7/09/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar – Dasar Teknik Otomotif Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan membagikan perangkat yang sangat penting buat teman- teman pengajar mapel di SMK khususnya Dasar – Dasar Teknik Otomotif yaitu Capaian Pembelajaran. Capaian pembelajaran ini dapat berguna sebagai acuan dalam pembuatan ATP dan modul ajar. Nah, sebelum masuk ke dalam Capaian Pembelajaran (CP) Dasar – Dasar Teknik Otomotif Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka , kita ketahui dulu yaa apa itu mapel Dasar- Dasar Teknik Otomotif.

Photo by Simon Kadula on Unsplash

Tentang Mapel Dasar-Dasar Teknik Otomotif
Dasar-Dasar Teknik Otomotif merupakan mata pelajaran yang mencakup kompetensi-kompetensi dasar dalam bidang teknik otomotif atau kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor, kendaraan ringan hingga alat berat. Mata pelajaran ini menjadi dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar yang menjadi penentu dalam mempelajari mata pelajaran lain dalam program keahlian Teknik Otomotif. Tujuannya adalah agar siswa memiliki dasar kompetensi yang kuat dalam mempelajari konsentrasi keahlian pada tahap F.

Teknik Otomotif berkembang sejalan dengan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor dan menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Dalam perkembangannya, teknik otomotif semakin canggih seiring dengan kemajuan teknologi terkait seperti teknik mesin, teknik otomasi, teknik elektronika, dan bahkan teknologi informasi dan komunikasi.

Mata pelajaran ini berfungsi untuk mengembangkan profesionalisme dalam bidang otomotif, mulai dari pemeliharaan hingga perbaikan kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor, kendaraan ringan, dan alat berat. Pembelajaran mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. Proses pembelajaran diharapkan interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikologis siswa. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan antara lain adalah contextual teaching learning, cooperative learning, atau individual learning. Beberapa model pembelajaran yang relevan adalah project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model pembelajaran lainnya.

Mata pelajaran ini juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), keterampilan lunak (soft skills), dan karakter siswa dalam bidang pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor. Tujuannya adalah agar siswa menjadi individu yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, sikap inklusif terhadap keberagaman, mampu bekerja sama dalam kerjasama tim, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

Tujuan mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Otomotif
Tujuan dari mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Otomotif adalah untuk memberikan dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) kepada siswa, meliputi:

  1. Memahami secara menyeluruh manajemen atau proses bisnis dalam bidang otomotif pada berbagai jenis dan merek kendaraan.
  2. Memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja, serta isu-isu global yang terkait dengan dunia otomotif.
  3. Memahami profesi dan kewirausahaan (profil pekerjaan dan technopreneurship), serta peluang usaha dalam bidang otomotif.
  4. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di tempat kerja.
  5. Menerapkan teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses dalam bidang otomotif.
  6. Menggambar teknik dasar sesuai dengan standar yang digunakan.
  7. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja.
  8. Melakukan pemeliharaan komponen dengan alat sesuai Prosedur Operasional Standar (POS).
  9. Membuat rangkaian elektronika dasar otomotif sesuai Prosedur Operasional Standar (POS).
  10. Memahami dasar-dasar sistem hidrolik dan pneumatik.
  11. Mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Otomotif memiliki karakteristik fokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi otomotif atau kendaraan bermotor sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Ini mencakup pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dalam industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (profil pekerjaan dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, gambar teknik, peralatan dan perlengkapan tempat kerja, pemeliharaan komponen otomotif, dasar elektronika otomotif, serta dasar sistem hidrolik dan pneumatik.


Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa pada setiap tahap pembelajaran dalam mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Otomotif, khususnya pada Fase E.

Pada tahap Fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK), siswa akan mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas siswa dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Selengkapnya dapat teman- teman baca dan unduh file nya melalui dokumen berikut ini, 

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment