7/05/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran SMK/ MAK Fase E Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan satu set kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap tahap pembelajaran. Dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran, capaian yang ditargetkan terdapat pada Tahap E. CP berperan sebagai panduan dalam pembelajaran intrakurikuler. Namun, CP tidak perlu digunakan dalam kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Gambar oleh Joseph Mucira dari Pixabay

Untuk merancang pembelajaran dan penilaian mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran dengan baik, penting untuk memahami CP secara menyeluruh, termasuk alasan di balik mata pelajaran ini, tujuannya, dan karakteristiknya.

Rasional Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran
Mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran memiliki dasar-dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu pengetahuan dasar yang membentuk dasar untuk mempelajari mata pelajaran lain dalam Program Keahlian Pemasaran. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada peserta didik agar mereka memiliki landasan yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran konsentrasi keahlian pada kelas XI dan XII. Setelah mempelajari Dasar-Dasar Pemasaran dan materi lanjutan pada kelas XI dan XII, peserta didik dapat bekerja dalam berbagai peran, seperti kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, wirausaha, dan jabatan lainnya yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja. 

Pembelajaran dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana (passion), serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. 

Beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project based learning, problem based learning, discovery and inquiry learning, teaching factory, serta model-model lain yang relevan. Mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran mencakup pengembangan kompetensi soft skills dan hard skills. Soft skills berkontribusi pada pengembangan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, mandiri, kreatif, dan adaptif. Selain itu, juga menumbuhkan sikap dan karakter yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, dan mampu menghargai keberagaman secara global. Sedangkan hard skills difokuskan pada penguasaan kompetensi khusus yang sesuai dengan pekerjaan di dunia kerja.

Tujuan Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran
Tujuan dari mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran adalah untuk melengkapi peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills, antara lain:
  1. Memahami proses bisnis dalam bidang pemasaran di berbagai industri.
  2. Memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini yang terkait dengan dunia pemasaran.
  3. Memahami profil pekerjaan dan peluang usaha dalam bidang pemasaran.
  4. Memahami prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan dalam bekerja, serta menjaga standar penampilan pribadi.
  5. Memahami pola komunikasi dengan pelanggan.
  6. Memahami dasar-dasar pemasaran barang dan jasa, termasuk mengobservasi pasar dan mengidentifikasi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP marketing) dalam ritel modern maupun tradisional, baik online maupun offline.
  7. Memahami pola pelayanan pelanggan berdasarkan prinsip pelayanan prima dengan kepercayaan diri.
  8. Memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa, serta dapat mengenali sinyal-sinyal calon pelanggan untuk menciptakan kepuasan pelanggan.

Karakteristik Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran
Mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran memiliki karakteristik yang berfokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pemasar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja. Mata pelajaran ini memerlukan kemampuan berpikir kritis, inovatif, kreatif, kerja keras, dan ketekunan. Selain itu, mata pelajaran ini juga mengembangkan kemampuan komunikasi, negosiasi, dan kerjasama. Melalui mata pelajaran ini, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, profil pekerjaan, serta peluang usaha di bidang pemasaran.

Capaian Pembelajaran Setiap Fase Berdasarkan Elemen
Capaian pembelajaran pada elemen-elemen Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran dapat diuraikan sebagai berikut:


 Elemen  Fase E ðŸ‘‡ 
Proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industri  Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan proses bisnis dalam bidang pemasaran secara menyeluruh pada berbagai 
jenis industri dan usaha
 Perkembangan teknologi
dan isu-isu terkini terkait
dunia pemasaran
 Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan perkembangan pemasaran mulai dari konvensional sampai dengan penerapan teknologi modern, industri 4.0, Internet of Things (IoT), teknologi digital dalam pemasaran, isu-isu perkembangan yang muncul dan hilang ke depan terkait dengan dunia pemasaran, seperti digital marketing, e-commerce, marketplace, media sosial, dan sejenisnya.
 Profil pekerjaan/ profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran  Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan profil pekerjaan/profesi (job profile) dalam bidang pemasaran di masa sekarang dan dimasa mendatang, seperti kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, dan sejenisnya, serta peluang usaha di bidang pemasaran, seperti dropshipping, drop servicing, affiliate marketing, marketing agency, content creator, dan sejenisnya, serta mampu menentukan karir  di bidang pemasaran yang sesuai dengan bakat, minat, dan renjana (passion).
 Prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan dalam bekerja Pada akhir fase E siswa mampu menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja, menangani keadaan darurat dan mengantisipasi, mempertahankan standar penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai kesehatan, keselamatan, dan keamanan.
 Berkomunikasi dengan pelanggan  Pada akhir fase E siswa mampu berkomunikasi dengan efektif dan sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar, menunjukkan penampilan yang menarik, berkesan, dan simpatik, mampu menentukan teknik menjual yang tepat yang sesuai dengan konsumen yang dihadapi, serta berdasarkan jenis barang dan jasa yang dipasarkan.


Lebih lengkap tentang Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran  Dasar-Dasar Pemasaran SMK/ MAK Fase E Kurikulum Merdeka dapat dilihat melalui dokumen berikut.


Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment