Hai sahabat Ahzaa, kita masuk ke kegiatan pembelajaran 2 untuk mapel Seni
Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 2 Alat Musik Tradisional
tentang Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Perorangan. Sebelumnya sudah
kita pelajari untuk kegiatan pembelajaran 1, yang dapat teman- teman baca pada
posting sebelumnya.
Baik, untuk kegiatan pembelajaran 2 memainkan alat musik tradisional secara
perseorangan, akan membahas tentang permainan alat musik pukul tidak bernada
dan bernada.
Baca Juga :
Rangkuman dan Latihan Soal Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum
Merdeka Unit 2 Alat Musik Tradisional (Part II)
Kegiatan Pembelajaran 2
Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Perorangan
Permainan alat musik pukul tidak bernada
Peran alat musik pukul tidak bernada adalah sebagai penjaga tempo dan ritme
musik. Untuk memainkan alat musik pukul tidak bernada tidak diperlukan
pemahaman tentang nada atau melodi sementara tempo dan ritme lebh
dipentingkan dalam memainkan alat ini.
Pada permainan alat musik pukul tidak bernada, tempo diartikan sebagai
ukuran kecepatan dari musik yang diukur dengan satuan beats per minute (bps)
sedangkan ritme adalah pola pukulan dalam musik.
Setiap jenis musik memiliki tempo dan ritme yang berbeda- beda seperti pada
alat musik karawitan Jawa yang bertempo lambat dan ritme yang sederhana,
tidak begitu rumit dibanding dengan musik karawitan Bali yang bertempo lebih
cepat dan pola ritme yang kompleks atau lebih rumit.
Pemahaman dasar diperlukan untuk mengembangkan keterampilan dalam bermain
musik seperti penggolongan alat musik, media pukulan musik, dan area pukul
pada alat musik.
Jenis alat musik
Pada alat musik tidak bernada , pemain harus mengerti jenis alat musik
apakah termasuk membranophone dan idiophone. Membranophone merupakan alat
musik pukul yang sumber bunyinya dihasilkan dari kulit atau membran pada
alat musik tersebut seperti bedug, tifa, kendhang, rebana dan sebagainya,
sementara itu, Idiophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal
dari badan alat musik itu sendiri seperti gong, ceng cong dan
sebagainya.
Teknik pemakaian alat pukul
Setiap alat musik tradisional memiliki teknik khusus untuk memakai alat
pukul atau tidak memakai alat pukul alias tangan kosong. Perbedaannya
terletak pada karakter suara yang dihasilkan. Alat musik yang dipukul dengan
bantuan alat pukul seperti stik memiliki karakter suara yang pasti atau
solid, dan suara yang dihasilkan juga berubah- ubah sesuai dengan bahan dari
alat pemukul yang dipakai. Alat musik yang dipukul menggunakan tangan dapat
menghasilkan suara yang ebrbeda- beda sesuai dengan posisi tangan saat
memukul. Pada alat musik tertentu seperti kendhang Sunda membutuhkan bantuan
kaki untuk menghasilkan suara yang berbeda- beda dalam satu alat
musik.
Area pukulan pada alat musik
Tekanan yang berbeda dari setiap area pukul pada alat musik akan menyebabkan
bunyi yang ingin dihasilkan.
Pada alat musik membranophone, misalnya, pada bagian tengah yang dipukul,
maka akan dihasilkan suara yang berat dan besar atau low (bas) sebaliknya
saat dipukul pada bagian pinggir membran maka suara yang dihasilkan akan
semakin tipis atau lebih high(alto). Dapat disimpulkan alat musik pukul
tetap dapat menghasilkan bunyi yang berbeda meskipun tidak memiliki
nada.
Permainan alat musk pukul bernada
Sebagian besar alat musik pukul bernada di Indonesia terbuat dari bahan
logam, kayu dan bambu sehingga dibutuhkan alat bantu pukul seperti stik atau
alat pemukul yang berguna sebagai media untuk menghasilkan bunyi dari bilah-
bilah yang bernada.
Alat musik pukul bernada umumnya berfungsi sebagai melodi utama dari suatu
musik atau sebagai pelengkap harmoni dari sebuah karya musik. Ada beberapa
cara untuk memainkan alat musik pukul bernada diantaranya :
Cara memegang stik
Kualitas bunyi yang dihasilkan oleh alat musik pukul bernada dipengaruhi
oleh cara memegang stik. Kelenturan tangan saat memegang stik diperlukan
saat memainkan pola pukulan yang agak cepat atau rumit. Hal yang
diperhatikan saat memegang stik adalah dengan emmerhatikan titik tumpu
posisi stik agar tidak terlalu ditengah ataupun di ujung, dan genggaman
sebaiknya tidak terlalu erat agar dapat memantulkan secara alami.
Daerah pukulan pada instrumen
Alat musik pukul bernada memiliki area pukul yang pasti karena berhubungan
dengan kejelasan nada yang dihasilkan, tentunya hal ini berbeda dengan alat
musik pukul tidak bernada. Bagian yang dianjurkan untuk dipukul pada alat
musik pukul bernada terdapat pada bagian titik tengah badan alat untuk
menghasilkan kualitas bunyi terbaik dan bagian pinggir instrumen tidak
dianjurkan untuk dipukul.
Teknik meredam atau memotong resonansi bunyi
Pada alat musik pukul yang berbahan logam, akan dibutuhkan teknik untuk
meredam atau memotong resonansi bunyi karena resonansi bunyi yang dihasilkan
oleh logam lebih panjang dibanding alat berbahan kayu atau bambu.
Resonansi yang tidak terkontrol akan menyebabkan rusaknya harmoni musik
secara keseluruhan sehingga diperlukan teknik peredaman atau pemotongan
resonansi bunyi.
