7/08/2023

Perlu Unduh Buku Teks dan Non Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Lengkap Jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK/MAK, dan SLB ? Laman Website Ini Sediakan Semuanya

Menjelang awal tahun ajaran baru seperti sekarang ini, guru maupun peserta didik sama- sama menyiapkan apa yang mesti dilakukan di tahun pelajaran yang akan dijalani. Salah satu hal yang dapat dipersiapkan adalah memilih buku teks yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan. 

Bagi guru, memilih buku teks penunjang pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, pasalnya, berkenaan dengan perencanaan pembelajaran selama tahun pelajaran berlangsung. Demikian juga bagi peserta didik, dimana buku penunjang dapat menjadi gambaran atau acuan materi apa saja yang akan dipelajari selama mengikuti pembelajaran ke depannya. 

Nah, buat teman- teman baik guru maupun peserta didik yang saat ini membutuhkan buku penunjang pembelajaran baik untuk Kurikulum Merdeka maupun Kurikulum 2023  ada satu website Kemendikbud yang menyediakan buku- buku teks maupun non teks penunjang pembelajaran dari jenjang PAUD hingga SMA/ SMK serta SLB. 

Teman- teman dapat mengunjungi website SIBI (Sistem Informasi Perbukuan Indonesia) yang disediakan oleh Kemendikbud untuk mengakomodir kebutuhan baik guru maupun siswa akan buku- buku yang relevan digunakan dalam pembelajaran. 

SIBI menyediakan buku-buku yang dikembangkan dan diterbitkan oleh unit-unit kerja di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk kebutuhan siswa, guru, atau masyarakat Indonesia. 

Siswa dapat mengakses buku teks pelajaran dan buku referensi untuk bahan belajar di sekolah dan di rumah langsung dari Pusat Perbukuan, Kemdikbud. Selain itu juga tersedia buku-buku dari kurikulum 2013 (K-13), Kurikulum Merdeka, serta buku umum sebagai referensi siswa- siswa untuk belajar  dimana saja. Buku elektronik interaktif juga tersedia dengan simulasi, animasi, games atau permainan yang menjadikan pembelajaran lebih menarik.

Guru pun dapat memanfaatkan website ini untuk mendapatkan berbagai referensi buku untuk membantu proses belajar mengajar. Referensi pun lengkap yang tersedia dalam berbagai format seperti PDF, audio, dan interaktif.

Bagi orang tua, website perbukuan ini membantu dalam mendapatkan buku untuk persiapan putra- putrinya dalam belajar. 

Cara Unduh Buku di SIBI
Untuk mengaksesnya, teman- teman dapat mengunjungi laman https://buku.kemdikbud.go.id/


Pada bagian pencarian, boleh langsung diketik buku yang diinginkan atau cari berdasarkan kurikulum yang dituju. Misalnya saja, buku- buku yang relevan dengan Kurikulum Merdeka. Maka pilih pada tab Kurikulum Merdeka



Teman- teman akan di bawa menuju halaman yang menampilkan berbagai buku. Sebagai contoh, saya akan mencari buku kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka saya akan mencentang pada bagian kiri layar yang berisikan Tipe Buku, Jenjang maupun Kelas. Tipe Buku menyediakan jenis buku dalam format PDF, Buku Audio ataupun buku Interaktif. Setelah itu, pilih buku yang diperlukan, misalnya buku Guru Bahasa Indonesia. Klik PDF di bawah buku. 


Maka akan muncul tab unduhan  buku Panduan Guru Bahasa Indonesia. Teman- teman dapat memilih apakah akan mengunduh atau membacanya secara online. Unduh PDF jika akan mendownload buku tersebut. 


Isikan data yang tertera, seperti nama, email, nomor HP, dan kota lalu klik Kirim dan Unduh 


Tahapan akhir, akan  muncul preview buku yang sudah dipilih sebelumnya. Klik pada ikon Unduh (tanda panah warna kuning). 


Itulah cara mengunduh buku teks Kurikulum Merdeka. Semua buku yang disediakan pada laman website Sistem Informasi Perbukuan Indonesia sifatnya gratis yaa, jadi teman- teman dapat mengunduh secara bebas, seperti yang tertera dalam website tersebut bahwa "masyarakat Indonesia diizinkan memanfaatkan buku ini termasuk mengunduh dan mencetaknya". Jika buku dimaksudkan untuk dicetak dan diperjualbelikan, maka harganya tidak boleh melebihi dari Harga eceran tertinggi (HET) yang tertera di sampul belakang buku.

Sekarang tidak kesulitan lagi yaa harus mengunduh buku Kurikulum Merdeka? Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment