7/09/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan berbagi Capaian Pembelajaran (CP)  untuk mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. Bagi teman- teman yang mengampu mapel ini, Capaian pembelajaran (CP) dapat menjadi rujukan dalam membuat ATP maupun modul ajar yang biasanya dilaksanakan bebarengan dengan penyusunan kurikulum. 

Nah, sebelum masuk ke dalam Capaian Pembelajaran (CP) untuk  Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka, kita kenalan dulu yaa tentang mata pelajaran ini. 

Image by Dominic Alberts from Pixabay 

Mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam pengembangan perangkat lunak dan teknologi game. Tujuannya adalah agar peserta didik memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran kejuruan lanjutan pada tahap F. Lingkup materi yang akan dipelajari meliputi pengembangan perangkat lunak, game, dan pemrograman.

Pembelajaran dalam mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menarik, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selain itu, pembelajaran juga memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. 

Peserta didik diarahkan untuk menemukan fakta-fakta, membangun konsep dan nilai-nilai baru secara mandiri, serta memahami dan menerapkan aspek perilaku konsumen digital. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain Project-Based Learning, Teaching Factory, Discovery-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquiry-Based Learning, atau model lainnya yang relevan.

Mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM juga berperan dalam membentuk peserta didik agar memiliki keahlian dalam bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, serta meningkatkan kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking). Hal ini mencakup cara berpikir yang memungkinkan peserta didik untuk menguraikan masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, dan menyusun langkah-langkah solusi untuk mengatasi masalah dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan. Pembelajaran juga melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam mengembangkan produk-produk yang memegang prinsip kebhinekaan global dan menemukan solusi bagi permasalahan kehidupan.

Karakteristik Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM
Mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim memiliki karakteristik yang berfokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pengembang IT, programmer, administrator basis data, insinyur web (merancang dan membangun situs web), pengembang game (mengembangkan perangkat lunak gim multimedia), dan jabatan lainnya sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu, peserta didik juga diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi, isu-isu global, profil wirausaha, profil pekerjaan, peluang usaha, dan profesi yang terkait dengan bidang pengembangan perangkat lunak dan gim. Pembelajaran dalam mata pelajaran ini juga berfokus pada pengembangan soft skills yang penting, seperti komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Soft skills ini menjadi pondasi dalam pengembangan hard skills, seperti pemodelan, implementasi, dokumentasi, dan pengujian perangkat lunak.

Pada tahap Fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK), peserta didik akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Hal ini akan diperkuat dengan peningkatan pemahaman tentang dunia kerja dan kewirausahaan, serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan passion dan visi yang dapat memotivasi peserta didik dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar pada tahap ini dan tahap-tahap berikutnya.

Nah itulah sekilas tentang mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM. Adapun Capaian Pembelajaran (CP) . Selengkapnya tentang CP Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM, dapat teman- teman baca melalui dokumen berikut, 


Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment