7/09/2023

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Siswa PAUD hingga SMA Jakarta Mulai 12 Juli 2023, Yuk Simak Ketentuan dan Jadwalnya

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa PAUD hingga SMA di Jakarta dijadwalkan akan digelar mulai tanggal 13 Juli 2023. Sesuai dengan Surat Edaran tertanggal 6 Juli 2023 oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Purwosusilo, ada beberapa materi yang dicantumkan diantaranya profil satuan pendidikan, pembentukan karakter, pola hidup bersih dan sehat, penguatan bela negara dan profil budaya Jakarta. 

source : https://bpip.go.id/

Berkaitan dengan materi - materi tersebut di atas, berikut rinciannya, 
1. Profil satuan pendidikan
Pada bagian ini peserta didik baru akan mengenal tentang sekolahnya masing- masing seperti pengenalan kurikulum, pengenalan lingkungan, pengenalan tata tertib dan prestasi sekolah. 

2. Pembentukan karakter
Ada dua poin yang ditujukan  dalam hal pembentukan karakter, diantaranya profil pelajar Pancasila dan Penguatan pendidikan karakter. 

3. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Materi ini akan membahas tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika atau P4GN. Materi PHBS juga memberikan pesan  hidup sehat tanpa narkoba Penguatan pendidikan lingkungan hidup dan pengenalan program satuan pendidikan yang bersih, hijau, sehat, aman, nyaman dan menyenangkan serta diajarkan tentang pembinaan dasar- dasar bencana dan pertolongan pertama. 

4. Penguatan Bela Negara
Materi bela negara mencakup kesadaran berbangsa dan bernegara dan tiga dosa pendidikan yang meliputi perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi.

5. Pengenalan budaya Jakarta
Materi terakhir berkaitan dengan pengenalan kepada peserta didik baru akan budaya Jakarta. 

Ketentuan MPLS
Pada pelaksanaan MPLS ini siswa tidak diperkenankan memakai atribut- atribut yang memang tidak berkaitan dengan materi MPLS, dan peserta didik harus mengikuti ketentuan antara lain :
(1) menggunakan seragam sekolah dari jenjang pendidikan sebelumnya dan tanda pengenal kecuali untuk jenjang PAUD, SD SDLB dan pendidikan kesetaraan yang diperkenankan memakai baju bebas dan rapi.
(2) pelaksanaan kegiatan MPLS dilakukan di satuan pendidikan masing- masing dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. 

Timeline pelaksanaan MPLS DKI Jakarta 
  • MPLS jenjang PAUD dilaksanakan pada hari Rabu hingga Jumat, 12 - 14 Juli 2023 pukul 07.30 - 10.00 WIB
  • MPLS jenjang SD dan SDLB dilaksanakan pada hari Rabu - Selasa, 12 - 25 Juli 2023 pukul 06.30 - 10.00 WIB
  • MPLS jenjang SMP, SMP LB, SMA SMALB, dan SMK dilaksanakan pada hari Rabu - Jumat, 12 - 14 Juli 2023 pukul 06.30 - 15.00 WIB
Demikian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Siswa PAUD hingga SMA, silahkan dicermati ketentuan dan jadwal masing- masing. Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment