7/14/2023

Aplikasi Dapodik Versi terbaru 2024 Dirilis, Inilah Pembaruan dan Perbaikan dari Fiturnya

Aplikasi Dapodik versi terbaru 2024 telah dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah berdasarkan Surat Edaran Nomor: 6032/C/HK.04.01/2023 Tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester I Tahun Ajaran 2023/2024. 

Aplikasi yang dikembangkan untuk bidang pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Kesetaraan ini dapat digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2023/2024. 

Gambar oleh Free Photos dari Pixabay

Melalui aplikasi Dapodik versi yang terbaru ini, pendataan peserta didik semester 1 tahun 2023/ 2024 dapat diprioritaskan oleh setiap satuan pendidikan. Adapun langkahnya adalah dengan mengubah status naik kelas untuk siswa di kelas sebelumnya kemudian melakukan isian data peserta didik baru dan isian partisipasi BOSP. 

Batas waktu pengisian dan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan dilakukan paling lambat tanggal 31 Agustus 2023. Hal ini sesuai dengan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan tentang pengisian dan pemutakhiran Dapodik.

Dalam aplikasi Dapodik versi 2024, ada beberapa pembaruan dan perbaikan pada beberapa fiturnya, diantaranya :
  1. Pembaruan pada penambahan menu dan fitur baru notifikasi dari pusat.  
  2. Pembaruan khususnya adanya penambahan validasi bagi penerima bantuan TIK yang wajib memperbarui alat berupa Laptop.
  3. Fitur pembaruan yaitu penambahan validasi maksimal jumlah jam yang diterima oleh peserta didik pada tingkat 11 dan 12 bagi pelaksana Kurikulum Merdeka.
  4. Pembaruan yaitu penambahan validasi ruang yang telah dihapus buku namun mash digunakan pada rombongan belajar.
  5. Pembaruan pada penambahan mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan khusus untuk jenjang SMK.
  6. Pembaruan pada penambahan validasi terkait penginputan Praktik Kerja Lapangan (PKL) khusus jenjang SMK.
  7. Pada Dapodik versi 2024 juga terdapat perbaikan yaitu bugs pada sanitasi ketika menghitung jumlah jamban dan perubahan referensi dalam pemilihan kecepatan internet pada Data Periodik Sekolah. 

Teknis dari setiap perubahan serta perbaikan dapat di baca secara lengkap pada dokumen berikut,


Sebelumnya, aplikasi Dapodik versi 2024 tersedia dalam dua langkah instalasi, yaitu instalasi awal dan patch. Instalasi awal digunakan bila pengguna ingin memasang aplikasi dari awal (fresh). langkah- langkahnya pun sama seperti instalasi aplikasi- aplikasi lainnya, namun apabila masih terdapat aplikasi Dapodik versi sebelumnya, lakukan uninstal aplikasi tersebut lebih dahulu sebelum memasang aplikasi Dapodik versi terbaru. 

Untuk pembaruan aplikasi Dapodik versi terbaru 2024 melalui Patch dilakukan pada perangkat yang sebelumnya sudah terinstal aplikasi Dapodik versi 2023.d.   

Demikian rilis Aplikasi Dapodik Versi terbaru 2024 dan beberapa pembaruan dan perbaikan dari fitur- fiturnya. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment