7/13/2023

Rilis Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2024 untuk Pemutakhiran Data Semester 1 (Ganjil), Berikut Panduan dan Link Installernya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah merilis aplikasi Dapodik terbaru versi 2024 menjelang awal tahun ajaran 2023/ 2024. Melalui Surat Edaran Nomor: 6032/C/HK.04.01/2023 bertajuk tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester I Tahun Ajaran 2023/2024, Aplikasi dapodik terbaru versi 2024 dapat digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2023/2024 di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Kesetaraan.



Adapun prioritas pendataan difokuskan untuk peserta didik semester 1 tahun ajaran 2023/ 2024 dengan status Naik Kelas terlebih dahulu dan kemudian untuk input peserta didik baru serta isian partisipasi BOSP. 

Pembaruan dan perubahan tersebut menyasar kepada upaya untuk menyinkronkan prosedur dan mekanisme dalam pendataan Dapodik. Setiap satuan pendidikan dapat mengisikan data yang mutakhir sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan masing- masing paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran sebelumnya. 

Aplikasi Dapodik versi 2024 dirilis dalam bentuk installer dan patch yang memungkinkan satuan pendidikan untuk dapat menginstal aplikasi secara fresh di perangkat  maupun hanya melakukan pembaruan melalui patch yang disediakan. 

Untuk melakukan instalasi baru, maka dapat melakukan instalasi Aplikasi Dapodik melalui file Installer. Seperti langkah- langkah instalasi pada umumnya, lakukan proses hingga selesai instalasi. Setelah aplikasi berhasil diinstal, isikan username, password dan kode registrasi sekolah lalu lakukan registrasi.

Pada proses instalasi patch, maka unduh file patch Aplikasi Dapodik 2024 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan kemudian instal patch dapodik 2024. Lengkapi isian username dan password lalu pilih semester yaitu 2023/2024 dan klik tombol Masuk. Pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2024 lalu lakukan tarik data dan pastikan proses nya berhasil. Lakukan input data sesuai kondisi riil kemudian login Akun Kepala Sekolah dan klik tombol sinkronisasi.

Pada aplikasi Dapodik versi 2024, terdapat pembaruan - pembaruan dan perbaikan pada aplikasi, diantaranya :
  1. Penambahan menu dan fitur baru Notifikasi dari pusat.
  2. Penambahan validasi bagi penerima bantuan TIK wajib memperbarui alat berupa Laptop.
  3. Penambahan validasi maksimal jumlah jam yang diterima ole peserta didik pada tingkat 11 dan 12 bagi pelaksana Kurikulum Merdeka.
  4. Penambahan validasi ruang yang telah dihapus buku namun mash digunakan pada rombongan belajar.
  5. Penambahan mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan khusus untuk jenjang SMK.
  6. Penambahan validasi terkait penginputan Praktik Kerja Lapangan (PKL) khusus jenjang SMK.
  7. Perbaikan bugs pada sanitasi ketika menghitung jumlah jamban.
  8. Perubahan referensi dalam pemilihan kecepatan internet pada Data Periodik Sekolah

Selengkapnya tentang Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2024, dapat dibaca dan dilihat melalui dokumen berikut ini, 


Adapun surat edaran pemutakhiran Dapodik dapat diunduh melalui tautan berikut :





Demikian Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2024 untuk Pemutakhiran Data Semester 1 (Ganjil). Semoga melalui aplikasi Dapodik ini didapatkan data yang mutakhir dan riil untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment