7/09/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar – Dasar Teknik Mesin Fase E SMK/ MAK Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada hari ini saya akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) untuk teman- teman yang mengajar di SMK khususnya pada mata pelajaran dasar- dasar teknik mesin. Mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin merupakan mata pelajaran yang capaian pembelajarannya termasuk pada fase E.

Nah, sebelum kita masuk ke Capaian Pembelajaran Dasar- Dasar Teknik Mesin, kita ketahui berkenalan lebih dahulu dengan mata pelajaran tersebut yaa...

Dasar-Dasar Teknik Mesin adalah mata pelajaran yang mencakup kompetensi-kompetensi dasar yang menjadi dasar penguasaan dalam teknik pemesinan dan pengepasan (fitting and machining). Mata pelajaran ini merupakan dasar kejuruan yang meliputi berbagai ilmu dasar yang menjadi penentu dalam mempelajari mata pelajaran lain dalam program keahlian Teknik Mesin. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki dasar kompetensi yang kuat saat mempelajari bidang keahlian pada tahap F.

source picture : Pixabay

Teknik mesin atau teknik mekanik adalah salah satu cabang ilmu teknik yang luas, yang menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk merancang, mengembangkan, membuat, menguji, dan merawat sistem mekanik. Pengetahuan dan keterampilan dalam teknik mesin dapat digunakan untuk merancang dan membuat kendaraan, pesawat terbang, kapal, pabrik industri, peralatan, mesin industri, alat kesehatan, dan peralatan lainnya. 

Teknik mesin berkembang sejak revolusi industri pertama di Eropa pada abad ke-18 dan terus berkembang hingga saat ini dalam era revolusi industri keempat (Industri 4.0). Saat ini, ilmu teknik mesin terus berkembang ke bidang material komposit, mekatronika, robotika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga memberikan kontribusi pada disiplin ilmu lain seperti teknik penerbangan, teknik perkapalan, teknik perkeretaapian, teknik otomotif, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, teknik kimia, serta bidang kedokteran, kesehatan, dan obat-obatan.

Mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin berfungsi untuk mengembangkan keahlian dan profesionalisme dalam bidang pemesinan dan pengepasan (fitting and machining). Pembelajaran mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan, model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. Proses pembelajaran diharapkan bersifat interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan antara lain adalah contextual teaching learning, cooperative learning, atau individual learning. Model pembelajaran yang relevan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model pembelajaran lainnya.

Mata pelajaran ini juga berperan dalam membentuk kompetensi (hard skills), keterampilan lunak (soft skills), dan karakter siswa dalam bidang teknik pemesinan dan pengepasan (fitting and machining). Hal ini bertujuan agar siswa menjadi individu yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki sikap inklusif terhadap keberagaman, mampu bekerja sama dalam tim, mandiri, mampu berpikir kritis, dan kreatif.

Tujuan Mata Pelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin
Tujuan dari mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin adalah untuk memastikan bahwa siswa memiliki dasar pengetahuan, keterampilan, dan karakter (hard skills dan soft skills) yang meliputi:

  1. Memahami secara menyeluruh proses bisnis dalam industri manufaktur mesin.
  2. Memahami perkembangan teknologi dalam industri dan dunia kerja, serta isu-isu global yang terkait dengan dunia manufaktur mesin.
  3. Memahami profesi dan kewirausahaan dalam bidang manufaktur (profil pekerjaan dan technopreneurship), serta peluang usaha dalam bidang manufaktur mesin.
  4. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri di lingkungan kerja.
  5. Memahami kegiatan praktik yang terkait dengan seluruh proses produksi dan teknologi yang digunakan dalam industri manufaktur mesin.
  6. Memahami jenis-jenis bahan, sifat fisik, sifat kimia, sifat listrik, dan sifat mekanik yang terkait dengan fungsi-fungsinya dalam proses manufaktur.
  7. Memahami jenis sambungan, tumpuan (bushing & bearing), transmisi mesin, dan sistem pipa.
  8. Menggambar teknik dasar dalam lingkup teknik mesin.

Karakteristik Dasar – Dasar Teknik Mesin
Mata pelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin memiliki karakteristik fokus pada kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang operator atau teknisi pemesinan dan pengepasan (fitting and machining) sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Ini mencakup pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dalam industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (profil pekerjaan dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, dasar proses pemesinan, pengetahuan bahan (material science), dasar sistem mekanik, dan gambar teknik sesuai standar yang ditentukan dalam bidang teknik mesin.

Capaian Pembelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin
Capaian Pembelajaran pada setiap tahap pembelajaran adalah sebagai berikut:
Fase E (Umumnya untuk kelas X SMK/MAK)
Pada akhir Fase E, siswa akan memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai program keahlian Teknik Mesin. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas siswa dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Lebih lengkap dan jelasnya, Capaian Pembelajaran Dasar – Dasar Teknik Mesin dapat teman- teman baca dan unduh melalui dokumen berikut ini,


Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment