7/08/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Kurikulum Merdeka Fase A - F (SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C)

Matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan belajar dan berpikir logis yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan menjadi dasar perkembangan teknologi modern. Matematika memainkan peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan kemampuan berpikir manusia. Selain itu, Matematika juga dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami dan sebagai alat konseptual untuk membangun dan merekonstruksi pengetahuan matematika, serta melatih keterampilan berpikir yang diperlukan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Source : Pixabay

Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Kompetensi ini sangat penting agar peserta didik memiliki kemampuan untuk memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi dalam menghadapi situasi yang selalu berubah, penuh ketidakpastian, dan kompetitif.

Baik, pada kesempatan ini saya akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Kurikulum Merdeka Fase A - F (SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C). 

Namun sebelum kita masuk ke dalam Capaian Pembelajaran Matematika, kita mulai dulu yaa, kenali apa tujuan pelajaran Matematika,  Karakteristik Pelajaran Matematika, dan fase Pelajaran Matematika. 

Tujuan Pelajaran Matematika
Mata Pelajaran Matematika bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan:
  1. Pemahaman dan penerapan konsep, fakta, prinsip, operasi, dan relasi matematika secara akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah matematika.
  2. Kemampuan dalam penalaran dan pembuktian matematis, termasuk mengidentifikasi pola, melakukan manipulasi matematis, dan memberikan bukti dalam menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
  3. Kemampuan dalam memecahkan masalah matematis, termasuk memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  4. Kemampuan dalam berkomunikasi dan merepresentasikan gagasan matematika menggunakan simbol, tabel, diagram, atau media lainnya, serta menyajikan suatu situasi dalam bentuk simbol atau model matematis.
  5. Kemampuan dalam mengaitkan matematika dengan bidang kajian lain, lintas bidang ilmu, dan kehidupan sehari-hari.
  6. Sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, termasuk rasa ingin tahu, perhatian, minat, kreativitas, kesabaran, kemandirian, ketekunan, kepercayaan diri, keterbukaan pikiran, dan nilai-nilai moral dalam belajar matematika.
Karakteristik Pelajaran Matematika
Mata Pelajaran Matematika memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. Terkait dengan materi pembelajaran matematika yang harus dipahami oleh peserta didik, termasuk konsep, fakta, prinsip, operasi, dan relasi matematika yang bersifat formal-universal.
  2. Terkait dengan proses mental dalam belajar matematika yang melibatkan alur berpikir berkesinambungan dan pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika.
  3. Terkait dengan pengembangan disposisi matematis peserta didik, termasuk kebebasan, kemahiran, penaksiran, keakuratan, kesistematisan, kerasionalan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, ketekunan, ketangguhan, kepercayaan diri, keterbukaan pikiran, dan kreativitas.
Fase Pembelajaran Matematika
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, setiap fase pembelajaran Matematika memiliki capaian yang harus dicapai oleh peserta didik. Berikut adalah capaian pembelajaran pada setiap fase:
  1. Fase A (Kelas I dan II SD/MI/Program Paket A): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi dalam bilangan, operasi penjumlahan dan pengurangan, pola, pengukuran panjang, dan pengenalan bangun datar.
  2. Fase B (Kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pemecahan masalah dengan bilangan cacah. Mereka juga dapat memahami pola, pengukuran panjang, dan pengenalan bangun datar dan ruang.
  3. Fase C (Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat melakukan operasi aritmetika pada bilangan cacah dengan skala yang lebih besar, pemecahan masalah dengan bilangan pecahan, pengukuran luas, dan pengenalan hubungan antar-bangun datar dan ruang.
  4. Fase D (Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs/Program Paket B): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat mengoperasikan bilangan bulat, pecahan, desimal, dan memahami konsep seperti persamaan, pertidaksamaan, geometri, statistika, dan probabilitas.
  5. Fase E (Kelas X SMA/MA/Program Paket C): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat menggunakan konsep-konsep seperti eksponen, barisan, deret, sistem persamaan linear, trigonometri, dan statistika dalam pemecahan masalah.
  6. Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C): Pada akhir fase ini, peserta didik dapat memodelkan situasi nyata dengan menggunakan konsep matematika seperti bunga majemuk, matriks, persamaan dan fungsi kuadrat, lingkaran, dan statistika.
Kita bisa simpulkan bahwasanya pelajaran Matematika memiliki peran penting dalam mengembangkan kemandirian, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas peserta didik. Materi pembelajaran Matematika disusun dalam bidang kajian seperti Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, Analisis Data dan Peluang, dan Kalkulus.

Untuk Capaian Pembelajaran Matematika secara lengkap dapat teman- teman baca dan unduh melalui dokumen berikut ini,

Semoga Bermanfaat yaa...

No comments:

Post a Comment