Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan
berbagi Capaian Pembelajaran (CP) untuk mata pelajaran Dasar –
Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka.
Bagi teman- teman yang mengampu mapel ini, Capaian pembelajaran (CP) dapat
menjadi rujukan dalam membuat ATP maupun modul ajar yang biasanya dilaksanakan
bebarengan dengan penyusunan kurikulum.
Nah, sebelum masuk ke dalam Capaian Pembelajaran (CP) untuk Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM
Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka, kita kenalan dulu yaa tentang mata
pelajaran ini.
Mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan,
keterampilan, dan sikap dalam pengembangan perangkat lunak dan teknologi
game. Tujuannya adalah agar peserta didik memiliki dasar yang kuat dalam
mempelajari mata pelajaran kejuruan lanjutan pada tahap F. Lingkup materi
yang akan dipelajari meliputi pengembangan perangkat lunak, game, dan
pemrograman.
Pembelajaran dalam mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan
berbagai pendekatan, strategi, metode, dan model yang sesuai dengan
karakteristik kompetensi yang harus dipelajari. Hal ini bertujuan untuk
menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menarik, menantang,
dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selain itu,
pembelajaran juga memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas,
dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan
fisik dan psikologis peserta didik.
Peserta didik diarahkan untuk menemukan fakta-fakta, membangun konsep dan
nilai-nilai baru secara mandiri, serta memahami dan menerapkan aspek
perilaku konsumen digital. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara
lain Project-Based Learning, Teaching Factory, Discovery-Based Learning,
Problem-Based Learning, Inquiry-Based Learning, atau model lainnya yang
relevan.
Mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM juga berperan dalam membentuk peserta didik agar memiliki keahlian
dalam bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, serta meningkatkan
kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking). Hal ini
mencakup cara berpikir yang memungkinkan peserta didik untuk menguraikan
masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola
masalah, dan menyusun langkah-langkah solusi untuk mengatasi masalah dengan
mempertimbangkan kebutuhan pelanggan. Pembelajaran juga melatih peserta
didik untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri,
serta kreatif dalam mengembangkan produk-produk yang memegang prinsip
kebhinekaan global dan menemukan solusi bagi permasalahan kehidupan.
Karakteristik Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan
GIM
Mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim memiliki
karakteristik yang berfokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh
tenaga pengembang IT, programmer, administrator basis data, insinyur web
(merancang dan membangun situs web), pengembang game (mengembangkan
perangkat lunak gim multimedia), dan jabatan lainnya sesuai dengan
perkembangan dunia kerja. Selain itu, peserta didik juga diberikan pemahaman
tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi, isu-isu global,
profil wirausaha, profil pekerjaan, peluang usaha, dan profesi yang terkait
dengan bidang pengembangan perangkat lunak dan gim. Pembelajaran dalam mata
pelajaran ini juga berfokus pada pengembangan soft skills yang penting,
seperti komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Soft
skills ini menjadi pondasi dalam pengembangan hard skills, seperti
pemodelan, implementasi, dokumentasi, dan pengujian perangkat lunak.
Pada tahap Fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK), peserta didik akan
mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai program keahlian Pengembangan
Perangkat Lunak dan Gim. Hal ini akan diperkuat dengan peningkatan pemahaman
tentang dunia kerja dan kewirausahaan, serta penguasaan elemen-elemen
pembelajaran lainnya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan passion dan visi
yang dapat memotivasi peserta didik dalam merencanakan dan melaksanakan
aktivitas belajar pada tahap ini dan tahap-tahap berikutnya.
Nah itulah sekilas tentang mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM. Adapun Capaian
Pembelajaran (CP) . Selengkapnya tentang CP Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan
GIM, dapat teman- teman baca melalui dokumen berikut,
Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment