Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Yuk kita lanjutkan lagi belajarnya untuk mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka. Hari ini kita belajar melalui rangkuman dan latihan soal untuk mapel Informatika kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka bab 8 Dampak Sosial Informatika. Adapun sub bab yang akan kita bahas adalah materi sub bab A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Adapun materi Informatika kelas 7 SMP bab 8 Dampak Sosial Informatika, terdiri dari empat sub bab yaitu
A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
B. Kolaborasi di Dunia Maya
C. Media Sosial
D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi
1. Hukum Privasi
2. Persetujuan yang Diinformasikan
Nah, untuk memudahkan teman- teman dalam belajar, setiap materi tersebut akan dibuat secara terpisah. Rangkuman juga dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji sejauh mana kemampuan teman- teman dalam mempelajari materi ini. Latihan soal sejumlah 25 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya.
Baik, kita mulai dari rangkuman terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan latihan soal di bagian akhir. Selamat Belajar.
Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2
Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika (Part I) : Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk
menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi
2. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem
komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan
peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu
3. TI agar bida berinteraksi dengan perangkat lain maka harus ditambah
dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan
internet.
4. Pengembangan tulisan sekitar 3.000 SM di zaman bangsa Sumeria di
Mesopotamia menunjukkan bahwa manusia telah melakukan pekerjaan menyimpan,
mengambil, memanipulasi, dan mentransmisikan informasi.
5. Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik
pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan
keputusan,
dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer.
6. Manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan
orang lain sehingga dengan menggunakan gawai yang terhubung dengan orang
lain,
memungkinkan kontak sosial yang makin intensif.
7. Pengaruh TI dalam kehidupan sehari- hari
a. mengerjakan aktivitas keseharian dengan mudah
b. Pendidikan/ e-learning
c. kesehatan
d. perdagangan
e. pekerjaan
8. Dampak positif dan negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Dampak positif
- Pengelolaan kegiatan keseharian
- Komunikasi dan hubungan sosial
- Pencarian informasi dan berbagi informasi
- Hiburan
- Pendidikan
- Lingkungan Tanpa Kertas
- Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari
b. Dampak Negatif
- Penyebaran informasi yang salah
- Kecanduan internet dan game
- Cyberbullying
- Berkurangnya aktivitas sosial
- Berkurangnya aktivitas isik
- Potensi kehilangan pekerjaan
- Potensi korban kejahatan
Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8
Dampak Sosial Informatika (Part I) : Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi
1. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang Teknologi Informasi adalah ....
A. Teknologi Informasi berkaitan erat dengan pengiriman data atau informasi
B. Teknologi Informasi dapat berinteraksi dengan peralatan lain tanpa ada
perangkat tambahan
C. Teknologi Informasi bersifat statis hanya untuk mengirim data
D. Teknologi Informasi merupakan perangkat lunak yang bekerja tanpa perintah
2. Berikut ini yang bukan merupakan sistem penyusun pada Teknologi Informasi
adalah ....
A. perangkat keras
B. perangkat lunak
C. peralatan peripheral
D. perangkat komunikasi
3. Teknologi Informasi dapat berinteraksi dengan perangkat lainnya dengan
menambah peralatan komunikasi diantaranya sebagai berikut ini, kecuali ....
A. jaringan komputer
B. telekomunikasi
C. internet
D. TV Kabel
4. Pengguna dapat berkomunkasi dengan memanfaatkan teknologi Informasi tanpa
berbatas ruang dan waktu, artinya ....
A. mencakup wilayah dan waktu tertentu
B. memerlukan waktu dan ruang tertentu
C. dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
D. selalu mengandalkan ruang dan waktu untuk berkomunikasi
5. Transmisi informasi dilakukan pertama kali pada zaman bangsa ....
A. Mongolia
B. China
C. Mesir
D. Sumeria
6. Pekerjaan menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan mentransmisikan
informasi sudah dilakukan sejak `3.000 SM dengan cara ....
