedang dilanjutkan.
  • Masa tunggu untuk melanjutkan studi atau bekerja atau berwirausaha.
  • Pendapatan yang diperoleh dari bekerja atau berwirausaha.
  • Kualitas pembelajaran, praktik kerja industri, dan sertifikasi di satuan pendidikan vokasi.

Untuk setiap satuan pendidikan pengisian tracer study adalah mengenai :
  • Profil lulusan.
  • Pemanfaatan sarana dan prasarana DUDI untuk pembelajaran.
  • Pengembangan karir peserta didik dan pengelolaan alumni.

Sedangkan untuk setiap DUDI yang mengisi tracer study, maka akan ditanyakan tentang hal- hal berikut ini:
  • Kemitraan DUDI dengan satuan pendidikan vokasi.
  • Daya serap tenaga kerja dari lulusan pendidikan vokasi.
  • Skill dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh DUDI.
  • Keterlibatan DUDI dalam upaya penyelarasan kebutuhan tenaga kerja dengan satuan pendidikan vokasi.
  • Kepuasan DUDI terhadap lulusan pendidikan vokasi.



Sasaran Tracer Study 2023
Tracer study tahun 2023 ditujukan pada SMK sehingga, setiap satuan pendidikan SMK wajib mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan tracer study kepada setiap lulusannya, khususnya lulusan tahun ajaran 2021/2022. Selain itu, tracer study menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi dan perbaikan kinerja satuan pendidikan vokasi untuk menghasilkan sumber daya manusia terampil yang sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Hasil Tracer Study
Hasil tracer study dapat memberikan informasi kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, baik hard skills maupun soft skills, untuk direlevansikan ke dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan vokasi. Dengan terciptanya lulusan pendidikan vokasi dengan kompetensi yang memenuhi kebutuhan skill DUDI, maka DUDI akan lebih mudah merekrut sumber daya manusia sesuai kebutuhannya sekaligus efisiensi cost untuk menjembatani skills gap.

Adapun sekolah yang tidak mengisi tracer study, maka SMK tersbeut tidak memperoleh Rapor Pendidikan karena tidak lengkapnya data kinerja (outcome) satuan pendidikan dalam hal:
  • Kebekerjaan lulusan (baik bekerja, wirausaha maupun melanjutkan studi) yang mengacu pada standar data nasional;
  • Keselarasan aktivitas lulusan dengan pembelajaran di satuan pendidikan;
  • Besaran upah (pendapatan) lulusan dalam konteks UMP;
  • Waktu tunggu kebekerjaan lulusan.
Selain itu, SMK akan tertinggal dalam proses levelling transformasi vokasi SMK yang sedang dilakukan oleh Kemdikbudristek.

Demikian tentang tracer study SMK tahun 2023. Semoga informasi di atas dapat membantu teman- teman dalam mensukseskan tracer studi SMK yang dilaksanakan mulai 1 Agustus 2023 hingga 31 Oktober 2023. 

Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment