8/25/2023

Pelatihan Soft Skill dan Teknologi Seri Semangat Guru 3 Kemendikbudristek Diluncurkan, Inilah Syarat dan Ketentuannya

Pelatihan soft skill dan teknologi Seri Semangat Guru 3 : Merdeka Belajar dengan Kemampuan Non Teknis resmi diluncurkan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelatihan ini akan memberikan kesempatan bagi guru untuk dapat mengembangkan keterampilan digital abad ke-21 dan menerapkannya dalam pembelajaran.



Pelatihan yang akan digelar mulai bulan September tersebut akan digelar melalui webinar dengan media laptop maupun smartphone. Peserta kemudian akan melaksanakan pelatihan secara mandiri melalui platform Merdeka Mengajar. Selain mengembangkan kemampuan soft skill dari pakar, para peserta dapat belajar tentang tips praktis untuk mengajar dari guru- guru inspiratif dan menjalani kegiatan praktik mengajar dan kolaborasi guru se- Indonesia.  

Adapun syarat untuk dapat mengikuti pelatihan ini, para peserta harus memiliki akun Belajar.id maupun madrasah.kemenag.go.id. Mengutip pernyataan dari Dirjen GUru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Prof Dr Nunuk Suryani, MPd, bahwa Semangat Guru 3 Bersama HP Indonesia dan V & V Group memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam hal pola pikir bertumbuh (growth mindset), self regulating learning, empati, ketangguhan, kepemimpinan dalam berinovasi dan bertransformasi serta komunikasi dan literasi digital.  

Ia menambahkan juga bahwa pelatihan tesrebut tidak hanya membekali para peserta dengan alat untuk lingkungan belajar kolaboratif dan mendorong pembelajarn mandiri dan memahami tentang kebutuhan individu para peserta didik, namun juga memberikan pembelajaran kepada pendidik tentang bagaimana melibatkan teknologi sebagai sarana untuk memperkaya pengalaman dalam belajar. Hal tesrebut tentu saja akan menjadi jembatan antara pendidik dan siswa  dalam mendukung visi pendidikan khususnya secara inklusif, adaptif, dan fokus pada pengembangan karakter dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. 

Program Semangat Guru pertama dan kedua tercatat memetik keberhasilan dalam penyelenggaraannya. Terdapat sekitar 158.737 guru yang terdaftar pada program Semangat Guru pertama dan kemudian meningkat menjadi 353.810 pada penyelenggaraan program Semangat Guru kedua. 

Nah, buat teman- teman guru yang akan mengikuti program Seri Semangat Guru 3, dapat membuka laman guru.kemdikbud.go.id

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment