7/09/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Masih dengan kami, AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) untuk mapel Dasar- Dasar Ketenagalistrikan untuk SMK/ MAK. Teman- teman dapat menggunakan Capaian Pembelajaran (CP) ini sebagai acuan dalam penyusunan ATP maupun MA yang ditekankan pada Kurikulum Merdeka. 

Nah, sebelum kita masuk ke Capaian Pembelajaran (CP) Dasar- Dasar Teknik Ketenagalistrikan, kita mulai dulu yaa berkenalan dengan mapel ini, baik secara tujuan maupun karakteristiknya. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan meliputi kompetensi dasar dalam konsep dan keterampilan praktik ketenagalistrikan. Fungsinya adalah memberikan dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang akan menjadi pondasi bagi penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran kejuruan lanjutan pada tahap F.

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay

Mata pelajaran ini menjadi landasan bagi peserta didik dalam memahami tugas-tugas yang terlibat dalam pekerjaan di bidang ketenagalistrikan setelah mereka mempelajari program keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Selain itu, mata pelajaran ini juga memberikan pemahaman tentang wawasan bidang ketenagalistrikan, prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup, penggunaan alat tangan dan peralatan kerja kelistrikan, alat ukur dan uji kelistrikan, serta perangkat lunak gambar teknik listrik yang digunakan dalam mempelajari materi pada tahap F.

Pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari. Hal ini bertujuan menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menarik, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Pembelajaran juga memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, teaching factory, discovery learning, problem-based learning, inquiry learning, atau model lainnya yang relevan.

Mata pelajaran ini juga berperan dalam membentuk peserta didik agar memiliki keahlian dalam bidang ketenagalistrikan, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mandiri, kreatif, dan adaptif. Melalui pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan, peserta didik akan membangun kepribadian yang inklusif secara global, mandiri, berpikir kritis, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan.

Tujuan Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan
Tujuan dari mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan adalah membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan (soft skills dan hard skills) berikut:

  1. Memahami secara menyeluruh proses bisnis di bidang industri ketenagalistrikan.
  2. Memahami perkembangan teknologi yang digunakan dan isu-isu global di bidang industri ketenagalistrikan.
  3. Memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneur) serta peluang usaha di bidang ketenagalistrikan.
  4. Memahami kegiatan praktik yang terkait dengan seluruh proses kerja dan teknologi yang diterapkan dalam bidang ketenagalistrikan.
  5. Memahami penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerja.
  6. Memahami teori dasar listrik dan jenis-jenis bahan yang digunakan dalam ketenagalistrikan.
  7. Menggunakan peralatan tangan dan alat kerja listrik.
  8. Melakukan pengukuran dan pengujian dengan menggunakan alat yang sesuai.
  9. Memahami penggunaan perangkat lunak gambar teknik listrik.


Karakteristik Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan
Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan memiliki karakteristik yang berfokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh operator listrik, teknisi listrik, konsultan kelistrikan, petugas pemasangan dan pemeliharaan kabel, serta jabatan lainnya sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu, peserta didik juga diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi, isu-isu global, profil wirausaha, profil pekerjaan, peluang usaha, dan profesi yang terkait dengan bidang ketenagalistrikan.

Capaian Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan
Pada tahap Fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK), peserta didik akan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, sehingga dapat menumbuhkan minat, visi, imajinasi, dan kreativitas mereka untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Lebih lengkapnya yaa teman- teman, dapat dibaca melalui dokumen berikut ini, 


Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment