Latihan Soal Penilaian Harian/ Asesmen Harian/ Sumatif Harian Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Unit 3 Membuat Karya Tari - Ahzaa.Net

Latihan Soal Penilaian Harian/ Asesmen Harian/ Sumatif Harian Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Unit 3 Membuat Karya Tari

Latihan Soal Penilaian Harian/ Asesmen Harian/ Sumatif Harian Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Unit 3 Membuat Karya Tari
Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan kali ini kita akan berlatih soal- soal Penilaian Harian Sumatif Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 (Genap) Unit 3 tentang Membuat Karya Tari. 

Ada dua unsur yang dipelajar pada unit 3, Membuat Karya Tari yaitu komposisi tari kelompok dan unsur pendukung dalam karya tari kreasi kelompok. Komposisi tari terdiri atas elemen-elemen pokok yang meliputi gerak tari, desain gerak (desain atas dan desain lantai), musik atau iringan, desain dramatik, tema, rias dan busana, tempat pertunjukan dan perlengkapan tari. 

Semua materi tersebut dirangkum dalam bentuk latihan soal untuk memudahkan dalam belajar teman- teman. 

source : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Latihan soal Penilaian Harian/ Asesmen Harian/ Sumatif Harian Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Unit 3 Membuat Karya Tari terdiri atas 40 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. 

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
=======================================================================================
Latihan Soal Penilaian Harian/ Asesmen Harian/ Sumatif Harian Seni Tari Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Unit 3 Membuat Karya Tari

1. Perhatikan elemen- elemen berikut ini,
(1) gerak tari
(2) desain gerak
(3) biaya pertunjukan
(4) musik atau iringan
(5) desain dramatik
(6) pengarah gaya
(7) tema
(8) rias dan busana 
(9) tempat pertunjukan dan perlengkapan tari

Hal- hal yang tidak termasuk dalam elemen tari ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 5
C. 3 dan 6
D. 4 dan 7


2. Jumlah penari dalam tari kelompok dapat memberikan makna tertentu. Jumlah genap dalam tari dapat memberikan kesan ....
A. terpisah
B. menyatu
C. tersendiri
D. individual


3. Jumlah ganjil penari dalam memberikan kesan ....
A. seragam
B. menyatu
C. kebersamaan
D. memisahkan seseorang


4. Penempatan ruang seperti desain lantai/pola lantai dalam kelompok dapat mengandung makna tertentu. Pola lingkaran dengan arah hadap penari ke dalam lingkaran biasanya memberikan kesan ....
A. tidak menyatu
B. terpisah
C. konflik
D. menyatu


5.  Pola lingkaran dengan arah arah hadap penari keluar dapat memberikan kesan ....
A. terpisah
B. menyatu
C. seragam
D. terpadu


6. Komponen utama yang menggambarkan keseluruhan makna dalam karya tari adalah ....
A. gerak tari
B. tata rias dan busana
C. tema
D. musik atau iringan


7. Gerak dalam tari kelompok dapat dilakukan secara rampak ataupun selang seling. Gerak rampak adalah ....
A. gerak yang dilakukan sekelompok penari dalam waktu yang berbeda
B. gerak yang dilakukan sekelompok penari dalam waktu yang sama
C. gerak yang dilakukan sekelompok penari dengan bentuk gerak saling mengisi dalam waktu yang berbeda
D. gerak yang berbeda antara satu penari dengan penari lainnya dalam waktu yang hampir sama namun di tempat yang berbeda


8. Berikut ini yang bukan merupakan variasi dari gerak rampak adalah ....
A. gerak rampak dengan bentuk gerak yang sama
B. gerak rampak dengan bentuk gerak saling mengisi
C. gerak rampak yang dilakukan oleh dua kelompok yang bergerak berbeda
D. Gerak rampak dengan gerak dinamis tanpa mengindahkan tata gerak yang ada 


9. Gerak rampak saling mengisi terlihat pada tari ....
A. Saman dari Aceh
B. Gambyong dari Jawa Tengah
C. Legong dari Bali
D. Piring dari Sumatra Barat


10. Gerak selang seling dalam tari dapat dilakukan dengan ....
A. saling mengisi dengan waktu yang sama
B. bergantian dengan selisih waktu tertentu
C. gerak berbeda dengan waktu bersamaan
D. gerak yang sama


11. Berikut ini yang merupakan variasi dari gerak selang seling adalah ....
A. gerak persis sama dengan berurutan
B. gerak saling mengisi secara bergantian
C. gerak kontras dan saling mendukung antarpenari dalam waktu yang berurutan
D. semua jawaban benar


12. Gerak yang dilakukan sejumlah penari secara bersama-sama sebagai variasi desain gerak  tari kelompok merupakan desain gerak ....
A. berimbang
B. serempak
C. berurutan
D. selang seling


13. Gerak yang dilakukan  secara simetris oleh pembagian kelompok yang berimbang merupakan variasi desain gerak tari kelompok ....
A. berimbang
B. terpecah
C. berurutan
D. selang seling


14. Gerak yang dilakukan secara berurutan atau bergantian, dengan selisih waktu tertentu merupakan variasi desain gerak tari kelompok ....
A. berimbang
B. terpecah
C. berurutan
D. selang seling


15. Gerak dimana terdapat perbedaan gerak antara penari  dengan nomor ganjil dan penari dengan nomor genap, baik dari segi arah gerak ataupun level merupakan variasi desain gerak tari kelompok ....
A. berimbang
B. terpecah
C. berurutan
D. selang seling


16. Setiap penari melakukan gerak yang berbeda, namun tetap menjadi satu kesatuan dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya merupakan variasi desain gerak tari kelompok ....
A. berimbang
B. terpecah
C. berurutan
D. selang seling


17. Fungsi musik dalam sebuah karya tari adalah ....
A. pemberi suasana
B. memperjelas gerakan tari
C. menambah unsur keindahan tari
D. mempertegas watak penari


18. Musik eksternal dalam seni tari bersumber pada ....
A. bunyi- bunyian dari gerakan penari
B. bunyi- bunyian alat musik
C. bunyi- bunyian dari anggota badan penari
D. perpaduan bunyi dari iringan musik dan anggota badan penari


19. Contoh tari tradisional yang menggunakan musik eksternal dalam karya tari adalah ....
A. Tari Lenso
B. Tari Serampang Dua Belas
C. Tari Serimpi
D. semua jawaban benar


20. Iringan musik internal tari dapat bersumber dari ....
A. iringan musik
B. alat musik tradisional
C. suara atau gerakan bunyi-bunyian yang dihasilkan dari gerakan  penari
D. perpaduan bunyi dari iringan musik dan anggota badan penari


21. Tari Randai merupakan contoh tari yang menggunakan iringan pengiring ....
A. internal
B. eksternal
C. dari gerakan penari
D. perpaduan internal dan eksternal   


22. Iringan musik eksternal tari Randai berasal dari alat musik ....
A. saluang
B. bansi
C. talempong
D. semua jawaban benar


23. Gerak yang didukung oleh ritme musik yang selaras akan menghasilkan tarian yang sifatnya ....
A. kaku
B. ekspresif
C. monoton
D. membosankan


24. Ritme gerak yang tidak terikat dengan ketukan musik, menempatkan fungsi musik sebagai ....
A. pemberi suasana
B. pengiring tari
C. pemberi pesan
D. pengarah tari


25. Keindahan tata rias dan busana tari harus dipandang berdasarkan ....
A. kemewahan
B. kegemerlapan
C. tema tari yang dibawakan
D. karakter penari


26. Fungsi tata rias dan busana dalam tari adalah ....
A. mendukung karakter atau penokohan dalam tari
B. memanipulasi  bentuk wajah manusia berbeda -beda
C. menunjukkan kelebihan penari
D. jawaban A dan B benar


27. Di bawah ini yang termausk dalam jenis tata rias dalam pertunjukan tari adalah ....
A. rias korektif
B. tata rias panggung
C. tata rias tema
D. tata rias tradisional


28. Apabila terdapat kekurangan pada wajah maka akan membutuhkan tata rias ....
A. korektif
B. panggung
C. karakter
D. tradisional

 
29. Dalam sebuah pertunjukan tari yang menggunakan tata cahaya yang mencolok agar wajah penari dapat terlihat jelas dan tidak tampak pucat maka membutuhkan tata rias ....
A. korektif
B. panggung
C. karakter
D. tradisional


30. Tata rias yang berkaitan dengan ciri khas riasan suatu daerah adalah ....
A. rias korektif
B. tata rias panggung
C. tata rias karakter
D. tata rias tradisional


31. Untuk menggambarkan karakter tertentu seperti karakter gagah, lembut, halus maka tata rias yang digunakan adalah ....
A. rias korektif
B. tata rias panggung
C. tata rias karakter
D. tata rias tradisional


32. Karakter Arjuna dan Abimanyu yang dalam cerita Mahabarata atau Rama dan Lesmana dalam kisah Ramayana menggunakan karakter ....
A. keras
B. ladak
C. halus
D. gagah


33. Karakter  Wibisana dalam Ramayana, atau Wisanggeni dalam Mahabrata dirias menggunakan karakter ....
A. keras
B. ladak
C. halus
D. gagah


34. Tokoh Srikandi menggunakan tata rias karakter ....
A. keras
B. ladak
C. halus
D. gagah


35. Di bawah ini yang bukan merupakan salah satu syarat unsur kostum dalam seni tari adalah ....
A. tidak boleh mempersulit penari untuk bergerak
B. enak dipandang
C. terkesan mewah
D. sesuai dengan tema tari


36. Dalam tari tradisional, busana tari mencerminkan ....
A. watak karakter
B. ciri khas daerah
C. suasana tari
D. cerita dari tari


37. Tari Bedaya merupakan salah satu contoh karya tari yang biasa ditampilkan di ....
A. panggung terbuka
B. panggung pendopo
C. panggung prosenium
D. panggung arena


38. Tari Seblang dari Banyuwangi merupakan salah satu tari yang biasa ditampilkan di ....
A. panggung terbuka
B. panggung pendopo
C. panggung prosenium
D. panggung tertutup


39. Penataan lampu dalam sebuah tari pertunjukan modern berfungsi  ....
A. menciptakan suasana tertentu
B. penerang pertunjukan
C. menciptakan efek dramatik
D. semua jawaban benar


40. Dalam tari tradisional properti tari yang paling banyak digunakan adalah ....
A. pedang
B. selendang
C. payung
D. topeng 


=======================================================================================
Semoga Bermanfaat.

Salam. 


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak