Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini
kita akan lanjutkan membahas untuk mapel
Informatika kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka. Adapun materi
yang akan kita ulas adalah bab 7 tentang Algoritma dan Pemrograman.
Materi sub bab ini merupakan lanjutan dari materi bab sebelumnya yaitu bab
6, Analisis Data. Teman- teman dapat menyimak rangkuman materi berikut
latihan soal pada post sebelumnya.
Baca Juga :
Materi Informatika kelas 7 SMP bab 7 Algoritma dan Pemrograman membahas
tentang pengenalan algoritma dan contoh platform pemrograman visual yaitu
Scratch. Lebih lanjut materi tersebut akan saya paparkan melalui rangkuman
materi di bawah yaa...
Oya, tulisan ini berisikan rangkuman dan latihan soal untuk menguji sejauh
mana kemampuan teman- teman dalam mempelajari materi ini. Seperti biasa
yaa latihan soal sejumlah 15 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci
jawabannya.
Baik, kita mulai dari rangkuman terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan
latihan soal di bagian akhir. Selamat Belajar.
Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2
Kurikulum Merdeka Bab 7 Algoritma dan Pemrograman
1. Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu.
2. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer
3. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan
instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur
jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang
baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya.
4. Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web.
5. Komputer tidak dapat berjalan sendiri namun memerlukan perintah yang
dijalankan kepadanya
6. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut sebagai sebuah kode
7. Pemrograman visual adalah sebuah bahasa pengkodean yang
memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam
bentuk teks.
8. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok grafik yang dapat
disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual merepresentasikan
pernyataan atau struktur kontrol.
9. Contoh pemrograman visual adalah Scratch, yaitu platform pemrograman
visual.
10. Lebih lanjut tentang Scratch sudah pernah saya tulis sebelumnya melalui
dua artikel, silahkan dipelajari lebih lanjut dalam artikel berikut,
Contoh pembuatan project melalui Scratch, teman - teman dapat menyimak
penjelasan dalam artikel ini,
Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka
Bab 7 Algoritma dan Pemrograman
1. Pernyataan yang tepat tentang algoritma adalah ....
A. algoritma berbentuk urutan langkah yang tidak teratur
B. algoritma merupakan urutan langkah yang teratus dalam menyelesaikan tugas
tertentu
C. algoritma hanya dibuat untuk dipahami oleh komputer
D. algoritma memerlukan pemahaman yang khusus terhadap ilmu komputer
2. Untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer maka algoritma akan diterjemahkan
menjadi ....
A. rumus matematika
B. kode program
C. besaran tertentu
D. bahasa ilmiah
3. Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan hal- hal
berikut ini, kecuali ....
A. pemilihan informasi yang tepat
B. penyelesaian permasalahan dengan efektif
C. kombinasi solusi atas permasalahan sebelumnya
D. diskusi dengan para ahli
4. Pemrograman merupakan suatu proses yang dapat diterapkan dalam
pengembangan ....
A. program
B. perangkat lunak
C. aplikasi
D. semua jawaban benar
5. Komputer merupakan suatu perangkat yang memerlukan suatu perintah yang
disebut sebagai ....
A. kode
B. sandi
C. order
D. command
6. Pemrograman visual disebut juga permrograman berbasis ....
A. grafik
B. blok
C. kode
D. layar
7. Di bawah ini elemen yang terdapat pada pemrograman visual adalah ....
A. teks
B. perintah
C. blok grafik
D. order
8. Dalam pemrograman visual, setiap elemen- elemennya akan
mempresentasikan ....
A. struktur kontrol
B. kode
C. sandi tertentu
D. susunan tertentu
9. Belajar informatika sangat penting menghadapi situasi di masa mendatang.
Hal ini dikarenakan ....
A. peran teknologi yang akan menggantikan peran manusia dalam segala bidang
B. adanya pekerjaan baru berbasis teknologi yang mungkin ada di masa
mendatang, namun sekarang belum ada
C. pencipta teknologi yang semakin dibutuhkan di masa mendatang
D. semua jawaban benar
10. Kegunaan pelajaran informatika bagi generasi mendatang adalah ....
A. kemudahan dalam menggunakan komputer
B. menyelesaikan pekerjaan dengan teknologi
C. mengetahui cara membuat aplikasi teknologi untuk memudahkan aktivitas
D. jawaban A, B dan C benar
Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP
Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Algoritma dan Pemrograman. Semoga dapat
membantu teman- teman yang sedang mempelajari materi Algoritma dan Pemrograman
di atas.
Materi rangkuman dan latihan soal masih akan saya lanjutkan untuk bab 8 Dampak
Sosial Informatika pada tulisan berikutnya ...Tetap di AhzaaNet yaa
Salam.
No comments:
Post a Comment