Cara untuk meredam atau memotong bunyi pada alat musik pukul bernada yang
terbuat dari logam dilakukan dengan memegang bilah instrumen setelah dipukul
atau dengan menempelkan stik ke bilah instrumen tersebut.
Sumber : Buku Guru Seni Musik Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka terbitan
Kemdikbudristek
Lanjut ke soal latihan yaa...
Latihan Soal Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 2
Alat Musik Tradisional (Part II) : Memainkan Alat Musik Tradisional Secara
Perorangan
1. Peran alat musik pukul tidak bernada dalam sebuah pementasan musik adalah
....
a. memainkan melodi dan tempo musik
b. penjaga tempo dan ritme musik
c. memainkan keseluruhan ritme musik
d. menjaga melodi musik
2. Untuk memainkan alat musik pukul tidak bernada, hal yang terpenting
dipelajari adalah ....
a. nada
b. melodi
c. tempo dan nada
d. tempo dan ritme
3. Ukuran kecepatan musik merupakan istilah lain dari ....
a. nada
b. tempo
c. ritme
d. melodi
4. Satuan tempo dalam musik adalah ....
a. byte
b. kilobyte
c. beats per minute
d. kilo beats per second
5. Pernyataan yang tepat tentang tempo dan ritme pada alat musik pukul tidak
bernada adalah ....
a. setiap alat musik pukul tidak bernada memiliki tempo yang sama namun
ritme yang berbeda
b. setiap alat musik pukul tidak bernada memiliki tempo yang berbeda namun
ritme yang sama
c. setiap alat musik pukul tidak bernada memiliki tempo dan ritme yang
berbeda- beda
d. setiap alat musik pukul tidak bernada memiliki tempo dan ritme yang sama
6. Alat musik pukul dengan sumber bunyi yang dihasilkan
dari kulit atau membran disebut ....
a. idiophone
b. membranophone
c. elektrophone
d. chordophone
7. Jenis alat musik yang sumber bunyinya dari badan alat itu sendiri disebut
....
a. idiophone
b. membranophone
c. elektrophone
d. chordophone
8. Contoh kelompok dari alat musik membranophone adalah ....
a. kendhang, rebana, sasando
b. ceng- ceng, gong
c. dol, bedug, gong
d. tifa, bedug, gendang
9. Contoh kelompok dari alat musik membranophone adalah ....
a. kendhang, rebana, sasando
b. ceng- ceng, gong
c. dol, bedug, gong
d. tifa, bedug, gendang
10. Karakter alat musik yang dipukul menggunakan alat pukul seperti stik
adalah ....
a. suara yang hambar
b. suara yang solid
c. suara yang menyebar
d. suara yang sumbang
11. Alat musik tidak bernada yang dipukul menggunakan tangan dapat
menghasilkan suara yang berbeda-beda sesuai dengan ....
a. posisi tangan saat memukul
b. kekuatan pukulan
c. ukuran alat musik
d. keterampilan pemain musik
12. Bantuan kaki untuk menghasilkan suara yang berbeda- beda dapat dilihat
pada alat musik pada kendang di daerah ....
a. Sumatra
b. Jawa Tengah
c. Sunda
d. Madura
13. Pada alat musik membranophone, jika dipukul pada bagian tengah membran
akan menghasilkan suara ....
a. keras
b. ringan
c. tipis
d. berat
14. Cara yang tepat saat memegang stik pada permainan alat musik pukul
bernada adalah ....
a. berada di tengah pemukul
b. di ujung pemukul
c. tidak terlalu di tengah maupun di ujung stik
d. diujung atas pemukul
15. Agar menghasilkan bunyi yang berkualitas saat menggunakan alat musik
pukul yang bernada, pola pukulan untuk nada yang rumit dilakukan dengan
tangan yang ....
a. kaku
b. keras
c. lentur
d. kaku dan dinamis
16. Area pukul pada alat musik pukul bernada adalah ....
a. semua tempat
b. area pukul di tengah
c. area pukul di ujung
d. area pukul di bagian pinggir
17. Peredaman bunyi dalam memainkan alat musik pukul bernada berbahan
logam diperlukan untuk ....
a. memotong resonansi bunyi
b. meninggikan tempo
c. menghasilkan nada yang selaras
d. menghasilkan ritme yang teratur
18. Alat musik pukul bernada yang terbuat dari logam memiliki resonansi ....
a. lebih pendek dibanding alat musik berbahan bambu atau kayu
b. lebih panjang dibanding alat musik berbahan bambu atau kayu
c. cenderung sama dengan alat musik berbahan bambu atau kayu
d. tidak teratur dibanding alat musik berbahan bambu atau kayu
19. Cara untuk meredam atau memotong bunyi pada permainan alat musik logam
dapat dilakukan dengan cara ....
a. memegang bilah instrumen saat dipukul
b. memegang bilah instrumen setelah dipukul
c. memukul berulang kali pada bilah instrumen yang sama
d. memegang terus menerus bilah instrumen baik sebelum maupun setelah
dipukul
20. Kita sering melihat pemain gamelan menempelkan stik bilah instrumen
setelah memukul alat musik. Hal ini dilakukan dengan tujuan ....
a. mendapatkan suara yang baik
b. menghasilkan suara yang berat
c. meredam atau memotong bunyi
d. mendapatkan kualitas kejernihan suara
Demikian Rangkuman dan Latihan Soal Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 2 Alat Musik Tradisional (Part II) : Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Perorangan, lanjut ke kegiatan pembelajaran 4
tentang Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Berkelompok pada tulisan
selanjutnya.
Semoga Bermanfaat.
EmoticonEmoticon