Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini kita akan belajar melalui latihan soal untuk mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 4 SD/ MI semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 1 Unit Komputer.
Pada unit 1 ini kita akan belajar tentang pengertian dari software, hardware, brainware dan macam- macam contoh dari jenis- jenis software, hardware atau brainware.
Latihan soal asesmen TIK kelas 4 SD/ MI semester 1 Kurikulum Merdeka unit 1 ini berjumlah 40 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga saja dengan latihan soal di atas dapat memudahkan dalam belajar teman- teman.
Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
Latihan Soal Asesmen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas 4 SD/ MI
Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 1 Unit Komputer
1. Suatu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai
dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan
informasi bermanfaat bagi penggunanya disebut ....
a. gadget
b. komputer
c. televisi
d. radio
2. Di bawah ini yang bukan merupakan kegunaan komputer adalah....
a. mengetik
b. menggambar
c. menonton
d. memasak
3. Orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer disebut ....
a. software
b. brainware
c. hardware
d. operator
4. Berikut ini yang termasuk dalam brainware adalah ....
a. aplikasi
b. programmer
c. RAM
d. motherboard
5. Program-program yang kita lihat pada layar monitor yang membantu kita
menyelesaikan pekerjaan lebih cepat adalah ....
a. software
b. hardware
c. brainware
d. fitur
6. Aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen PDF dengan kualitas
profesional adalah ....
a. Corel Draw
b. Paint
c. A-PDF Creator
d. Microsoft Powerpoint
7. Perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis adalah ....
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Powerpoint
d. Paint
8. Di bawah ini yang merupakan kegunaan Microsoft Excel adalah ....
a. melakukan perhitungan dasar
b. membuat laporan
c. membuat dokumen berbentuk surat kabar
d. membuat label surat
9. Untuk membuat laporam dan dokumen surat menyurat maka kita menggunakan
aplikasi ....
a. Microsoft Excel
b. Microsoft Word
c. Microsoft Powerpoint
d. Paint
10. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat presentasi adalah ....
a. Microsoft Excel
b. Microsoft Word
c. Microsoft Powerpoint
d. Paint
11. Untuk menggambar 2 dimensi atau 3 simensi, maka kita dapat menggunakan
perangkat lunak ....
a. Photoshop
b. Avira
c. AutoCAD
d. Adobe Reader
12. Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat, mencetak dan mencari file
berformat PDF adalah ....
a. Adobe Reader
b. Adobe Photoshop
c. CorelDraw
d. AutoCAD
13. Untuk berselancar di dunia maya, maka kita memerlukan sebuah peramban.
Peramban yang dikembangkan oleh Google adalah ....
a. Microsoft Edge
b. Safari
c. Google Chrome
d. Mozilla Firefox
14. Aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi adalah ....
a. Macromedia FreeHand
b. Adobe Reader
c. Mozilla Firefox
d. Google Chrome
15. Serangan virus komputer akan dapat melumpuhkan pengoperasian komputer.
Untuk menanggulanginya kita memerlukan sebuah perangkat antivirus komputer. Di
bawah ini program Antivirus yang merupakan produk dalam negeri adalah ....
a. AVG
b. Avira
c. Smadav
d. Norton Antivirus
16. Untuk mengkompres berkas dan mengontrol file berkas maka kita dapat
menggunakan perangkat lunak ....
a. Corel Draw
b. Paint
c. WinRAR
d. AVG Antivirus
17. Software yang digunakan untuk mendesain gambar atau grafis vektor adalah
....
a. Photoshop
b. Corel Draw
c. Microsoft Excel
d. CapCut
18. Software editor grafis yang dapat digunakan untuk membuka file berformat
BMP, JPEG, GIF dan PNG serta dapat membuat gambar grafis adalah ....
a. Microsoft Excel
b. Microsoft Word
c. Microsoft Powerpoint
d. Paint
19. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan gambar atau foto
adalah ....
a. Photoshop
b. Corel Draw
c. Microsoft Excel
d. CapCut
20. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan editing video adalah ....
a. Photoshop
b. Corel Draw
c. Microsoft Excel
d. CapCut
21. Perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan suatu hasil
pengolahan
data berupa grafis adalah ....
a. keyboard
b. monitor
c. mouse
d. procesor
22. Alat input data yang berupa huruf, angka, atau simbol dalam komputer yang
berbentuk deretan huruf dan angka adalah ....
a. keyboard
b. motherboard
c. mouse
d. procesor
23. Untuk menggerakkan kursor atau menunjuk sebuah aplikasi yang ingin
dijalankan dalam sebuah komputer maka digunakan ....
a. keyboard
b. motherboard
c. mouse
d. procesor
24. Perangkat yang fungsinya mengontrol semua jalannya sistem komputer
adalah ....
a. RAM
b. ROM
c. Motherboard
d. Procesor
25. Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi dari procesor adalah ....
a. menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan selanjutnya
mengeksekusi instruksi tersebut.
b. Sinkronasi kinerja pada hardware dan software
c. Mendukung kebutuhan spesifik user seperti desain dan game
d. menghubungkan beberapa perangkat tambahan
26. Tempat suatu komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM
adalah ....
a. Hard drive
b. Flashdisk
c. MOtherboard
d. ROM
27. perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk media penyimpanan
adalah ....
a. Hard drive
b. Flashdisk
c. MOtherboard
d. ROM
28. Suatu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data ataupun
intruksi yang dilakukan oleh prosessor adalah ....
a. Modem
b. RAM
c. Speaker
d. motherboard
29. Perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi
sinyal analog adalah ....
a. speaker
b. modem
c. VGA
d. PC cooler
30. Pemrosesan suara pada komputer diatur oleh alat ....
a. speaker
b. modem
c. VGA
d. PC cooler
31. Perangkat komputer akan panas dalam pengoperasiannya. Untuk itu alat
yang diperlukan untuk mengurangi panas yang dihasilkan adalah ....
a. VGA
b. PC cooler
c. SSD
d. Optical Drive
32. Pernyataan yang tepat tentang SSD adalah .... (jawaban bisa lebih dari
satu)
a. SSD merupakan produk sebelum ditemukannya Hard Drive
b. perangkat yang memakai SSD lebih cepat kinerjanya daripada memakai Hard
Drive
c. SSD merupakan media penyimpanan
d. SSD dikenal juga sebagai otaknya komputer
33. Dalam perangkat komputer, penyuplai daya ke dalam komponen- komponen yang
ada di dalamnya adalah ....
a. Power Supply
b. SSD
c. RAM
d. Motherboard
34. Alat yang digunakan untuk mencetak hasil pengolahan data berupa teks/
gambar di atas kertas adalah ....
a. soundcard
b. printer
c. scanner
d. proyektor LCD
35. Perangkat yang berfungsi menghasilkan suara dari dalam komputer sehingga
dapat didengar melalui speaker atau headphone adalah ....
a. soundcard
b. printer
c. scanner
d. proyektor LCD
36. Untuk melakukan video call, berfoto dan memasukkan data rekaman menjadi
format digital, maka digunakan ....
a. webcam
b. printer
c. scanner
d. proyektor LCD
37. Perangkat keras output yang bisa menangkap gelombang suara dan merubahnya
menjadi getaran listrik adalah ....
a. soundcard
b. microphone
c. flashdisk
d. WLAN Card
38. Penyimpanan portabel yang dapat dibawa kemana- mana adalah ....
a. soundcard
b. microphone
c. flashdisk
d. WLAN Card
39. Untuk bermain game di dalam komputer, maka kita menggunakan alat ....
a. barcode scanner
b. joystick
c. magnetyic tape
d. headset
40. Perangkat yang digunakan untuk mendengar suara sekaligus berbicara dengan
lawan bicara tanpa harus memegang perangkat penghubung yang digunakan adalah
....
a. headset
b. headphone
c. repeater
d. gamepad
Demikian Latihan Soal Asesmen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas 4 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 1 Unit Komputer. Kita masih akan lanjutkan belajar melalui latihan soal ke unit- unit selanjutnya. Tetap di AhzaaNet yaa....
Semoga Bermanfaat.
No comments:
Post a Comment