7/05/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesmepatan kali ini saya akan berbagi salah satu perangkat penting pada penerapan Kurikulum Merdeka yaitu Capaian Belajar (CP) khususnya untuk mapel Dasar- Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. 

Memahami CP adalah langkah awal dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen. Untuk merancang pembelajaran dan asesmen yang efektif dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, penting untuk memahami CP mata pelajaran tersebut secara menyeluruh. Hal ini mencakup pemahaman tentang rasional mata pelajaran, tujuan, dan karakteristiknya.

Gambar oleh LUM3N dari Pixabay

Rasional dari mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah memberikan kompetensi dasar yang diperlukan dalam pekerjaan di bidang kantor dan layanan bisnis. Mata pelajaran ini merupakan bagian dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan renjana (passion) kepada peserta didik agar mereka memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran pada kelas XI dan XII.

Mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Mengembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
  2. Memahamkan peserta didik tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi, isu-isu terkini, berbagai profesi, okupasi kerja, dan peluang usaha.
  3. Mengajarkan pengelolaan surat dan dokumen berbasis digital, penggunaan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran, pengelolaan sistem informasi, komunikasi, serta pemberian layanan bisnis dan logistik sesuai standar di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Pembelajaran dalam mata pelajaran ini dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari. Model-model pembelajaran yang relevan antara lain project based learning, problem based learning, discovery and inquiry learning, teaching factory, dan lain sebagainya.

Tujuan Mapel Dasar- Dasar Manajemen Perkantoran dan layanan Bisnis
Tujuan dari mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah:

  1. Memperoleh pemahaman tentang proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja.
  2. Memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.
  3. Mengetahui profil pekerjaan/profesi dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.
  4. Mengaplikasikan teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.
  5. Mengelola dokumen berbasis digital.
  6. Menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran.
  7. Mengelola sistem informasi dan komunikasi organisasi.
  8. Memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan.
Mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis memiliki karakteristik yang menekankan kompetensi dasar yang diperlukan dalam pekerjaan administrasi, otomatisasi perkantoran, layanan bisnis, dan jabatan sejenis. Mata pelajaran ini mengembangkan kemampuan kerja sama, ketelitian, percaya diri, dan komunikasi yang efektif. Selain itu, peserta didik akan memperoleh pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi, isu-isu terkini, profil pekerjaan/profesi, dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Lebih lengkap tentang Capaian Pembelajaran (CP) Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka dapat dilihat selengkapnya pada dokumen berikut ini,

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment