Penerapan gamifikasi (gamification) dalam pembelajaran memberikan manfaat yang
luar biasa untuk peserta didik. Pasalnya, dengan menerapkan gamifikasi,
pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan menarik sehingga peserta
didik akan termotivasi dengan lebih belajar terhadap materi yang di ajarkan.
Selain itu, memasukkan elemen- elemen gim juga membantu peserta didik untuk
ikut serta aktif dalam pembelajaran. Sebenarnya tidak hanya peserta didik saja
yang ketiban manfaat, guru pun juga akan lebih kreatif dalam menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif disamping mendapatkan
umpan secara instan.
Baca Juga :
Untuk menciptakan pembelajaran yang menerapkan unsur gamifikasi, guru dapat
menggunakan platform- platform dan alat- alat tertentu yang saat ini semakin
tersedia, salah satunya adalah QuizWhizzer. Bagi yang belum tahu apa itu
QuizWhizzer, bagaimana cara pengunaannya, serta tutorial pembuatan kuis
gamifikasi dengan QuizWhizzer, berikut uraian lengkapnya.
Apa itu QuizWhizzer
QuizWhizzer
merupakan sebuah platform web yang menyediakan fitur bagi guru untuk membawa
pembelajaran berbasis game ke dalam kelas sehingga lebih menyenangkan dan
interaktif. Dalam hal ini guru dapat membuat kuis atau pertanyaan yang
kemudian diintegrasikan ke dalam suatu permainan seperti permainan kecepatan
dalam ular tangga, maupun permainan papan lainnya. Siswa dapat terlibat secara
aktif dalam komunitas atau kelompok yang diundang oleh guru, dengan menjawab
pertanyaan- pertanyaan atau kuis yang diajukan serta bersaing dengan rekan-
rekannya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pada akhirnya, terdapat chart
atau grafik yang akan menampilkan jawaban dari para siswa dan siapa yang
berhak untuk menyandang juara dalam permainan tersebut.
Layanan QuizWhizzer
Berkaitan dengan layanan, QuizWhizzer menyediakan dua layanan yaitu gratis
dan berbayar (Pro). Untuk layanan gratis, teman- teman tidak akan dikenakan
biaya, namun dengan fitur kuis yang terbatas misalnya jumlah batasan peserta
hanya maksimal 10 orang saja. Akan tetapi untuk fitur berbayar atau Pro, akan
dikenakan harga 4.92 per pengguna tiap bulannya dengan berbagai layanan
termasuk peserta ujian yang mencapai 50 orang, pertanyaan berbasis gambar atau
video, dan fitur- fitur lainnya.
Ada empat langkah sederhana bagi guru dalam membuat pembelajaran dengan
gamifikasi dari QuizWhizzer, yaitu pertama mendesain gim atau permainan yang
akan dibuat, dan kedua, membuat dan menyusun pertanyaan- pertanyaan atau kuis,
ketiga, mempublish game dan mengundang siswa untuk ikut berpartisipasi, serta
terakhir, menganalisa hasil dari permainan kuis tersebut.
Untuk lebih jelas dalam membuat kuis pembelajaran melalui QuizWhizzer, teman-
teman dapat menyimak tutorial lengkapnya berikut ini,
Langkah Pertama , Pembuatan akun QuizWhizzer.
Teman- teman dapat mencobanya secara gratis selama masa trial atau percobaan.
Klik Try it for Free
Silahkan sign up menggunakan alamat email Google untuk memudahkan.
Teman- teman dapat memilih untuk pilihan buat guru ya, karena untuk siswa
hanya digunakan untuk bermain gim dengan kode yang sudah diberikan kepada
mereka sebelumnya. Pilih Teachers, jadi diperlukan akun untuk pembuatan
kuisnya.
Langkah Kedua, Memulai Membuat Game
Jika proses pendaftaran pada langkah pertama sudah berhasil, teman- teman
dapat masuk ke dalam dashboard QuizWhizzer untuk pertama kalinya. Inilah
tampilan dashboardnya. Ada berbagai fitur yang disediakan, bisa dilihat pada
bilah kiri layar seperti question bank, make a game, public games, Avatars dan
sebagainya. Klik Make a Game untuk membuat game
baru.
Yuk mulai desain gameboard yang akan digunakan sebagai gamifikasi kuis teman-
teman. Untuk mempercepat pembuatannya, desain dapat kita pilih melalui templat
yang tersedia. Klik Choose from Templates.
Inilah contoh permainan yang saya pilih, teman- teman dapat memilih jenis
papan permainan lain sesuai dengan selera dan kebutuhan.
Inilah contoh soal yang sudah saya masukkan. Pada contoh gamifikasi kuis,
saya membuat 5 pertanyaan bahasa Inggris tentang cuaca dan iklim.
Lanjut ya ke bagian setting. Bagian ini diperlukan untuk mengatur kuis
yang dibuat, tentunya selesaikan pertanyaan terlebih dahulu pada tahapan
sebelumnya. Terdapat form Nama kuis, deskripsi, bahasa, dan opsi tambahan
seperti ketersediaan kuis untuk dimainkan apakah untuk semua orang atau
hanya orang yang dalam komunitas untuk dibagi.
Pada tahapan sebelumnya yaitu tampilan keberhasilan pembuatan kuis, teman-
teman akan memulai membagikan kuis yang dibuat kepada siswa. Pilih Mode game
yang akan digunakan, apakah dengan Live Race atau penugasan di rumah melalui
PR. Sebagai contoh, saya memilih Live Race.
Sebelum membagikan, stting dulu kuis yang dibuat, baik tampilan acak
pertanyaan, pertanyaan yang diulang maupun review pertanyaan setelah
menyelesaikan.
Bagikan kode akses yang berupa nomor kepada siswa melalui tautan link yang
terdapat pada notifikasi Access code. Pada saat siswa belum membuka tautan
link yang diberikan, maka status pada dashboard adalah waiting for
players, artinya masih menunggu pemain. Saat siswa sudah mengakses tautan
yang diberikan, maka tombol start akan berfungsi dan guru dapat menge-klik
untuk memulainya.
Inilah tampilan pada smartphone siswa saat mereka sudah membuka tautan
link melalui browser mereka.
Terdapat feedback berupa emoticon saat siswa berhasil menjawab pertanyaan
dengan benar dan lanjut ke pertanyaan berikutnya.
Guru dapat memantau progress dari pemain atau siswa saat mereka
berkompetisi menjawab setiap pertanyaan. Klik View Result untuk
mengetahui hasil dari permainan.
Inilah tampilan hasil, yang menunjukkan pemeringkatan dari siswa.
Menarik bukan? Itulah cara mudah membuat game pembelajaran Interaktif
dengan QuizWhizzer. Sudah ada yang pernah mencoba? Yuk share dong
pengalamannya di kolom komentar...
Semoga Bermanfaat.
Salam.
EmoticonEmoticon