7/12/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Kendaraan Ringan Fase F SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan berbagi Capaian Pembelajaran (CP) untuk mapel Teknik Kendaraan Ringan Fase F SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. Capaian pembelajaran merupakan unsur awal sebelum beranjak ke bagian berikutnya yaitu dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran maupun Modul Ajar. Sebelum kita mulai membagikan CP untuk Teknik Kendaraan Ringan, baiknya kita perkenalan terlebih dahulu yaa dengan mapel ini. 

Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan meliputi pengetahuan dan keterampilan yang mencakup prosedur penggunaan, perawatan, sistem engine, sistem pemindah tenaga, sistem sasis, dan sistem elektrikal pada kendaraan ringan. Materi ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi dalam bidang Teknik Kendaraan Ringan agar peserta didik memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri. Mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan pada Fase F merupakan pelajaran yang lebih lanjut dari Dasar-dasar Otomotif, yang memperkenalkan berbagai teknologi dalam alat transportasi, alat angkut, alat angkat, dan peralatan pendukung di bidang Teknik Kendaraan Ringan.

Ilustrasi/ Sumber gambar : https://pixabay.com

Pembelajaran dalam mata pelajaran ini dapat menggunakan berbagai model, seperti problem-based learning, project-based learning, discovery learning, atau inquiry learning. Selain itu, berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, demonstrasi, atau praktik langsung dapat digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik kompetensi keahlian. Peserta didik juga diperkenalkan dengan dunia industri dan dunia kerja melalui interaksi dengan alumni, guru tamu dari industri, atau praktisi dalam bidang otomotif.

Pengembangan Keterampilan dan Karakter Peserta Didik
Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menghadapi masalah, disiplin dalam bekerja, kemandirian, kreativitas, dan inovasi dalam mencari solusi, kemampuan berkolaborasi dalam tim, serta kemampuan mengkomunikasikan ide dan gagasan. Selain itu, nilai-nilai seperti bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan peduli terhadap lingkungan juga ditekankan dalam pembelajaran ini.

Tujuan Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan
Mata pelajaran ini bertujuan untuk melengkapi peserta didik dengan soft skills, seperti karakter, kerja tim, budaya kerja industri, dan komunikasi di tempat kerja. Selain itu, hard skills seperti Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH), pengetahuan, dan keterampilan yang disesuaikan dengan Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan juga menjadi fokus. Adapun tujuan dari Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan antara lain:

  1. Memahami konversi energi pada kendaraan ringan.
  2. Memahami proses pelayanan dan manajemen bengkel sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam Teknik Kendaraan Ringan.
  3. Memahami prosedur penggunaan kendaraan ringan.
  4. Memahami perawatan berkala kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
  5. Memahami perawatan dan perbaikan sistem engine kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
  6. Memahami perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga (power train) kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
  7. Memahami perawatan dan perbaikan sistem sasis (chasis) kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
  8. Memahami perawatan dan perbaikan sistem elektrikal (electrical) kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
  9. Memahami perawatan sistem pengaman (safety system) dan sistem kontrol elektronik (electronic control system) kendaraan ringan sesuai dengan Manual Books.
Karakteristik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan
Mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan mempelajari segala hal yang terkait dengan penggunaan, perawatan, dan perbaikan alat transportasi kendaraan roda empat atau lebih, sesuai dengan perkembangan teknologi. Skema sertifikasi pada Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level II. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi dalam bidang Teknik Kendaraan Ringan.

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMK/MAK)
Pada akhir Fase F, peserta didik diharapkan memahami konversi energi kendaraan ringan, proses pelayanan dan manajemen bengkel kendaraan ringan, prosedur penggunaan kendaraan ringan, perawatan berkala kendaraan ringan, sistem engine kendaraan ringan, sistem pemindah tenaga kendaraan ringan, sistem sasis kendaraan ringan, elektrikal kendaraan ringan, serta sistem pengaman dan sistem kontrol elektronik kendaraan ringan.

Capaian Pembelajaran (CP) per elemen yang lebih jelas dan lengkap bisa di baca melalui dokumen berikut ini,

Semoga Bermanfaat ya...

No comments:

Post a Comment