8/15/2023

Buku Panduan Guru Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum Merdeka : English for Nusantara

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada post ini saya akan berbagi kepada teman- teman semua buku panduan guru untuk pelajaran bahasa Inggris kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum Merdeka. Buku guru ini dapat dijadikan pedoman dalam mengajar di kelas.

Buku guru berisikan pedoman dan petunjuk umum pembelajaran serta petunjuk khusus dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Selain itu, buku guru juga berisikan kegiatan- kegiatan  yang memberikan kesempatan interaksi guru dan orang tua sehingga mereka dapat ikut serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di rumah.

Buku Panduan Guru juga bertujuan untuk memberikan panduan umum dan khusus bagi guru mengenai cara penggunaan buku ini agar pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal di kelas sehingga kehadiran Buku Panduan Guru dapat mewujudkan pengimplementasian Kurikulum bagi guru agar dapat menyajikan setiap materi sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang diinginkan oleh Kurikulum.

Seperti kita ketahui bahwa Kurikulum Merdeka didesain sebagai kerangka kurikulum yang fleksibel untuk memberi ruang bagi setiap individu dalam mengembangkan potensinya masing-masing. Kurikulum ini berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi serta karakter pelajar yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. 





Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dilaksanakan dengan tujuan melatih pelajar mengeksplorasi isu nyata di lingkungan sekitar dan berkolaborasi dalam mencari solusi dari isu yang dihadapi. Adapun isu yang disorot mengacu pada empat dari 17 isu Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu: (1) ruang lingkup kesadaran lingkungan (environmental awareness); (2) ruang lingkup keamanan digital (digital safety); (3) ruang lingkup nutrisi dan kebugaran (nutrition and wellness) dan; (4) ruang lingkup literasi finansial.

Berkaitan dengan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran Bahasa Inggris umum di jenjang Sekolah Menengah memberikan kesempatan bagi pelajar untuk mengeksplorasi pengalaman mereka yang berkaitan dengan diri sendiri, kebudayaan melalui makanan, lingkungan rumah, dan sekolah. 

Berfokus pada penggunaan Bahasa Inggris melalui enam keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan secara terpadu, dalam berbagai jenis teks. Capaian yang ditetapkan mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR), suatu penentuan berbagai tingkat kecakapan bahasa yang disusun oleh Dewan Eropa. 

Fase D merupakan salah satu tahapan yang membantu pelajar untuk dapat mencapai CEFR bahasa Inggris level B1. English level B1 adalah tingkat ketiga Bahasa Inggris, yakni tingkat Pre Intermediate dalam Common European Framework of Reference (CEFR).

Nah, buat teman- teman yang membutuhkan Buku Panduan Guru Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum Merdeka, bisa klik pada tautan berikut ini,

Buku Panduan Guru Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum Merdeka : Unduh Disini

Semoga Bermanfaat yaa...

Salam.

No comments:

Post a Comment