A. mengirim kode- kode tertentu
B. mengembangkan tulisan
C. mengirim sandi melalui hewan
D. menciptakan bahasa isyarat
7. Manusia merupakan makhluk sosial, artinya ....
A. tidak bersosialisasi dengan orang lain
B. selalu membutuhkan bantuan orang lain
C. menciptakan hal- hal yang baru
D. selalu berpindah- pindah tempat
8. Salah satu contoh penerapan Internet of Things di rumah adalah ....
A. pembayaran melalui e-wallet
B. pemanfaatan ChatGPT
C. mematikan lampu secara otomatis dengan smartphone
D. pembelian tiket secara online
9. Pembayaran pada sekarang ini menggunakan sistem cashless, artinya ....
A. menggunakan uang tunai
B. menggunakan uang virtual
C. tidak menggunakan uang tunai
D. menggunakan sistem kredit
10. Salah satu bentuk penerapan e-learning dalam pembelajaran adalah ....
A. presentasi siswa di depan kelas
B. pembuatan pembelajaran berbasis project
C. pemanfaatan Learning Management System sekolah
D. kegiatan tatap muka sekolah
11. Halodoc merupakan contoh aplikasi yang menerapkan teknologi informasi
dalam bidang ....
A. pendidikan
B. sosial
C. keamanan
D. kesehatan
12. Pembayaran pada perdagangan online dapat dilakukan melalui e-payment.
Berikut ini yang tidak termasuk e-payment adalah ....
A. e-wallet
B. kartu kredit
C. uang kertas
D. kartu debit
13. Sistem yang bekerja pada pemanfaatan alat berbasis IoT adalah ....
A. pengendalian peralatan secara jarak jauh melalui internet
B. laju pencarian yang sangat cepat melalui internet
C. sarana pertukaran informasi melalui internet
D. pemindaian secara cepat dengan alat scanner
14. Zoom dan Google Meet merupakan aplikasi yang memudahkan dalam hal ....
A. pencarian informasi
B. komunikasi
C. pengelolaan kegiatan
D. hiburan
15. Informasi akan didapatkan dengan cepat melalui mesin pencari. Berikut
ini mesin pencari yang sering digunakan milik perusahaan Microsoft adalah
....
A. Google
B. Bing
C. Opera
D. Duckduckgo
16. Pada masa pandemi Covid-19 yang lalu, sistem pembelajaran yang digunakan
adalah ....
A. sistem tatap muka
B. sistem blended learning
C. sistem e-learning
D. sistem traditional learning
17. Salah satu kegunaan TIK yang berkaitan dengan penyelamatan lingkungan
adalah ....
A. sistem e-learning
B. sistem paperless
C. virtual learning
D. virtual reality
18. Penyebaran berita hoax akan marak seiring perkembangan teknologi. Salah
satu car mencegahnya adalah ....
A. menyaring kebenaran berita yang masuk
B. menyebarkan begitu saja beritanya
C. membuat klarifikasi kebenaran berita
D. menambahkan berita yang masuk
19. Kecanduan akan game dan gadget akan membuat anak- anak bersikap ....
A. antisosial
B. individualis
C. introvert
D. semua jawaban benar
20. Perundungan tidak hanya terjadi pada dunia nyata tetapi juga terjadi
pada duniat digital atau yang lebih familiar disebut dengan ....
A. cyberattack
B. cyberbullying
C. bullying
D. cyberprotection
21. Gangguan kesehatan yang terjadi akibat kurangnya aktivitas fisik karena
ketergantungan dalam pemanfaatan kecanggihan teknologi adalah ....
A. gula darah
B. kegemukan
C. gangguan psikologis
D. depresi
22. Aksi perundungan sangat berbahaya bagi korbannya karena dapat
mengakibatkan ....
A. aktivitas terhambat
B. pertumbuhan terganggu
C. trauma psikologis bertahun - tahun
D. obesitas
23. Kemajuan teknologi terhadap pemutusan hubungan kerja. Pernyataan yang
tepat adalah ....
A. munculnya pekerjaan lama yang sudah ada
B. teknologi akan menggantikan tenaga manusia dengan mesin
C. teknologi akan menyeimbangkan pekerjan untuk manusia dan mesin
D. teknologi akan meminimalisir sistem kerja mesin
24. Perlindungan yang tepat agar terhindar dari kejahatan siber di
smartphone adalah ....
A. membeli perangkat yang paling mahal
B. melakukan enkripsi data
C. membuat password dengan tanggal lahir kita
D. menggunakan perangkat yang canggih
25. Hal yang tidak boleh dilakukan saat melakukan transaksi keuangan
menggunakan gadget adalah ....
A. melakukan screenshot pada layar
B. memberitahuan kode OTP yang dikirimkan
C. memasang antivirus
D. membuat password dengan kode unik
Lanjut ke Bagian II atau Materi Part II :
No comments:
Post a Comment