7/05/2023

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Fase E SMK/ MAK

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kemampuan belajar yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap tahap. Dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga, capaian yang diharapkan terdapat pada Tahap F. CP ini digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran di dalam kurikulum. Namun, untuk kegiatan proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, tidak perlu mengacu pada CP. Proyek ini lebih difokuskan pada pengembangan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang telah diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP mengenai Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Agar dapat mengembangkan pembelajaran dan asesmen yang efektif dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga, penting untuk memahami secara menyeluruh Capaian Pembelajaran (CP) yang terkait, termasuk alasan, tujuan, dan karakteristik dari mata pelajaran tersebut. Dokumen ini dirancang sebagai panduan bagi pendidik yang mengajar mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai CP mata pelajaran ini


Rasional Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga memiliki dasar yang kuat dalam penguasaan akuntansi dan keuangan lembaga untuk profesi Teknisi Akuntansi Junior. Mata pelajaran ini melibatkan proses pembuatan dokumen keuangan, pencatatan, pengelompokkan, pengolahan, dan penyajian data, serta pencatatan transaksi yang terkait dengan keuangan. Tujuan utama Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah untuk mengembangkan minat dan kecintaan peserta didik terhadap pemahaman proses bisnis di dunia kerja, memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini di industri, mengenali berbagai profesi, okupasi kerja, dan peluang usaha, menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH), memahami prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi dan perbankan, serta memahami penggunaan aplikasi pengolah angka/spreadsheet. Selain itu, mata pelajaran ini juga menjadi dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk pembelajaran pada kelas XI dan XII.

Pembelajaran dalam mata pelajaran ini dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, kecintaan, perkembangan fisik, dan psikologis peserta didik. Beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan meliputi project-based learning, problem-based learning, discovery and inquiry learning, teaching factory, atau model-model lain yang relevan.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga memberikan kontribusi dalam membekali peserta didik dengan kompetensi sebagai staf administrasi keuangan, staf perpajakan, staf perbankan, atau pekerjaan lainnya yang melibatkan akhlak mulia, integritas tinggi, kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi, dan berinteraksi antar budaya, kerjasama dalam tim, kemampuan berpikir kritis, gotong royong, kreatif, mandiri, kepekaan, serta kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja.

Tujuan Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga memiliki tujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) yang meliputi:
  1. Memahami proses bisnis dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.
  2. Memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, serta isu-isu terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.
  3. Memahami profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.
  4. Memahami lingkup kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.
  5. Menerapkan aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH).
  6. Memahami etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.
  7. Memahami prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi serta dasar perbankan.
  8. Memahami penggunaan aplikasi pengolah angka/spreadsheet.
Karakteristik Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga memiliki karakteristik yang membutuhkan nalar dan pemikiran yang mendalam, merupakan mata pelajaran yang hierarkis, dimana antara materi dari awal sampai akhir saling berhubungan dan berkaitan, serta membutuhkan ketelitian, ketekunan, dan kesabaran dalam menyelesaikan materi pembelajaran. 

Selain karakteristik tersebut, mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, profil pekerjaan/profesi (job profile), dan peluang usaha di bidang akuntansi dan keuangan lembaga. 

Capaian Pembelajaran Setiap Fase Berdasarkan Elemen
Capaian pembelajaran pada elemen-elemen Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga meliputi.



Selengkapnya untuk Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Fase E SMK/ MAK dapat dibaca pada sematan dokumen berikut ini,


Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment